Review Tomica Lamborghini Veneno: Eksotik Futuristik

| Oleh: George | 09 Aug 2015 - 7:01 AM
58
0
tomica lamborghini veneno

Mobil sport eksotis selalu menarik perhatian kita tak terkecuali Lamborghini Veneno. Maklum mobil sport eksotis asal Italia ini sekujur bodinya penuh dengan garis-garis tegas futuristik. Bodinya tipis, siluet rendah dan nampak sangat aerodinamis. Bagaimana jika dibuat jadi mobil-mobilan die-cast? Kebetulan, Tomica adalah salah satu produsen die-cast yang menghadirkan model Lamborghini Veneno sebagai model baru untuk tahun 2015 ini.

Nah, pabrikan mobil-mobilan die-cast asal Jepang ini menghadirkan Lamborghini Veneno dalam jajaran Tomica Reguler. Rasanya buat produsen die-cast manapun, membuat Lamborgini Veneno dalam bentuk mobil-mobilan die-cast adalah tantangan tersendiri. Sebab bentuk bodi Lamborghini Veneno memang penuh dengan lekukan-lekukan yang indah namun rumit. Apalagi Tomica menghadirkannya dalam skala 1:67 atau ketika diukur, hanya sepanjang sekitar 7 cm saja.

tomica lamborghini veneno

Seperti biasa Tomica nampaknya mengandalkan kerapihan pada cetakan die-cast-nya. Pada sekujur tubuh Tomica Lamborghini Veneno ini memang tak tampak sisa bekas cetakan baik pada bodi logamnya maupun bagian bawah yang terbuat dari plastik. Bisa dibilang, mulus!

Mungkin itu sebabnya bagian moncong Lamborghini Veneno yang serba meruncing dan khas bisa ditampilkan dengan cukup baik. Padahal bagian moncong ini punya grill yang lumayan rapat. Belum lagi juga terdapat coakan-coakan dan lekukan tegas namun dinamis pada kap moncong depan. Belum lagi pada bagian depan, di kiri kanannya ada detail lip spoiler. Dari sisi ini, Kupaman menilai Tomica cukup sukses menterjemahkan perwajahan Lamborghini Veneno yang futuristik pada mobil-mobilan die-cast ini. 

Sementara itu Veneno yang beratap rendah dan berprofil bodi rendah ini juga punya ciri khas pada bagian samping bodi, yaitu lubang intake untuk menyuplai udara ke mesin. Letaknya persis setelah pintu. Nah, lubang ini rupanya diperhatikan benar oleh Tomica. Makanya selain membuat coakan yang cukup dalam pada bodi samping, “lubang” itu juga dicat hitam sehingga menimbulkan kesan dalam.

tomica lamborghini veneno

Sementara itu di bagian belakang sebuah sayap yang dicat hitam juga bertengger dengan manisnya. Sayang sekali menurut Kupaman, lubang-lubang pembuang panas mesin pada bagian belakang atas die-cast ini sedikit kurang dalam dan tegas coakannya. Padahal deretan lubang-lubang tersebut adalah salah satu ciri khas lamborghini Veneno.

Sementara itu pada bagian roda, Tomica membekali die-cast Lamborghini seharga Rp 59.900 ini dengan empat roda lebar. Juga diimbuhi dengan lingkaran warna merah mengkilat mirip warna anodized. Terlihat cukup pas untuk menghuni ruang sepatbor Veneno yang cenderung penuh dengan garis-garis menyiku.

Terakhir, mobil sport eksotis tentu kurang pas jika laburan catnya tidak istimewa. Ternyata kerapihan khas Tomica memang tampak pada cat Tomica Lamborghini Veneno ini. Cat abu-abu silver yang melapisi tubuh die-cast ini terlihat sangat mengkilat. Apalagi jika terkena cahaya.

 

tomica lamborghini veneno

Bagaimanapun Tomica Lamborghini Veneno ini sebagai Tomica Reguler memang dibuat sebagai mainan, bukan sekadar die-cast untuk koleksi. Makanya walaupun fitur khas Tomica yaitu pintu dapat dibuka, absen pada die-cast Tomica Lamborghini Veneno ini namun fitur khas lainnya tetap ada. Yaitu per pada keempat rodanya.

Terus terang sebenarnya ini mengejutkan karena die-cast Tomica Lamborghini Veneno ini nampak sangat ceper. Sempat terpikir hal ini agak sia-sia karena jarak main per pasti toh akan sangat terbatas juga karena cepernya die-cast Tomica Lamborghini Veneno ini. Juga ada rasa pesimis apakah die-cast ini dapat meluncur di atas lantai dan tidak menyangkut karena saking cepernya. Namun ternyata semua kekhawatiran tersebut tidak terjadi.

Malah ternyata jarak main per masih sangat cukup, yang mengakibatkan die-cast ini masih terasa empuk jika ditekan dari atas. Juga ketika diluncurkan di atas lantai, tak ada hambatan pada keempat roda untuk berputar apalagi bodi menyangkut. Padahal sudah dicoba pada lantai yang sambungan antar ubinnya tidak rata. Nampaknya Tomica berhasil menimbulkan kesan ceper secara visual tapi die-cast ini ternyata masih sangat layak dimainkan.

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 3,8

Properti: Agata Promar

.