Review Tomica Premium JSDF Type 90 Tank: Sangar dan Asik Dimainkan

| Oleh: George | 30 Sep 2015 - 1:30 PM
172
0
tomica premium jsdf type 90 tank

Seperti yang sudah pernah ditulis Kupaman sebelumnya, die-cast Tomica seri Premium memang unik. Sebab seri istimewa Tomica ini ternyata tidak hanya membuat die-cast mobil, namun juga tank sampai satelit. Nah, kebetulan banget kali ini akhirnya Kupaman berkesempatan untuk melakukan review Tomica Premium yang modelnya bukan mobil yaitu Tomica Premium JSDF Type 90 Tank.

Dengan agak tak sabar Kupaman membuka kemasan Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini ini. Ternyata ada sesuatu yang unik juga. Soalnya laras meriamnya tampaknya sengaja belum dipasang pada kubah meriam.

tomica premium jsdf type 90 tank

Tapi jangan khawatir, laras meriam ini dapat dengan mudah kita pasang sendiri, kok! Kayaknya kalau dipasang sejak awal, die-cast tank Type 90 ini bakal tak muat dalam kardus kotak kemasannya. Soalnya panjang die-cast Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini memang hanya sekitar 6,8 cm jika tidak termasuk laras meriam. Namun jika laras meriamnya sudah terpasang, panjang totalnya jadi sekitar 8 cm.

Nah, selayaknya kendaraan militer, tank milik JSDF (Japanese Self Defese Force) alias tentara bela diri Jepang ini memang tidak dilabur cat mengkilat. Namun disiram cat dengan tekstur matte alias dof dengan warna loreng kamuflase yang cenderung gelap. Tapi memang justru membuatnya makin tampak sangar dan kokoh seperti tank betulan.

tomica premium jsdf type 90 tank

Namun detail tetap merupakan hal yang diperhatikan oleh Tomica lewat seri Premium ini. Tengok saja detail perlengkapan pada bagian atas kubah meriamnya. Juga kisi-kisi pembuang panas pada mesin di bagian belakang Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini. Demikian pula dengan nat-nat pada bagian samping persis di atas roda yang juga dibuat dengan apik. Bahkan jika diperhatikan baik-baik, Tomica juga menyematkan lampu depan dan lampu belakang pada die-cast tank Type 90 ini.

Menariknya die-cast Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini menggunakan roda rantai seperti tank betulan dan bukan hanya roda rantai samaran. Roda rantai Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini menggunakan bahan karet. Sementara deretan roda penggeraknya memang benar-benar bisa bergerak jika kita die-cast ini kita dorong.

tomica premium jsdf type 90 tank

Nah, pengalaman memainkan Tomica Premium JSDF Type 90 Tank dengan cara mendorongnya menurut Kupaman memang jadi keunikan tersendiri. Putaran roda rantainya memang agak berat, jadi kita harus sedikit menekan die-cast Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini sambil mendorongnya.

Rasanya ketika didorong memang sedikit berat dan seperti ada tahahan dari roda-roda penggeraknya. Tapi menurut Kupaman justru malah makin mengesankan cara bergerak sebuah kendaraan berat lapis baja yang cenderung berderap-derap, tidak sekadar meluncur seperti mobil.

tomica premium jsdf type 90 tank

Sudah begitu kubah meriamnya bisa bergerak bebas sampai 360 derajat. Ditambah lagi meriamnya juga bisa kita posisikan datar atau sedikit mendongak layaknya meriam pada sebuah tank. Menurut Kupaman, roda rantai dan meriam yang bisa bergerak bebas inilah yang membuat Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini asik buat dimainkan.

Dengan harga Rp 99 ribu, Tomica Premium JSDF Type 90 Tank ini rasanya cukup memberi kepuasan. Sebab selain mempunyai bentuk cukup detail, tapi juga cukup kokoh  dan fiturnya mengasyikkan.

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 4,1

.