Review Non Spoiler Inside Out: Serunya Perasaan Yang Bermain Dalam Benak

| Oleh: Dante | 18 Aug 2015 - 6:47 AM
40
0
film inside out

Apa jadinya jika di dalam benak kita ada mahluk-mahluk kecil yang menangani perasaan penting yang menentukan segala reaksi dan tindak-tanduk kita di dunia nyata? Pastinya unik dan bikin penasaran.

Nah di film Inside Out para tokoh utamanya adalah kelima perasaan yaitu Joy, Sad, Fear, Disgust dan Anger yang tampil dalam wujud nyata (setidaknya di dalam kepala Riley) dengan tampilan masing-masing yang unik dan memiliki kepribadian sesuai dengan perasaan yang mereka wakili.

Joy adalah selalu ceria dan optimis. Sad suka melakukan tindakan yang kadang membuat kacau suasana dengan mengubah kenangan atau perasaan bahagia Riley berubah menjadi sedih. Fear yang selalu panik bertugas mencegah Riley dari hal-hal membahayakan yang dapat mencelakainya. Sedangkan Disgust tidak menyukai segala sesuatu yang menjijikan.

imagination land di film inside out

Mereka sudah menemani Riley sejak lahir hingga beranjak remaja. Kelimanya tinggal di ruangan bernama Control Room, yang merupakan tempat utama untuk mengatur kehidupan Riley sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga tidur di malam hari.

Joy bertindak sebagai pemegang kontrol utama segala hal yang akan dilakukan oleh Riley. Dari semua kegiatan yang dilakukan oleh Riley, akan menghasilkan ratusan jenis kenangan yang digambarkan dalam bentuk sebuah bola dengan warna-warna berbeda. Bola keemasan yang paling banyak mendominasi di ruang kontrol adalah tanda bahwa kehidupan Riley selama ini dipenuhi dengan keceriaan dan kebahagiaan.

Di antara ribuan dan jutaan memori Riley, ada beberapa memori yang sangat penting yaitu “memori inti”. Memori inti inilah yang menjadi pondasi kepribadian Riley. Nah, inti dari film ini adalah mencari memori inti Riley yang terlempar dari ruangan kontrol utama ke tempat penyimpanan memori jangka panjang yang sangat luas bagaikan labirin.

karakter joy yang ceria di film inside out

Dibandingkan semua film Pixar yang ada, mungkin Inside Out adalah film mereka yang paling “berat” dan terkreatif yang pernah ada. Di film ini kita diajak menyaksikan apa sebenarnya yang ada di dalam benak seseorang ketika sedang memikirkan sesuatu.

Kekonyolan, persahabatan, imajinasi, kekeluargaan dan lain-lainnya digambarkan sebagai suatu pulau khusus di dalam benak seseorang. Dalam hal ini benak Riley, yang akan bekerja jika ia sedang merespon sesuatu atau sedang mengalami suatu peristiwa di dalam hidupnya. Menariknya Pixar tidak hanya membuat konsep ini menjadi sangat menarik dan lucu, tapi mudah dipahami oleh anak-anak sekali pun.

Kelima perasaan juga digambarkan sebagai tokoh-tokoh yang menarik dan menggemaskan, terlepas dari perasaan apa pun yang mereka wakili. Kupaman sangat suka dengan hubungan diantara Joy dan Sad yang sering membuat segala sesuatu yang berjalan lancar menjadi berantakan (terutama gara-gara Sad). Disgust, Fear dan Anger juga mendapat porsi yang pas dalam menangani kehidupan sehari-hari Riley pasca kekosongan dengan perginya Joy dan Sad.

kisah riley dan keluarganya di film inside out

Menghadirkan perasaan dalam bentuk sebuah mahluk, memori dalam bentuk bola dan imajinasi, kekonyolan dan lain-lain dalam bentuk sebuah pulau merupakan ide brilian dari Pixar. Ini membuat para penontonnya memahami dunia di dalam benak kita. Hal yang sebenarnya sangat sulit ditebak dan dipahami tersebut, malah jadi menarik karena dibuat dalam bentuk tokoh-tokoh yang menarik, penuh keceriaan dan unik.

Mungkin ada yang menyadari dalam film Inside Out ini tak ada tokoh antagonis seperti pada film-film Pixar dan Disney pada umumnya. Di film ini kita bisa lebih fokus memahami problematika Riley, anak perempuan berusia sebelas tahun yang kehidupannya dipenuhi memori indah bersama keluarga dan teman-temannya di Minnesota. Namun suatu hari ia dan keluarga harus pindah ke kota San Francisco karena sang ayah mendapat pekerjaan baru.

Inside Out adalah sebuah film animasi yang brilian, cerdas, menyentuh sekaligus menghibur. Mungkin semua para penontonnya akan keluar dari bioskop dengan hati yang bahagia dan gembira. Lalu mungkin membayangkan wujud dan situasi yang dihadapi oleh para perasaan yang sedang mengontrol tindakan mereka hari ini, hihihi!

.