Review Top Eleven 2015 Be A Soccer Manager: Ada Kekurangan Tapi Wajib Dicoba

| Oleh: Dante | 11 Sep 2015 - 6:35 AM
382
0
top eleven 2015 be a soccer manager

Berawal dari Facebook, Top Eleven 2015 adalah sebuah simulasi online football manager yang kemudian menginjak ranah mobile game. Walaupun ranah ini sudah dikuasai oleh beberapa nama besar yaitu PES Club Manager dari Konami, Football Manager oleh Sports Interactive dan Premier Manager oleh Electronic Arts banyak game-game mobile sejenis lainnya.

Sebagai sebuah game free-to-play, Top Eleven 2015 sudah banyak mengalami peningkatan yang cukup berarti dari versi sebelumnya. Ketika opening kita sudah merasa bagaikan seorang manager sepakbola kelas dunia melalui suguhan tampilan gambar Jose Mourinho yang berganti-ganti dengan gambar trophy dan gambar lainnya. Suara dan musik pengiring terasa pas dengan suasana dalam game.

top eleven 2015 be a soccer manager

Tampilan Interface lebih menarik dan sistim navigasi juga menjadi lebih mudah. Pilihan option seperti Home, Squad, Training, Transfers, Fixtures, League, Cup dan lain-lain posisinya sekarang berada di sebelah kiri layar. Jadi hanya dengan menggunakan satu jari (dengan menyentuh atau mengeser ke atas atau ke bawah) saja, kita sudah bisa memilih option mana yang ingin kita akses.

Option Ground yang memungkinkan kita untuk membangun stadium klub kita sendiri berikut tempat parkir, gedung untuk berlatih, sampai klinik dan fasilitas lainnya merupakan salah satu fitur yang cukup menarik dari game. Sayang proses pembangunannya cukup lama dan untuk mempercepatnya membutuhkan banyak koin. Jika koin-koin itu habis atau kurang, maka solusi pintasnya harus membeli koin-koin tersebut dengan uang asli di option Club Shop.

Bagi yang baru pertama kali memainkan Top Eleven, mungkin akan membutuhkan beberapa waktu sebelum terbiasa dengan gameplay-nya. Selain bertanding untuk memenangkan kompetisi Liga, meningkatkan kemampuan performa pemain tim kita juga penting. Caranya dengan melakukan training seperti stretching, cardio dan practice match.

top eleven 2015 be a soccer manager

Untuk memperoleh masukan pemain baru yang berkualitas dapat dilakukan dengan mengecek option Transfers secara berkala. Jika ada dana dan di bursa transfer tersedia pemain berpotensi, maka tak ada salahnya ikut lelang untuk mendapatkannya. Dana di game yang berlaku untuk beberapa hari saja bisa diperoleh dengan memenangkan pertandingan atau kerjasama dengan stasiun TV dan pihak sponsor.

Seperti yang sudah dapat diketahui sejak awal, Top Eleven tidak memiliki lisensi untuk menampilkan data-data tim dan pemain di dunia nyata. Jadi nama-nama pemain yang ada berikut klubnya menggunakan nama-nama fiktif. Mungkin ada yang terdengar aneh namun beberapa ada juga yang keren seperti pemilihan nama-nama pemain Indonesia yaitu Santoso, Sahetapy, Kurniawan, Usman, Prayoga dan lain-lain.

top eleven 2015 be a soccer manager

Jika dibandingkan dengan game-game sejenis, Top Eleven 2015 mungkin masih tertinggal. Misalnya tidak bisa menyaksikan pertandingan dalam grafis 3D dan hanya ada teks untuk momen-momen penting pertandingan seperti gol. Untuk fans Football Manager mungkin akan tidak puas dengan gameplay Top Eleven 2015 yang tidak terlalu mendalam dan konten yang terbilang sederhana.

Belum lagi aura pay-to-win-nya yang sangat mendominasi beberapa pilihan di dalam game ini yang kadang bisa membuat kita jengkel. Namun dalam keterbatasan dan kekurangannya, Top Eleven 2015 Be A Soccer Manager masih layak menjadi game yang wajib kamu coba.

Skor Review
Fun and Gameplay: 3/5
Graphic: 2/5
Bebas konten berbayar: 3/5
Harga: 4 /5
Overall: 3

Developer: Nordeus
Platform: iOSAndroid
Genre: Simulation

.