Review Zootopia: Petualangan Kocak Si Kelinci Polisi

| Oleh: Kylo | 19 Feb 2016 - 6:30 AM
258
0
karakter judy hoops di zootopia

Setelah sukses dengan Wreck-It Ralph (2012), Frozen (2013) dan Big Hero 6 (2014), Disney kembali menghadirkan film animasi terbarunya di tahun ini, Zootopia. Film ini mengambil setting dunia alternatif dimana para hewan-hewan yang ada baik dari golongan pemangsa dan mangsa telah berevolusi hingga mereka dapat hidup saling berdampingan layaknya umat manusia di masa kini.

Zootopia adalah kota Metropolis terbesar dimana hewan-hewan dari seluruh penjuru dunia berkumpul dalam satu lingkungan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Ada dua tokoh utama yang ditampilkan di film animasi Disney ke-55 ini yaitu Judy Hoops dan Nick Wilde.

Judy Hopps adalah seekor kelinci dari desa yang sejak dari kecil sudah bercita-cita untuk menjadi seorang Polisi sedangkan Nick Wilde adalah seekor Rubah yang ahli melakukan berbagai jenis penipuan. Keduanya terlibat dalam suatu kerjasama untuk memecahkan mengenai kasus belasan mamalia yang hilang secara misterius di Zootopia.

karakter judy dan nick di zootopia

Judy yang seekor kelinci berani menghadapi rintangan dan segala cobaan untuk meraih cita-citanya menjadi polisi Kelinci pertama yang ada di Zootopia Police Department (ZPD). Nick akhirnya berani membantu Judy (walau pada awalnya karena terpaksa) menyelesaikan kasus besar ini walau banyak yang meremehkan dan mencemoohnya karena rubah identik dengan binatang yang licik dan suka menipu.

Walau pada bagian awal Zootopia suasananya mirip film-film Disney lain, tapi setelah penyelidikan kasus dimulai maka film berdurasi 108 menit ini berubah menjadi sebuah cop story. Walau demikian tidak usah khawatir karena penonton anak-anak masih akan bisa mengikuti jalan ceritanya yang menarik dan penuh dengan kejutan.

Porsi adegan aksi di Zootopia tetap ada walau tidak sebanyak film Big Hero 6. Juga ada unsur musikal yang diwakili karakter Pop Star bernama Gazelle yang suaranya diisi oleh Shakira. Scene jenaka yang cukup berkesan adalah scene dimana di film Zootopia ini memelesetkan beberapa film-film animasi terdahulu Disney. Apa saja filmnya dan bagaimana kejadian scenenya? Nah kalau untuk yang ini nonton saja langsung pasti akan mengundang gelak tawa, hihi!

Karakter Judy dan Nick yang suaranya diisi oleh Ginnifer Goodwin dan Jason Bateman. Chemistry diantara keduanya klop banget. Walau awalnya mereka tidak terlalu nyaman untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan kasus yang ada tapi akhirnya sedikit demi sedikit keduanya bisa menjalin tali persahabatan antara pemangsa dan mangsa.

film zootopia

Tampilan visual di film ini sangat indah dan penuh dengan nuasa keceriaan. Baik dari kota Zootopia dan wilayah disekitarnya maupun karakter-karakter hewannya. Mereka terlihat sangat hidup, bahkan dengan detil bulu-bulu dibagian tubuhnya enggak berbeda jauh dengan apa yang kita lihat di dunia nyata. Bedanya cuma terlihat jauh lebih imut dan menggemaskan!

Setiap karakter yang ada terasa hidup berkat pengisi suara yang pas dan penjiwaannya sangat baik. Mulai Chief Bogo yang galak tapi suka ngidol, petugas Benjamin Clawhauser yang suka dengan donat, walikota Leodore Lionheart yang berwibawa, Mr. Big yang suka sekali nge”Ice” tapi sangat sayang dengan putrinya dan masih banyak lainnya.

Seperti biasa pesan moral yang selalu diselipkan dalam film-film Disney juga tersiar secara tersurat dan tersirat di Zootopia. Berani mencoba apa saja alias Try Everything kayak judul lagu tema dari film ini menjadi pesan utama yang ingin disampaikan oleh Zootopia.

.