Review Mecha Blade: Mainan Gasing Ajaib Dengan Kendali Gerak Ala Animasinya

| Oleh: George | 20 Oct 2016 - 12:17 PM
1510
0
mainan gasing mecha blade

Gimana, sudah nonton animasi Mecha Blade di channel Youtube resminya? Ternyata eh ternyata, seperti yang sudah bisa ditebak, animasi tentang gasing ini akhirnya ada mainan gasing betulannya. Serunya lagi, kalau di animasinya para activator bisa mengendalikan gasing Mecha Blade, maka pada mainan Mecha Blade betulannya kita bisa melakukan hal yang kurang lebih mirip. Lho, emang bisa? Baca terus aja, yuk!

Pakai Batere
Seperti yang sudah Kupaman sebut di atas, mainan gasing Mecha Blade betulan akhirnya muncul juga. Bahkan hari ini pada acara Pekan Raya Indonesia di ICE, BSD berlangsung acara launching resminya. Ada Mecha Blade Skywalker, Phantom, Chain Blade, Gunner, Flamer, Destructor, Gladiator dan Evil Spider untuk wave pertamanya.

Yang Kupaman suka dari Mecha Blade adalah sosoknya yang cukup besar dan beratnya lumayan. Kalau diukur diameternya antara 7-8 cm, enggak kekecilan dan enggak kegedean banget. Bentuknya juga cukup oke, tuh. Kan, desainnya ngikutin apa yang ada di animasinya. Jadi ya boleh juga berhayal seakan jadi activator kayak salah satu karakter di animasi Mecha Blade, ehehe! Ya enggak apa-apa, Kupaman juga sengaja milih Mecha Blade yang Skywalker biar serasa kayak karakter Kenya di animasi Mecha Blade, kok. Sah-sah aja, malah biar lebih fun!

Awalnya sempat penasaran juga bagaimana Mecha Blade bisa bergasing karena sama sekali enggak pakai rip cord alias tali penarik. Ternyata sesuai dugaan, Mecha Blade memakai 3 buah batere ukuran AAA. Sementara itu, tenaga dari ketiga batere AAA dipakai untuk menggerakkan roda kecil yang ada di bagian bawah Mecha Blade.

cara menyalakan mecha blade

Cara Main
Pertanyaan paling penting. Gimana cara mainnya? Gampang banget, tekan sekali saja tombol kecil di bagian atas Mecha Blade seperti pada foto. Kalau lampu kecil berwarna merahnya sudah menyala, lepaskan tombol dan Mecha Blade sudah dalam mode ready.

Asiknya sih, mainnya pakai arena khusus. Kalau belum punya, boleh juga diletakkan di lantai. Untuk memulai pertarungan, caranya cukup unik. Lambaikan saja tangan sekali saja kira-kira sampai 15 cm di atas Mecha Blade kita yang sudah dalam posisi ready. Maka secara otomatis lampu Mecha Blade akan berkedip sekali lalu berputar sendiri dalam mode bertahan.

Wow, beneran otomatis muter sendiri, loh! Serunya, putarannya dalam mode bertahan ini saja sudah cukup cepat dan terasa bertenaga. Malahan terus terang aja, Kupaman sendiri enggak menyangka kalau putarannya sekuat ini.

Keseruan bakal bertambah kalau kita ingin melakukan penyerangan. Silakan lambaikan tangan sekali saja di atas Mecha Blade kita yang sedang menggasing dalam mode bertahan tersebut. Maka Mecha Blade akan secara otomatis berpindah ke mode menyerang. Tandanya lampunya berkedip dua kali dan suara dan putaran Mecha Blade akan berubah jadi lebih agresif.

Untuk kembali ke mode bertahan, silakan lambaikan tangan sekali lagi di atas Mecha Blade dan begitu juga sebaliknya. Wah, boleh deh merasa kayak activator di animasi Mecha Blade yang bisa mengendalikan laju gasing Mecha Blade!

Sebenarnya prinsip mainnya sama kayak permainan gasing lainnya. Lawan yang berhasil dikeluarkan dari arena atau terbalik bakal kalah. Cuma jalannya permainan jadi seru aja karena masing-masing Mecha Blade bisa dikendalikan dan putarannya itu, loh kencang banget! Jadi kalau sampai kedua Mecha Blade beradu, efeknya terasa cukup ganas.

Malah kalau salah satu Mecha Blade sampai mental ke luar arena, lontarannya enggak tanggung-tanggung karena Bobot Mecha Blade yang lumayan ditambah putaran yang kuat. Jadinya memang terasa heboh banget. Kalau enggak percaya, cobain aja sendiri deh, ehehe!

Otomatis
Canggihnya, Mecha Blade bisa mendeteksi sendiri. Kalau enggak ada gerakan tangan alias perintah dalam waktu 30 detik, maka dia akan berhenti berputar secara otomatis. Kalau mau mematikan secara manual Mecha Blade yang sedang berputar juga bisa. Caranya tekan tombol sekali. Maka Mecha Blade akan kembali ke posisi ready. Ingat yah, di posisi ready ini kalau kita lambaikan tangan sekali saja, maka Mecha Blade akan langsung aktif alias berputar dalam posisi bertahan.

Gimana kalau mau mematikan total Mecha Blade kita? Tinggal tekan aja tombol dan tahan selama 5 detik sampai lampu berkedip dua kali. Nah, posisinya sekarang OFF total, deh!

cara bongkar pasang mecha blade

Cara Bongkar
Walau kelihatannya cukup kekar, enggak usah khawatir untuk urusan bongkar pasang semisal untuk mengganti batere karena ternyata cukup mudah. Soalnya sudah dilengkapi alat khusus. Untuk gonta-ganti bagian penutup atas dan blade-nya, cukup putar berlawanan jarum jam ketiga baut dengan alat khusus, lalu tarik ke atas.

Sementara untuk mengganti batere, tinggal cungkil tiga pengunci pakai alat khusus yang sama. Lalu tinggal tarik aja penutup bawahnya lalu pasang ketiga baterenya. Cuma kudu hati-hati roda-road kecilnya jatuh. Tapi tinggal dipasang lagi dengan mudah, kok. Untuk memasangnya kembali, tinggal pasang kembali penutup bawah, geser kembali ketiga pengunci sampai bunyi klik.

Menariknya, juga bakal ada aksesoris berupa blade dari logam dan arena untuk bertarung Mecha Blade. Apalagi Bagian-bagian seperti penutup atas dan blade tiap Mecha Blade kayaknya bisa saling ditukar-tukar. Hmm, lumayan bisa diutak-atik, nih ke depannya!

Gasing Mecha Blade ini akan dijual dengan harga Rp 89.900 per buah. Wah, masih di bawah Rp 100 ribu, rupanya!

Eh, ada kabar gembira, nih! Ternyata sudah ada Aksesoris Mecha Blade: Metal Blade dan Arena Bikin Main Tambah Seru.

Properti: Agata Promar

Skor Review
Repeat Play/Fun: 4/5
Prakitan/petunjuk: 4/5
Fitur: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 4