Review Mainan Robo Turtle: Si Penyu Seru Yang Bisa Berenang

| Oleh: George | 07 Mar 2016 - 1:25 PM
164
0
mainan robo turtle

Memelihara binatang memang seru. Namun buat yang enggak telaten merawat atau memberi makan, akibatnya bisa fatal. Hewan peliharaan kita bisa sakit atau malahan mati. Maklum selain diberi pakan, hewan peliharaan juga harus sesekali dibersihkan tempat tinggalnya, bukan diajak bermain-main saja.

Salah satu solusi, ya main mainan dengan teknologi yang bisa menirukan hewan. Misalnya Robo Turtle dari Zuru ini. Bentuknya berupa seekor penyu mungil yang lucu. Nyaris keseluruhan bagian tubuhnya terbuat dari plastik. Sedangkan bagian kepala dan kedua kaki depannya terbuat dari karet.

robo turtle dari zuru

Nah, apa yang membuat Robo Turtle ini bisa menirukan penyu selain bentuknya yang lucu? Hmm, rupanya si Robo Turtle ini benar-benar bisa bergerak seperti seekor penyu. Hebatnya, diklaim selain bisa bergerak baik di darat maupun di air. Wuih!

Pantesan, ternyata si Robo Turtle sepanjang 6 cm ini ditenagai 2 batere kancing LR44. Sehingga kedua kaki depannya bisa bergerak. Lalu, bagaimana cara membuatnya bergerak di darat? Ternyata caranya cukup dengan menyentuh dua sensor berbentuk tonjolan berwarna hitam yang ada pada bagian belakang cangkang si Robo Turtle.

Ketika sensornya disentuh, si Robo Turtle memang  bisa bergerak, namun perlahan sekali. Maklum sih, namanya juga penyu, jalannya pasti lambat. Persoalannya kedua kaki depan berbentuk dayung memang tak ideal buat bergerak di darat. Masalahnya si Robo Turtle ini cuma bergerak selama beberapa detik saja, lalu berhenti. Nampaknya memang sengaja dibuat begitu untuk menghemat batere. Kalau mau si Robo Turtle bergerak lagi, sentuh lagi saja kedua sensor tersebut.

robo turtle bisa berenang

Ya sudah, kalau begitu Kupaman putuskan langsung mencemplungkannya ke air. Berbeda dengan cara bergerak di darat, si Robo Turtle langsung bergerak ketika terkena air. Nampaknya sensornya langsung merespons ketika terendam. Perilakunya di air nampak lebih menyenangkan ketimbang ketika berada di darat

Si Robo Turtle memang nampak bisa berenang lebih baik ketimbang berjalan. Di air, pergerakannya juga lebih lama. Kira-kira nyaris 5 menit penyu elektronik ini bisa berenang sebelum akhirnya berhenti bergerak. Kalau mau membuatnya berenang lagi, angkat dari air lalu tiriskan airnya dengan cara dikibas-kibaskan. Setelah itu, masukkan lagi dia ke air. Maka dia bakal berenang lagi.

Tapi selama berenang di air, si Robo Turtle cenderung mengambang di permukaan air. Bahkan ketika berhenti bergerak sekalipun, dia tidak akan tenggelam. Padahal kita ingin juga melihatnya menyelam sambil berenang dalam air. Nah, kayaknya si Robo Turtle ini memang lebih cocok dimainkan di air dangkal. Bukan di air dalam.

sensor di robo turtle

Karena bertenaga batere, ada potensi baterenya bisa habis sehingga Robo Turtle tidak bisa berfungsi sebagaimana mustinya. Tapi jangan khawatir karena dalam paket pembelian mainan seharga 199.900 ini sudah disediakan sepasang batere cadangan. Tinggal siapkan obeng kecil (obeng kaca mata) untuk membuka dua baut yang ada di bagian perut si Robo Fish untuk mengganti batere yang habis.

Properti: Emway Globalindo

Skor Review
Repeat play/fun: 4
Perakitan/petunjuk: 4
Fitur: 3
Harga: 4
Overall: 3,75

.