Review Tomica Cool Drive: Model Keren, Bobot Mantap, As Roda Kuat, Bikin Pas Buat Balap!

| Oleh: George | 25 Jun 2016 - 7:30 AM
1634
0
review tomica cool drive

Dibandingkan mobil-mobilan Tomica lainnya, Tomica Cool Drive memang punya perbedaan tersendiri. Seperti yang pernah Kupaman bahas sebelumnya dalam tulisan preview Tomica Cool Drive, mulai dari kemasannya saja sudah berbeda. Tidak menggunakan kotak karton, namun pakai blister dengan bubble bening.

Menariknya sosok Tomica Cool Drive yang katanya jagoan di trek ini secara penampakan nyaris tidak ada perbedaan dengan Tomica reguler. Maklum saja model-modelnya nampaknya memang mengambil model yang ada pada Tomica reguler atau Tomica AS. Kecuali seluruh kaca yang berwarna hitam, kita hampir tidak melihat perbedaannya. Sekali lagi, itu kalau sekilas, loh!

Padahal kalau diteliti, Tomica Cool Drive ini dari bahannya saja sudah berbeda. Rupanya baik bodi maupun sasis (bagian bawah mobil) terbuat dari plastik, bukan terbuat dari logam. Namun justru disitulah kehebatan Tomica. Dengan bahan plastik, tidak ada kesan murahan. Detailnya tetap mantap. Bukan hanya pada lekuk-lekuk bodi, namun sampai ke bagian garis-garis pintu, kap mesin dan jendela-jendela. Warnanya pun tetap keren.

tomcia cool drive mudah dibongkar

Uniknya lagi, walaupun bodi dan sasisnya terbuat dari plastik, ternyata bobotnya tetap terasa mantap khas Tomica. Tentu hal ini bikin Kupaman cukup tergelitik untuk mengungkap sebabnya. Untungnya,  bagian sasis dan bodi tidak dipaku keling seperti biasanya, melainkan disatukan dengan dua baut. Ini memudahkan untuk melepaskan bodi dari sasis hanya dengan obeng.

Ketika bodi terpisah dari sasis pada akhirnya diketahui beberapa hal lagi yang unik dari Tomica Cool Drive ini. Yaitu bobot yang terasa tetap mantap walau bodi dan sasis terbuat dari plastik disumbangkan oleh pemberat logam yang secara seksama diletakkan di bagian bawah tengah. Ini jelas trik untuk membuat titik berat menjadi rendah dan ujung-ujungnya membuat Tomica Cool Drive jadi sangat stabil untuk menghadapi trek menikung maupun loop sekalipun.

Satu hal lagi yang tak kalah menarik adalah as roda Tomica Cool Drive ini tampak istimewa. Sebab jauh lebih tebal dan kokoh dibanding as roda mobil-mobilan die-cast yang pernah Kupaman temui pada umumnya. As roda tebal ini terpasang langsung ke sasis tanpa per. Kokohnya as roda ini tentu membuatnya jadi kuat dan tak mudah bengkok.

as roda tomica cool drive lebih tebal

Buat yang suka balapan die-cast pasti tau deh kalau as roda sudah bengkok, itu artinya mobil-mobilan die-cast sudah tak layak balapan lagi karena lajunya pasti jadi payah. As roda Tomcia Cool Drive ini Kupaman perkirakan (cuma kira-kira aja, sih!) tebalnya nyaris dua kali lipat as roda die-cast lain. Jadi pasti kuat, deh!

Kupaman juga melihat perputaran roda dengan as besar ini lumayan lancar. Entah karena material roda, material as roda atau memang kombinasi keduanya yang membuatnya minim hambatan gesek. Yang jelas dengan roda model tipis khas Tomica, hambatan gesek dengan trek juga jadi minim.

Nah, lalu sekarang bagaimana? Secara teoritis, die-cast dengan bobot mantap dan titik berat rendah pasti andal di trek. Apalagi ditunjang dengan as roda tebal yang lebih tahan bengkok. Apalagi perputaran rodanya juga cukup lancar dan hambatan gesek ke trek lebih kecil dengan ban tipis ala Tomica. Tomica Cool Drive juga terbagi dalam sasis panjang (model S) yang lincah di tikungan dan loop serta sasis panjang (model L) yang stabil di trek lurus.

tomica cool drive model s dan model l

Sejauh yang Kupaman coba, hasilnya sungguh menyenangkan. Baik di trek lurus maupun trek yang ada loop-nya sampai ke trek yang ada lompatannya, Tomica Cool Drive tetap melaju dengan mantap. Bahkan ketika diadu dengan mobil-mobilan die-cast lain, hasilnya juga menggembirakan alias lebih sering menang.  Serunya lagi, Tomica Cool Drive dijual dengan harga Rp 29.900 saja. Jauh lebih murah dari Tomica reguler.

Tomica Cool Drive tambah seru aja, nih! Review Tomica Cool Drive: Pilihan Warna Baru Bikin Seru di Trek Tetap Laju.

Properti: Agata Promar

Skor Review
Detail: 3,7/5
Nilai koleksi: 3,5/5
Repeat Play/Fun: 4,5/5
Harga:4/5
Overall: 4

.