Ulasan Film Ice Age Collision Course: Ulah Scrat Bikin Bumi Nyaris Tamat!

| Oleh: Yudi | 30 Jul 2016 - 6:00 AM
358
0
manny, sid, diego selamatkan bumi di ice age collision course

Setelah Star Trek: Beyond dan Ghostbusters, kini giliran Ice Age: Collision Course yang akan menemani waktu bersantai di akhir pekan. Ice Age: Collision Age adalah sekuel kelima dari film yang bercerita tentang petualangan para hewan purba, yaitu Manny, Diego, Sid, dan Scrat. Petualangan kali ini pun tak kalah menarik dan tentu saja kocak.

Seolah seperti ciri khas, film diawali dengan kelakuan Scrat, si tupai purba yang hingga film kelima ini masih sibuk mengejar biji kenarinya. Pengejaran ini tanpa sengaja membawa mereka ke dalam sebuah pesawat luar angkasa. Sialnya, kekonyolan Scrat membuat sebuah meteor raksasa terpecah dan menuju ke bumi. Scrat yang masih sibuk dengan biji kenarinya tak menyadari bahwa meteor tersebut mampu menghancurkan bumi.

kembalinya buck di ice age collision course

Di bumi sendiri, hewan-hewan sedang bersuka cita merayakan hari pernikahan Manny dan Ellie. Mulai dari Peaches, Sid dan neneknya, pasangan Diego dan Shira, si kembar Crash dan Eddie, hingga kekasih Peaches yang bernama Julian. Sayangnya, bumi mulai dihujani pecahan meteor yang menyebabkan pesta harus dihentikan. Untungnya, Manny dan lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan masuk ke dalam goa.

Berkat skenario yang nampaknya cukup baik dan visual effect yang keren, Ice Age: Collision Course tetap menyajikan ketegangan, keseruan dan humor yang silih berganti sepanjang film diputar. Tinggal duduk dalam bisokop dan nikmati saja tanpa harus berpikir terlalu keras. Misalnya saja bagaimana salah satu meteor yang jatuh di permukaan es kembali membuka jalan ke dunia bawah tanah, di mana hewan prasejarah seperti dinosaurus tinggal. Buck, yang juga tinggal di bawah tanah tak sengaja menemukan ramalan tentang kehancuran dunia akibat meteor. Hal ini membuatnya kembali ke permukaan bumi untuk memberitahu Manny dan yang lainnya tentang ide agar meteor tersebut tak menghantam bumi.

Meskipun awalnya semua menganggap ramalan dan ide Buck tersebut terlalu mustahil, namun mereka semua memutuskan untuk mencobanya. Tanpa membuang banyak waktu, mereka mulai menjalankan rencana. Usaha mereka tak berjalan terlalu mulus, karena ada banyak hal tak terduga dan bahaya yang datang silih berganti. Belum lagi ancaman dari tiga burung predator yang merupakan musuh bebuyutan Buck dari dunia bawah tanah.

kelanjutan petualangan hewan purba di ice age 5

Perjuangan terasa lebih berat bagi Manny, karena dia harus merelakan kepergian Peaches yang akan segera menikah dengan Julian. Manny dan Ellie tak ingin Peaches pergi jauh, sementara Peaches dan Julian justru ingin melakukan petualangan setelah menikah. Ketegangan antara Manny dan putrinya tersebut tak bisa terhindarkan. Untungnya harapan untuk menyelamatkan bumi dari hantaman meteor raksasa muncul ketika perjalanan mereka mencapai tempat bernama Geotopia.

Apa rencana Buck untuk membuat meteor raksasa tersebut tak menghantam bumi? Dan berhasilkah mereka melakukannya? Lalu bersediakah Manny melepas putri kesayangannya untuk menikah bersama mammoth jantan dan pergi melakukan petualangan? Pertanyaan tersebut harus ditemukan sendiri dengan menonton filmnya. Intinya, Ice Age: Collision Age memiliki tiga cerita utama. Yaitu meteor yang akan menghantam bumi, kemunculan kembali Buck, dan pernikahan Peaches dan Julian. Sayangnya walau sepanjang film masih terasa seru dan kocak, ceritanya tertlalu datar dan mudah ditebak.

Banyak lelucon dan kelucuan yang dihadirkan di sepanjang film ini. Namun harus diakui leluconnya terkesan sedikit kasar dan kadang tak bisa dimengerti seluruh kalangan. Aksinya pun tak kalah menarik, apalagi dengan kehadiran Buck. Tapi siapa yang tahu kelanjutan Scrat dan biji kenarinya?

Score Review: 3/5

.