Review Game Final Fantasy Brave Exvius: Game Final Fantasy Terbaik Untuk Smartphone

| Oleh: Yudi | 03 Jul 2016 - 1:15 PM
7415
0
main story final fantasy brave exvius

Square Enix akhirnya merilis game smartphone terbarunya yang berjudul Final Fantasy: Brave Exvius. Game ini mengenalkan dua karakter utama, Rain dan Laswell. Mereka adalah kesatria dari kerajaan Grandshelt. Di awal petualangan, mereka bertemu gadis misterius yang memohon agar mereka melindungi sebuah kristal dari kekuatan jahat yang ingin menghancurkan kristal tersebut untuk menghancurkan dunia. Bagi penggemar game Final Fantasy, ceritanya pasti sudah sangat familiar.

Malam hari setelah perilisan, Kupaman langsung menjajal game ini. Dan setelah bermain, Kupaman langsung mengerti kenapa game ini bisa dimainkan hingga enam juta player saat dirilis pertama kali tahun 2015 di Jepang. Agar tak semakin penasaran, berikut Kupaman berikan review dari Final Fantasy: Brave Exvius.

Square Enix tampaknya benar-benar all-out dalam membuat game smartphone ini. Terbukti dari awal permainan kita sudah disuguhkan gameplay yang betul-betul menarik. Kupaman lebih dulu berfokus pada sistem pertarungannya. Menggunakan sistem strategic turn-based (bergantian), kita bisa melakukan setting terlebih dulu pada karakter yang ada dalam unit/party (satu unit/party maksimal berisi enam karakter).

sistem pertarungan final fantasy brave exvius

Di sinilah letak menariknya. Dengan setting-an strategi yang baik, damage dan combo yang dihasilkan bisa semakin variatif dan besar. Setiap karakter memiliki empat aksi yang bisa dipilih melalui sliding ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Empat aksi ini adalah Attack, Items, Abilities, dan Guard. Ketika semua karakter telah di-setting dan ditentukan aksinya, barulah lakukan tap pada masing-masing karakter untuk melakukan serangan secara bersamaan dan menghasilkan combo.

Setiap karakter memiliki kolom Limit. Jika kolom ini sudah terisi penuh, maka kita bisa mengeluarkan jurus rahasia. Awal-awal mungkin sedikit bingung. Tapi jangan khawatir, karena game ini juga dilengkapi tutorial. Intinya, sistem pertarungan di game ini sederhana, namun sangat menarik dan memberikan kita kesempatan untuk menemukan strategi terbaik untuk mengalahkan musuh. Battle di game ini sendiri terbagi atas beberapa event; ada yang mengikuti main story, exploration, vortex, dan colosseum.

Berikutnya Kupaman berfokus pada gameplay-nya yang betul-betul membuat ketagihan dan lupa waktu. Untuk ukuran game smartphone, Final Fantasy: Brave Exvius memiliki banyak sekali fitur seru. Salah satunya adalah menyusun sebuah unit/party. Setiap unit/party terdiri dari lima karakter yang bisa dirubah, diganti, dikreasikan, bahkan dijual. Sistem kreasinya bisa berupa fuse/enhancement (menggabungkan sebuah karakter dengan beberapa karakter lain untuk menaikkan level), atau awaken (menaikkan grade).

Dan seperti game Final Fantasy umumnya, masing-masing karakter memiliki job bervariasi, seperti Knight, Warrior, White Mage, Black Mage, Thief, Monk, Dancer dan masih banyak lagi. Yang membuat semakin seru, game ini ternyata menghadirkan banyak sekali karakter popular dari seri game Final Fantasy sebelumnya. Sehingga kita tak akan bosan dan pasti berusaha mendapatkan karakter favorit kita.

gameplay dan fitur menarik final fantasy brave exvius

Lalu ada fitur crafting yang memungkinkan kita membuat sendiri sebuah item, equipment, atau ability. Untuk melakukan crafting, diperlukan sebuah resep dan material. Material ini bisa didapatkan dengan mengalahkan musuh atau melakukan eksplorasi di dungeon. Fitur lainnya, yaitu dua jenis quest selain main story; daily quest dan quest yang didapatkan dari NPC. Setiap menyelesaikan sebuah quest, kita akan mendapat reward berupa Gil, experience, energy, atau item.

Grafik yang ditampilkan dalam game ini juga tak main-main, terutama bagian animasi saat kita melakukan serangan dengan Esper (julukan untuk monster yang bisa di-summon) atau adegan cutscene (FMV). Efek serangan yang dihasilkan dari combo dan magic juga membuat layar kita seperti dipenuhi kembang api warna-warni yang indah. Saat berada di dungeon atau kota, detail grafiknya pun juara. Kita bisa melihat bayangan awan, awan yang tertiup angin, bayangan dari air, dan masih banyak lagi.

Untuk memainkan main story, quest, ekplorasi, atau battle, Final Fantasy: Brave Exvius menggunakan sistem energi yang disebut NRG. Semakin tinggi rank kita, akan semakin banyak energi yang dimiliki. Jika energi ini habis, kita harus menunggu agar kembali terisi. Durasinya bisa beberapa menit sampai beberapa jam, tergantung banyaknya energi yang harus diisi sampai penuh. Tapi jika tak sabar, kita bisa mengisi penuh energi menggunakan Lapis.

Ada banyak cara untuk login, salah satunya menggunakan akun Facebook atau Google. Setelah login, kita akan mendapat Inquiry Code dan Player ID. Inquiry Code adalah kode penting untuk membuktikan bahwa kita pemilik akun tersebut. Sementara Player ID bisa digunakan untuk mencari dan menambahkan teman. Final Fantasy: Brave Exvius memiliki data awal sebesar 80MB. Namun selama permainan, datanya akan terus bertambah. Saat ini Kupaman mencatat total datanya mencapai hampir 500MB (Android).

grafik sempurna final fantasy brave exvius

Sebetulnya masih banyak lagi hal menarik dari game ini, seperti BGM dan theme song-nya. Namun lebih baik kalian mencoba sendiri agar bisa merasakan sensasinya ketika bermain. Intinya Final Fantasy: Brave Exvius wajib dimainkan oleh kalian–baik penggemar Final Fantasy atau penggemar game RPG. Jangan lupa siapkan charger atau power bank dan pastikan mendapat koneksi internet yang stabil. Karena sekali bermain, bisa dipastikan akan ketagihan.

Score Review
Fun and Gameplay: 5/5
Graphic: 5/5
Bebas konten berbayar: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 4,6

Developer: Alim Co., Ltd.
Publisher: Square Enix
Platform: Android, iOS
Genre: RPG

Buat penggemar game Final Fantasy, jangan lewatkan kabar terbaru Game Final Fantasy Mobius Untuk Hape Akhirnya Hadir.

.