Ulasan Non Spoiler Film Kingsglaive Final Fantasy XV: Ini Baru Film Final Fantasy!

| Oleh: Kylo | 17 Aug 2016 - 9:15 PM
506
0
ulasan non spoiler kingsglaive final fantasy xv

Berita diundurnya game Final Fantasy XV memang sebuah kabar yang sedikit mengecewakan. Namun jika melihat dari sisinya baik Square Enix ternyata tetap menayangkan film tie-innya yang sudah disaksikan secara terbatas di beberapa bioskop yang ada di wilayah Nusantara.

Melalui Kingsglaive: Final Fantasy XV, penonton diajak terlebih dahulu untuk memahami masa lalu perang berkepanjangan antara Kerajaan Lucis dan negara Niflheim yang berlangsung di sebuah dunia mirip Bumi yang disebut sebagai Eos. Perang ini sepertinya akan menjadi sebuah referensi nantinya di dalam game.

Dikisahkan Kerajaan Lucis adalah satu-satunya wilayah di Eos yang masih memiliki kristal. Dengan kristal ini Raja Regis mampu mempertahankan wilayahnya dari invansi Niflheim sebuah negara militer yang didukung dengan teknologi dan persenjataan canggih. Selain itu Niflheim sepertinya juga mampu mengendalikan berbagai jenis monster untuk digunakan sebagai alat perang guna menghancurkan pasukan Kingsglaive. Yaitu pasukan khusus yang mampu menggunakan sihir yang berada langsung dibawah perintah Raja Regis.

film final kingsglaive final fantasy xv

Dalam cerita prekuel dari game Final Fantasy X ini yang menjadi tokoh protagonis utamanya adalah anggota Kingsglaive yang bernama Nyx Ulric (Aaron Paul), seorang yang disebut oleh rekan-rekannya sebagai pahlawan. Dari sudut pandang Nyx-lah kita akan diajak masuk ke dunia perseteruan dan perebutan kekuasaan antara Lucis dan Nielfheim yang berlangsung selama belasan tahun.

Film berdurasi 110 menit ini akan memperlihatkan keindahan dari kota Insomnia yang merupakan ibukota dari Kerajaan Lucis dan juga kekuatan dari pasukan yang dimiliki lawannya. Semua yang ada divisualisasikan dengan sangat indah, bagaikan sebuah kumpulan cutscene yang sangat panjang dari sebuah video game, namun dengan resolusi dan kualitas yang prima. Boleh dibilang sekelas dengan film Box Office Avatar garapan James Cameron.

Cerita dari Kingsglaive enggak begitu spesial, intriknya juga biasa terbilang saja. Namun eksekusinya yang dilakukan oleh Square Enix bersama Visual Works menjadikan film yang bisa dinikmati terpisah tanpa harus memainkan gamenya kelak itu menjadi sebuah sajian memikat yang akan memuaskan fans franchise JRPG Final Fantasy di seluruh dunia.

adegan laga film final kingsglaive final fantasy xv

Adegan-adegan aksinya juga seru dan indah. Apalagi ketika menyaksikan Nyx bersama rekan-rekannya Kingsglaive lainnya berusaha untuk mempertahankan kota dari serbuan senjata yang tingginya ratusan meter atau ketika sedang berusaha untuk mengagalkan usaha invasi ke kota Insomnia.

Memang ada beberapa bagian scene pertarungan yang pergerakan battle-nya terlalu cepat hingga mata kita tidak bisa mengikuti apa yang sedang terjadi. Namun secara keseluruhan battle scene yang ada cukup memuaskan, terutama pada bagian-bagian terakhir ketika Nyx mendapat bantuan tidak terduga untuk menghadapi musuh yang berukuran raksasa dengan daya hancur yang sangat mengerikan.

Jika dahulu banyak orang yang sempat dikecewakan oleh Square Enix (dahulu masih bernama Square) melalui film The Spirit Within, maka tahun ini kepercayaan yang sempat luntur atau hilang itu bisa dipulihkan kembali dengan kehadiran film Kingsglaive: Final Fantasy XV. Nampaknya inilah film Final Fantasy berkualitas dan berkelas yang telah lama ditunggu dan diimpikan oleh fans. Ini baru namanya film Final Fantasy! Prelude yang memuaskan untuk video game yang telah ditunggu lebih dari satu dekade.

Score Review: 4/5

.