Tebak Umur Buat Lucu-lucuan di how-old.net

| Oleh: George | 05 May 2015 - 6:10 AM
78
0
tebak umur how-old.net

Mau iseng-isengan tebak umur kamu atau teman-temanmu? Ada nih aplikasi website yang seru buat tebak-tebakan umur! Caranya cukup masukkan saja sebuah foto, nanti how-old.net akan menebak umur dari-wajah-wajah yang ada di foto itu. Walau kadang umur yang tertera ngawur (memang sering ngawurnya), tapi malah jadi seru buat bercandaan. Alkisah, sebenarnya Microsoft menerapkan teknologi pengenalan wajah (face recognition) pada website ini untuk memperkirakan usia dan jenis kelamin. Entah sengaja atau tidak, ternyata teknologi ini nampaknya belum sempurna. Terbukti banyak reaksi dari para pengguna twitter melalui hashtag #HowOldRobot yang mengeluhkan tidak akuratnya face recognition ini.

website how-old.net

Tapi malah gara-gara heboh di twitter, makin banyak yang berkunjung ke website how-old.net dan mencobanya. Makin banyak juga men-share aplikasi website ini melalui media sosial seperti twitter dan facebook. Hasilnya bisa ditebak, aplikasi website ini langsung ngetop kemana-mana.

Nah, buat yang mau coba buat iseng-iseng sih, aplikasi website ini seru juga buat sekadar lucu-lucuan. Soalnya konon how-old.net memperkirakan umur lewat foto berdasarkan wajah yang terpampang di foto tersebut. Seperti misalnya ketika kupaman mencoba membandingkan beberapa foto Katy Perry. Ternyata usia yang ditebak oleh aplikasi web ini berubah-ubah.

Jadi bisa aja anak muda tapi bertampang tua bisa tertebak berusia tua. Tapi bisa juga aplikasi web ini ngawurnya enggak ketulungan dengan menebak usia anak kecil jadi remaja atau orang dewasa sebagai berusia balita. Tapi justru disitu kan, lucunya?

Oh, iya. Di website ini kita bisa memilih berbagai cara untuk memasukkan foto yang akan kita tebak usianya. Pada laman utama website ini, sudah tersedia beberapa foto. Kita tinggal pilih foto mana yang mau kita tebak. Bisa juga menggunakan menu pencari yang sudah disediakan. Nantinya akan muncul beberapa foto dari nama yang kita cari tersebut. Setelahnya tinggal pilih saja foto mana yang mau kita tebak. Nah, tadi kupaman menggunakan menu pencari untuk menemukan foto-foto Katy Perry. Cara lainnya adalah menggunakan menu use your own photo. Ini artinya kita bisa menggunakan foto-foto yang tersimpan di komputer kita. Langkah selanjutnya sama saja.

aplikasi how-old.net

Nah, bagaimana kalau iseng memasukkan foto yang sebenarnya bukan manusia? Misalnya kupaman mencoba menebak umur Naruto. Namun rupanya aplikasi ini tak mampu mendeteksi wajahnya sehingga tak berfungsi. Maklum, cuma gambar dari animasi!

Begitu juga ketika kupaman mencoba iseng memasukkan foto LEGO minifigure. Berharap aplikasi ini bisa menebak wajah Bart dan Lisa Simpsons. Ternyata juga tidak terdeteksi. Lucunya ketika dimasukkan foto Hello Barbie, umurnya bisa tertebak. Wah, apa gara-gara boneka Barbie memang secantik manusia, yah?

Nah, kalau foto keramaian bagaimana? Beberapa foto asal wajahnya masih terlihat jelas usianya masih bisa tertebak walau beberapa ngawur. Tapi kalau jumlah orangnya terlalu banyak, aplikasi tebak umur ini tak bisa melacaknya.

Cobain deh, buat iseng-iseng!

.