Review Komik Mighty Morphin Power Rangers: Berbaliknya Si Ranger Hijau

| Oleh: Kylo | 15 Mar 2016 - 5:57 PM
780
0
review komik power rangers

Setelah heboh dengan film Saban’s Power Rangers yang sudah mulai masuk masa produksi, sekarang giliran komik perdana Mighty Morphin Power Rangers yang telah terbit pada bulan ini. Sebenarnya sih, pada bulan Januari juga telah ada namun itu yang issue #0.

Bagi yang tidak terlalu mengenal dengan seri tokusatsu Mighty Morphin Power Rangers, biar Kupaman refresh terlebih dahulu. Seri ini merupakan seri pertama dari franchise Power Rangers yang masih tayang hingga saat ini dengan seri terbarunya Power Rangers Super DinoCharge. Musim pertama dari Mighty Morphin Power Rangers diadaptasi dari serial super sentai Kyoryu Sentai Zyuranger. Tayangan ini pada tahun 90-an populer banget diseluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kini beberapa dekade kemudian, Mighty Morphin Power Rangers hadir kembali dalam bentuk komik (lagi) yang kali ini diterbitkan oleh BOOM! Studios. Khusus di edisi pertama ada 27 varian yang tersedia dengan berbagai artwork yang keren kreasi beberapa ilustrator komik ternama.

ranger hijau

Oke langsung saja dengan reviewnya! Komik yang ceritanya dibuat oleh Kyle Higgins dan ilustrasinya ditangani oleh Hendry Prasetya ini berkisah mengenai untold story dari Tommy Oliver si Ranger Hijau yang baru saja bergabung dengan Power Rangers setelah ia berhasil bebas dari kendali pikiran Rita Repulsa.

Openingnya dibuka dengan duo Bulk dan Skull. Mereka membuat video dokumentasi kemunculan pertama Rita Repulsa dan anak buahnya yang ingin menguasai dunia hingga kehadiran para Power Rangers yang berjuang di jalan kebenaran.

Kemunculan Ranger Hijau yang diciptakan oleh Rita Repulsa juga banyak dipertanyakan. Terutama ketika sosok yang dulunya berperang melawan para Rangers ini dua hari kemudian tiba-tiba sudah team-up dengan Jason dan kawan-kawan menggunakan Dragonzord-nya melawan sebuah monster raksasa yang hendak menghancurkan kota.

Sikap Ranger Hijau yang berbalik haluan dari jahat menjadi baik ini menimbulkan banyak pertanyaan dan keresahan warga Angel Grove. Bahkan diungkapkan melalui wawancara oleh Bulk dan Skull kepada teman-teman sekolahnya.

Mengenai cerita, Kupaman cukup tertarik dengan plot yang mengisahkan tentang konflik batin Tommy sebagai anggota Power Rangers terbaru. Ia ingin berbuat kebajikan, namun masih ada sedikit bayang-bayang Rita Repulsa yang kadang suka menganggu benaknya.

komik power rangers

Untuk ilustrasi, jelas komik ini keren banget. Terutama di adegan-adegan aksi. Entah itu ketika tim Power Rangers sedang beraksi atau ketika sedang bertarung melawan monster raksasa menggunakan Megazord. Goresan Hendry yang sepertinya mengkombinasikan gaya barat dan timur terasa pas.

Terutama untuk mengambarkan tokoh-tokoh karakter utama yang memiliki kepribadian dan style yang berbeda-beda. Juga ketika mereka berubah menjadi Power Rangers, aura heroesnya langsung kental banget. Ilustrator asal Indonesia Hendry Prasetya ini lebih dikenal sebagai ilustratornya komik Bima Satria Garuda yang sudah terbit sebanyak empat volume.

Selain cerita utama, komik Mighty Morphin Power Rangers juga memiliki side-story yaitu “The Ongoing Adventures of Bulk and Kull” yang berisi cerita-cerita ringan dan pendek.Ada satu hal yang agak ganjil tapi bikin Kupaman tersenyum. Yaitu istananya Rita Repulsa yang pada bagian depannya terdapat tulisan “Bandora’s Palace“ yang diambil dari nama penyihir Bandora. Padahal pada versi adaptasi Power Rangers, namanya diubah menjadi Rita Repulsa. Agak aneh sih, mengapa tulisannya tetap dipertahankan. Tapi sepertinya memang begitu adanya di serial tivinya.

Bagi fans franchise Power Rangers komik Mighty Morphin Power Rangers#1 sudah pasti tidak boleh terlewatkan. Apalagi dengan varian cover-nya yang keren-keren. Jika kamu jago menggambar, mungkin bisa mencari varian kover “Get-A-Sketch” yang berisi kover polos yang bisa kita gambar sesuka hati.

Komik Mighty Morphin Power Rangers#1 bisa dipesan langsung di situs resminya BOOM! Studios seharga 3,99 Dolar.

.