Review Tomica Datsun Go: Die-Cast Model Lokal Yang Asik

| Oleh: George | 26 Jun 2015 - 1:11 PM
183
0
tomica datsun go

Tomica yang sejatinya berkode AS-02 ini nampaknya adalah kabar baik bagi pecinta mobil-mobilan die-cast. Sebab melihat dari kodenya, seharusnya memang merupakan penerus dari Tomica AS-01 alias Tomica Toyota Avanza Veloz.

Artinya Tomica memang berkomitmen membuat mobil-mobilan die-cast dengan model yang beredar di sini. Soalnya di Jepang sendiri enggak ada mobil semacam Toyota Avanza atau Datsun Go. Makanya Tomica ini berkode khusus dan dijual di pasar Asia selain Jepang. Menurut Kupaman malah bagus karena jadi unik dan bakal jadi asik buat dikoleksi. Soalnya modelnya mobil lokal, sih!

Makanya kesempatan mereview Tomica Datsun Go tidak disia-siakan oleh Kupaman. Sebenarnya Tomica Datsun Go tersedia dalam warna silver dan biru. Namun untuk review kali ini dipilih Tomica Datsun Go warna biru.

tomica as-02 datsun go

Secara umum, Tomica tetaplah Tomica walaupun kodenya khusus untuk pasar Asia. Harganya juga sama, Rp 59.900. Untuk Datsun Go ini awalnya Kupaman penasaran bagaimana Tomica menampilkan moncong dengan grill jaring-jaring khas Datsun Go. Ternyata hal ini cukup dapat dieksekusi dengan baik oleh Tomica. Bahkan tulisan Datsun pada logo yang terdapat pada grill cukup dapat terbaca dan rapi. 

Kerapihan decal yang memang salah satu ciri khas Tomica ini berlanjut sampai ke bagian belakang dimana lagi-lagi tulisan GO dan logo Datsun dapat ditampilkan dengan baik. Padahal ukuran logonya sangat kecil, loh! Kamera saja sampai kesulitan menangkap detailnya.

decal tomica datsun go

Cat yang baik juga jadi salah satu ciri Tomica yang ternyata juga terdapat pada Tomica Datsun Go ini. Cat birunya cenderung mengkilat, sampai memantulkan cahaya lampu kilat. Sementara itu detail lain seperti lampu depan seperti layaknya Tomica reguler, hanya diberi cat warna silver mengkilat sementara lampu belakang memakai cat warna merah.  Ciri-ciri lain dari Datsun Go yang bermodel hatchback ini adalah spoiler belakang yang modelnya ada coakannya juga ditampilkan dengan sangat baik. Bahkan sampai ke lekukannya. 

Cuma entah kenapa bagian kaca belakang bukan dari kaca bening melainkan diberi warna hitam. Bagian interior memang tidak digarap serius namun itu sama sekali bukan kelemahan karena memang tidak ada die-cast berharga dibawah Rp 100 ribu yang memanjakan detail sampai ke interior. Namun yang Kupaman ingin garis bawahi adalah dari balik kaca depan dan jendela terlihat kursi penumpang depan model tipis dengan headrest menyatu dengan sandaran. Wah, secara mengejutkan kursi depannya dibuat seperti milik mobil Datsun Go aslinya!

detail tomica datsun go

Seperti halnya Tomica reguler, keempat roda Tomica Datsun Go ini memakai roda generik Tomica bermodel tipis dengan aksen warna krom pada peleknya. Keempat roda ini juga diberi per sehingga jika die-cast ini ditekan dari atas akan terasa empuk. Khas Tomica banget!

Properti: Agata Promar.

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 3.8

.