Review Non Spoiler Independence Day: Resurgence Terasa Seperti Buku Lama Dengan Sampul Baru

| Oleh: Kylo | 22 Jun 2016 - 5:33 PM
258
0
kedatangan alien di independence day resurgence

Nama Roland Emmerich di industri perfilman rasanya sinonim dengan film-film berbudget besar yang ceritanya biasa namun penuh dengan visual effect memukau. Salah satu karya yang melambungkan namanya adalah Independence Day di tahun 1996. Walau memperoleh penilaian yang tidak terlalu baik di mata kritikus, namun berhasil memperoleh pendapatan fantastis.

Duapuluh tahun kemudian, Roland kembali dengan film sekuelnya, Independence Day: Resurgence. Seting waktunya dua dekade setelah invasi alien yang berhasil digagalkan di tahun 1996. Selama rentang waktu itu manusia berhasil mengabungkan teknologi yang didapat dari kapal-kapal alien untuk diterapkan ke hampir semua hal. Seperti persenjataan, kendaraan dan lain-lain. Umat manusia juga telah bersatu dan membentuk Earth Space Defense sebuah program pertahanan dunia untuk melindungi planet Bumi dari kejadian serupa. Lalu yang tak terelakkan tiba, kapal alien yang ukurannya sangat besar kembali datang ke Bumi.

Ramuan yang ditampilkan di film ini terasa sama dengan film Star Wars: The Force Awakens. Jika Star Wars: The Force Awakens mulai dari awal hingga akhir film plot dan beberapa scenenya mengingatkan penonton dengan Star Wars Episode IV: A New Hope. Maka hampir setiap scene-scene yang ada Independence Day: Resurgence dari awal hingga akhir mengingatkan Kupaman akan film pertamanya.

liam hemsworth sebagai jake morrison di id2

Ya memang dengan teknologi masa kini, visual effect yang ditampilkan di dalam film jauh lebih memukau. Mulai adegan kemunculan kembali kapal alien, kota-kota dan wilayah yang hancur lebur karena efek kedatangan alien, pertempuran udara pesawat manusia melawan alien yang porsinya lebih banyak dan kehadiran pimpinan alien yang telah dinanti-nanti oleh anak buahnya yang ditahan oleh manusia. Jadi film ini seperti sebuah buku yang isinya masih kurang lebih sama namun dibungkus kembali dengan sampul baru yang menarik perhatian.

Bagi yang telah menonton film pertamanya mungkin akan langsung merasakan banyaknya adegan yang ada hanya merupakan pengulangan adegan di film originalnya tapi dengan sedikit sentuhan yang baru. Sedangkan untuk yang baru pertama kali menonton, mungkin akan bisa menikmati filmnya tanpa terganggu dengan premis yang sama dengan film pertamanya. Namun kali ini tanpa solusi konyol dimana pada film pertamanya dahulu, virus komputer bisa merusak jaringan komputernya alien. 

Dalam ukuran, Independence Day: Resurgence jauh lebih memukau, jauh lebih seru dan jauh lebih banyak menampilkan aksi yang diinginkan oleh penonton dari sebuah film sekuel. Selain karakter-karakter lama yang ditampilkan kembali seperti David Levinson (Jeff Goldblum), Thomas J. Whitemore (Bill Pullman) dan Dr. Brackish Okun (Brent Spiner), film sekuel berbudget 165 juta Dolar ini menjadi debut dari karakter-karakter baru (beberapa diantaranya merupakan karakter lama yang sudah beranjak dewasa) dari generasi muda seperti Dylan Dubrow-Hiller (Jessie Usher), Jake Morrison (Liam Hemsworth) dan Patricia Whitmore (Maika Monroe) yang akan memegang tongkat estafet berikutnya.

para pemain film original independence day di id 2

Walau banyak aksi seru dan menegangkan ditampilkan dibungkus visual effect yang cukup memukau, entah kenapa Kupaman merasa ada greget yang kurang dari tayangan berdurasi dua jam lebih ini. Mungkin karena karakter generasi barunya yang kurang terasa solid. Ceritanya juga sangat berasa remake yang membuat plotnya semakin ketebak dan enggak ada kejutan baru di dalam filmnya.

Untuk sebuah tontonan, Independence Day: Resurgence memang cukup menghibur. Apalagi jika kita menontonnya bersama teman atau keluarga. Tapi ya itu, ada sesuatu yang hilang sehingga filmnya menjadi terasa biasa aja. Mengenai tongkat estafet, film ini jelas banget memperlihatkan scene yang berpotensi sekuel untuk Independence Day 3 di masa mendatang.

Sutradaranya sendiri melalui wawancara dengan majalah Empire sempat mengungkapkan bahwa film ketiganya akan dibuat tergantung kesuksesan dari film kedua ini. Jika sukses, maka film kita tak perlu menunggu lama untuk bisa menonton film selanjutnya. Wah, enggak seperti Independence Day: Resurgence yang jedanya lama banget, dong?

Skor Review: 2/5

Mau review yang lebih lengkap? Simak Review Spoiler Independence Day: Resurgence.