Review Mainan Die-Cast Tomica Toyota FJ Cruiser Police Car: Versi Polisi Memang Beda!

| Oleh: George | 26 Feb 2017 - 3:18 PM
142
0
review die-cast tomica toyota fj cruiser police car

Sudah lama juga Kupaman enggak mereview mobil-mobilan die-cast jenis SUV, tiba-tiba saja sebuah mobil-mobilan die-cast Tomica bermodel Toyota FJ Cruiser mampir di meja Kupaman. Lebih menyenangkan lagi, ini bukan FJ Cruiser biasa, tapi versi yang digunakan Polisi Jepang.

FJ Cruiser sendiri adalah SUV yang terinspirasi oleh ketangguhan kendaraan legendaris Toyota FJ40 yang populer era 60-an sampai awal 80-an. Desain FJ40 yang membekas pada FJ Cruiser adalah grill yang berbentuk seperti kapsul.

review mobil-mobilan die-cast tomica toyota fj cruiser police car

Nah, karena mobil-mobilan die-cast Tomica yang Kupaman review ini adalah FJ Cruiser versi Polisi Jepang, tentu ada sejumlah kelengkapan dan ciri khas yang berbeda. Paling mencolok adalah adanya roof rack atau rak barang yang berada pada bagian atap. Roof rack ini juga sekaligus berfungsi sebagai dudukan lampu sirine polisi yang pada die-cast Tomica ini dicat dengan warna merah.

Walaupun roof rack ini nampaknya bukan terbuat dari logam, namun cukup kokoh dan menempel kuat pada atapnya. Bisa jadi, sekilas kita menyangka roof rack ini terbuat dari bahan logam berkat warna silvernya yang solid dan lengkap dengan detail tulang-tulang penguatnya. Makanya membuat tampilan die-cast Tomica FJ Cruiser Police Car sepanjang 7 cm ini jadi beda dan tambah gagah.

Senada dengan roda yang walaupun menggunakan model tipis khas Tomica, namun bagian velgnya sengaja dibiarkan hitam legam tanpa rona krom seperti biasanya. Maklum disesuaikan dengan velg asli mobil Tomica FJ Cruiser Police Car. Namun menurut Kupaman justru membuat tampilannya makin spartan dan gahar.

mobil-mobilan die-cast tomica toyota fj cruiser police car

Selain itu tentu saja die-cast Tomica FJ Cruiser Police Car ini dilabur dengan warna  khas ala Polisi Jepang, lengkap dengan huruf Kanji di bagian samping. Juga kalau kita perhatikan pada bagian tengah grill bukannya diisi lambang Toyota, namun ada logo kepolisian Jepang. Asiknya pewarnaan pada mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota FJ Cruiser Police Car ini rapi banget, khas Tomica. Bahkan logo kepolisian Jepang yang tadi disebutkan walau kecil banget dan nyempil di tengah grill, tapi masih nampak rapi, loh!

Hal menarik lain pada mobil-mobilan die-cast Tomica FJ Cruiser Police Car ini, entah kenapa bodinya jadi terkesan kokoh. Mungkin karena memang desain yang mengotak khas SUV. Namun kayaknya ada pengaruh juga dari garis-garis bodi dan pintu yang tercetak sangat tegas dan dalam. Saking dalamnya Kupaman sempat menyangka bagian pintu depan bisa dibuka, padahal ternyata tidak.

Sejumlah detail lain juga tampak ditampilkan cukup baik oleh Tomica seperti side step, ban serep dengan pelindungnya yang bertengger di pintu belakang dan lampu-lampu. Walaupun tidak menggunakan mika dan hanya dicat, namun berkat cetakan yang rapi, tampil cukup natural terutama bagian lampu depan.  Belum lagi, walaupun berwarna hijau dan putih ala Polisi Jepang, tetap saja catnya dibuat mengkilat oleh Tomica.

review die-cast tomica toyota fj cruiser police car

Terakhir, fitur khas Tomica berupa per pada keempat roda tetap diterapkan pada die-cast Tomica FJ Cruiser Police Car ini. Buat penyuka mobil-mobilan die-cast bentuk SUV, polisi, atau kendaraan pekerja lainnya, nampaknya mobil-mobilan Tomica Tomica FJ Cruiser Police Car seharga Rp 59.000 ini layak dilirik.

Sementara itu simak juga Review Die-Cast Tomica Toyota Alphard: Cerminan Kemewahan.

Properti: Agata Promar

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 3,8