Review Need for Speed: No Limits Visualnya Tetap Keren Dalam Format Smartphone

| Oleh: Dante | 07 Oct 2015 - 4:00 PM
110
0
need for speed: no limits

No Limits adalah game Need for Speed pertama yang dibuat oleh EA khusus untuk perangkat mobile. Tapi walau judulnya Need for Speed: No Limits, tapi game yang dikembangkan oleh developer yang juga membuat game Real Racing 3 ini sebenarnya punya beberapa batasan. Apa saja ya?

Didesain sebagai sebuah game arcade racing, game Need for Speed: No Limits adalah sebuah game balap yang cepat, menyenangkan dan singkat, cepat dan menyenangkan. Balapan malam hari terasa sangat real dikombinasikan dengan asap serta gemerlap dan pantulan cahaya. Ini menjadikan Need for Speed: No Limits unggul dari segi visual.

Kontrolnya juga tak terlalu sulit. Hanya dengan sentuhan jari yang sederhana kita sudah bisa nge-drift, menikung dengan smooth, bahkan ngebut maksimal menggunakan nitro. Nah untuk singkatnya adalah setiap balapan hanya membutuhkan waktu yang sangat-sangat pendek, hanya sekitar 30 detik!

need for speed: no limits

Waktu yang teramat singkat untuk menikmati sebuah game balap. Jadinya ketika kita sedang asik beradu menjadi tercepat di jalanan, tiba-tiba ternyata seketika itu balapan berakhir. Ada 30 pilihan mobil yang tersedia di dalam game ini yang masing-masing bisa di-upgrade dan dimodifikasi sesuai dengan style kesukaan kita. Ada Subaru BRZ, BMW M4, Porsche 911 dan lain-lain.

Nah setelah memperlihatkan semua kelebihan Need for Speed: No Limits, saatnya mengetahui apa batasan dari game free-to-play ini. Seperti yang sudah diketahui sebagian besar mobile gamer, saat ini game-game apps bergaya freemium sudah dikulik sedemikian rupa oleh developernya.

Maksudnya agar mau tidak mau kita tergoda untuk membeli in-apps purchase yang terdapat didalam game dengan menggunakan uang di dunia nyata. Contohnya seperti pada Angry Birds 2 yang gratis namun gameplay-nya telah di-setting sedemikian rupa hingga unsur freemiumnya sangat kental dan mengurangii kenikmatan bermain dibanding game orisinalnya.

Untuk kasus Need for Speed: No Limits, EA tidak saja menyiap trik lama in-app purchase. Tapi juga ada tambahan membeli bensin. Yup di game ini yang judulnya “No Limits” ini kita disiapkan dua buah pilihan ketika selesai balapan. Yaitu menunggu waktu selama beberapa saat (cukup lama juga) agar bisa kembali bertanding atau bayar untuk mengisi bensin setelah race. Fitur mengisi bensin yang terpakai ketika selesai balapan ini memang realistis. Namun biaya yang dikenakan terasa konyol dan terkesan membatasi pemain untuk enjoy.

need for speed: no limits

Modifikasi mobil juga tidak seindah yang dibayangkan. Karena kita membutuhkan banyak kredit buat mendandani mobil yang didapat dari balapan. Walau tidak terlalu sulit untuk menjadi juara satu tapi untuk melanjutkannya masih harus mengisi bensin lagi yang pasti menghabiskan kredit. Sehingga jika tidak sabaran pasti tergoda untuk membeli part dengan uang betulan.

Entah apa yang di pikiran EA. Pastinya konsep freemium yang berlebihan ini akan mengurangi kesempatan gamer menikmati game keren ini secara utuh. Bahkan hal ini langsung terasa hanya dalam beberapa jam memainkannya. Awal-awalnya mungkin masih asik, tapi kemungkinan besar di hari-hari berikutnya waktu bermain game ini  akan semakin lama menjadi semakin pendek karena banyaknya batasan dalam game ini.

Developer: Electronic Arts
Publisher: Firemonkeys
Platform: AndroidiOS
Genre: Racing
Harga: Free

Skor Review
Fun and Gameplay: 3/5
Graphic: 4,5 /5
Bebas konten berbayar: 3/5
Harga: 3/5
Overall: 3,3

.