Review Tomica AS-03 Honda Brio: Imut Kayak Mobil Aslinya

| Oleh: George | 19 Aug 2015 - 6:33 AM
208
0
tomica as-03 honda brio

Setelah Tomica AS-1 Toyota Avanza Veloz dan Tomica AS-02 Datsun GO, Tomica meneruskan seri Tomica AS dengan merilis Tomica AS-03 Honda Brio. Seri Tomica yang enggak dijual di Jepang ini memang punya keunikan tersendiri yaitu model-modelnya merupakan jenis mobil yang banyak berkeliaran di negara-negara Asia di luar Jepang termasuk negeri kita.

Ya, kali ini kita langsung bahas aja tentang Tomica AS-03 Honda Brio berwarna hijau ini. Warna hijau adalah salah satu warna yang tersedia dari Tomica AS-03 Honda Brio dan memang beneran sama dengan warna Honda Brio aslinya. Soal cat, ternyata Tomica AS-03 Tomica tak kalah kualitasnya dengan Tomica reguler. Sebab warna hijaunya juga terdapat gliter metalik dan pernisnya juga cukup tebal sehingga nampak mengkilat. 

die-cast honda brio buatan tomica

Tomica AS-03 ini berskala 1:61 ini berdimensi panjang hanya sekitar 6 cm. Jadi memang mungil seperti Honda Brio aslinya. Kalau melihat absennya lampu kabut di bumper pada Tomica AS-03 ini, nampaknya model Honda Brio yang dijadikan model oleh Tomica adalah Honda Brio S. Sedangkan jika kita lihat pada logo H pada kaca belakang, sudah pasti juga bukan Honda Brio Satya. Tapi sebenarnya secara garis besar semua model Honda Brio sih sama saja. Hanya kelengkapan-kelengkapan kecilnya saja yang berbeda.

Berbicara detail, Tomica seri AS sampai model ketiga ini nyaris tak ada beda sebenarnya dengan Tomica seri reguler. Buatannya tetap terkesan rapi. Misalnya saja pada bagian grill depan Honda Brio yang ada logo H-nya, dapat ditampilkan cukup baik. Begitu juga pada lampu depan maupun lampu belakang yang tidak dibiarkan sewarna bodi. Namun diberi sentuhan cat warna silver (lampu depan) dan lampu belakang kombinasi warna silver dan merah.

mobil-mobilan die-cast honda brio tomica

Satu hal yang patut dihargai, rasanya Tomica seperti paham betul lekuk-lekuk bodi Honda Brio. Mulai lekukan halus di kap mesin, lekukan khas di samping bodi, sampai bentuk bumper belakang yang agak gendut. Mungkin buat kamu yang orangtuanya punya Honda Brio di garasi rumah, bisa membandingkannya, deh!

Oh iya, kaca depan Hond Brio yang lebar dan landai memang mau tak mau memamerkan wilayah dasbor dan sekitarnya. Tidak disangka-sangka, bagian interior ini juga digarap Tomica dengan cukup baik. Malah diberi warna coklat muda seperti dasbor Honda Brio asli. Menurut Kupaman, walau bagian dasbor Tomica AS-03 Honda Brio ini tidak terlalu detail, tapi sudah cukup mirip dengan dasbor Honda Brio aslinya. Malah kemiripan juga sampai ke bagian jok Honda Brio yang khas dengan model jok tipis dan head rest-nya menyambung langsung dengan sandaran punggung. 

tomica as-03 honda brio

Pemakaian roda tipis khas Tomica juga Kupaman lihat bukan merupakan sebuah kelemahan. Malah terlihat cocok karena roda Honda Brio asli memang tidak besar dan tidak lebar. Untuk Tomica As-03 ini Tomica juga tak lupa menyematkan fitur khasnya yaitu per pada keempat roda. Jadi ketika ditekan dari atas, die-cast Tomica AS-03 Honda Brio seharga Rp 59.900 ini terasa empuk.

Kalaupun ada yang disayangkan, rasanya adalah bagian kaca belakang Tomica AS-03 Honda Brio ini yang berwarna hitam. Nah, entah kenapa semua Tomica seri AS mulai AS-01 Toyota Avanza Veloz dan AS-02 Datsun GO kaca belakangnya memang tidak bening, namun berwarna hitam. Selebihnya die-cast Tomica AS-03 Honda Brio ini rasanya tampil seimut mobil aslinya. 

Properti: Agata Promar

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 3.8

.