Spoiler Review Independence Day: Resurgence, Sekuel Yang Membosankan

| Oleh: Kylo | 30 Jun 2016 - 6:31 PM
225
0
spoiler review independence day: resurgence

Sama dengan Finding Dory, sebenarnya film Independence Day: Resurgence adalah sebuah sekuel yang telah lama dinanti-nanti. Bedanya, jika Finding Dory merupakan kelanjutan dari film produksi Pixar yang tayang 13 tahun yang lalu. Maka Independence Day: Resurgence adalah sekuel dari film garapan Roland Emmerich yang tayang dua dekade lampau. Setelah banyak rumor dan spekulasi mengenai kelanjutan film yang dulu dibintangi oleh Will Smith dan Jeff Goldblum itu, kini akhirnya filmnya hadir di bioskop.

Bedanya lagi, jika pada tahun 1996 Independence Day mampu memukau dunia dengan visual effect yang spektakuler, seperti yang penah Kupaman singgung di Review Non Spoiler Independence Day: Resurgence, tidak demikian dengan film sekuelnya ini. Soalnya cerita selanjutnya dari invasi alien tersebut tidak memiliki dampak yang sama seperti pendahulunya.

alien di independence day: resurgence

Menonton film berdurasi dua jam ini mengingatkan Kupaman akan film Star Wars Episode VII: The Force Awakens. Dimana ada beberapa scene yang terdapat dalam film arahan J.J Abrams tersebut yang mengingatkan sebagian besar penonton pada film originalnya, Star Wars Episode IV: A New Hope.

Nampaknya Independence Day: Resurgence juga ingin menggunakan formula serupa. Yaitu hampir sebagian besar scene yang ada di filmnya terasa seperti daur ulang film pertamanya. Namun seakan masih kurang cukup, bahkan ada beberapa ucapan yang dilontarkan beberapa tokohnya di film yang kembali diarahkan oleh sutradara yang kebetulan sama itu menggunakan kata-kata yang kurang lebih sama.

Scene-scene yang terasa seperti daur ulang dari film originalnya tersebut antara lain ketika Jake Morrison (Liam Hemsworth) mengejek alien yang ada di kapal utama musuh untuk mengalihkan perhatian lawan sehingga rekan-rekannya dapat mencuri pesawat. Juga pada saat Jendral Joshua Adams (William Fitchner) menyuruh istrinya untuk menginap di rumah kakak perempuannya. Kalimat yang terucap kurang lebih sama dengan yang dahulu pernah diucapkan oleh Steven Hiller (Will Smith). Bedanya  sekarang diucapkan oleh anak angkatnya yang telah dewasa, yaitu  Dylan Dubrow-Hiller (Jessie Usher).

Dalam hal visual effect, enggak ada yang meragukan kedashyatan dan kemegahan yang coba ditampilkan di film ini. Kapal aliennya jauh lebih besar, dan menakutkan, persenjataan dan pesawat-pesawat tempur Bumi kini juga terlihat sangat canggih. Maklum, telah mengadopsi teknologi yang dimiliki para alien. Akibatnya, adegan pertempuran udaranya yang lebih seru, enggak terlalu berat sebelah seperti dulu. Sosok dan tampang para alien yang datang juga lebih beragam. Apalagi kita bakal dibuat terpana dengan hadirnya sosok alien queen yang setinggi gedung.

liam hemsworth di independence day: resurgence

Namun sayangnya itu semua tidak bisa membuat Independence Day: Resurgence menjadi sebuah tontonan yang akan dikenang hingga beberapa puluh tahun kedepan seperti film sebelumnya. Mungkin karena ceritanya yang terasa sangat datar dan sudah ketebak atau interaksi antara aktor lama dan barunya yang terasa hambar membuat sekuel ini terasa kurang greget.

Entah bagaimana jadinya jika film ketiga dibuat nanti. Apakah masih menggunakan premis yang sama atau berubah menjadi sesuatu yang sama sekali baru. Di bagian terakhir film terungkap sebuah fakta oleh Dr. Brakish Okun (Brent Spiner) bahwa bola bulat yang ternyata sebuah kecerdasaan buatan itu berharap agar manusia memimpin pemberontakan di seluruh jagat raya melawan para kaum Alien penjajah.

Melihat keseruan dari efek visualnya, Independence Day: Resurgence sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi sebuah sekuel yang asik dan menghibur. Namun sayangnya pada akhirnya ia hanya menjadi sebuah sekuel yang menghadirkan spesial effect yang memanjakan mata penonton. Tapi sekali lagi, sayangnya secara total hasilnya adalah tayangan yang membosankan dan mudah terlupakan.

Skor Review: 2/5