Review Game Blood Calamity: Dunia Jepang Kuno Dikombinasi Tema Fantasi

| Oleh: Dante | 09 May 2015 - 11:12 AM
138
0
game blood calamity

Bosan dengan game-game JRPG dari developer papan atas yang menampilkan visual super wah dengan alur cerita yang kompleks? maka saatnya beralih ke game-game mobile keluaran Kemco. Kemco yang dahulu dikenal sebagai pembuat seri Top Gear itu mulai dari tahun 2010 beralih ke dunia mobile untuk gadget berbasis Android dan iOS dengan fokus utama mereka adalah game bergenre JRPG dengan gaya klasik 16-bit. Sudah banyak game-game mereka yang populer karena tidak hanya grafisnya yang mengingatkan gamer dengan nostlagia masa-masa kejayaan JRPG di masa lalu. Namun Kemco juga mampu membuat beberapa fitur-fitur yang baru yang membuat game JRPG ternyata oke juga untuk dimainkan di gadget seperti smartphone ataupun tablet.

Perang Besar Melawan Yokai
Dunia Blood of Calamity berseting disebuah negara yang bernama Hoshu Washin. Yang dikuasai oleh empat klan besar, Totsuki, Mikadoin, Oshitari dan Yakujo. Keempat klan ini telah menguasai masing-masing wilayahnya selama beberapa generasi dan hidup berdampingan dengan damai. Dunia Hoshu Washi tidak hanya dihuni oleh bangsa manusia tapi ada juga bangsa Yokai, sejenis monster dan mahluk-mahluk aneh yang menjadi simbol kekacauan dan kehancuran.

Diantara keempat penguasa besar, mereka telah menjalin pertemanan yang erat sejak perang besar melawan Yokai terkuat beberapa ratus tahun yang lalu. Masa damai itu kini telah berakhir dengan adanya teror dari dua sosok misterius yang mencuri darah dari para penguasa besar dari keempat klan. Generasi penerus klan Totsuki, Kenshiro bersama dengan guru sekaligus sahabatnya Tatsuto Sekimizu harus berkeliling keseluruh penjuru Hoshu Washin untuk mencari siapa kedua sosok misterius itu dan apa yang mereka inginkan.

Didalam perjalanan selain Kenshiro dan Tatsuto akan ada teman-teman dari berbagai klan yang akan menjadi teman. Mereka adalah Haruka dan Sakuya dari klan Mikadoin, Yukari dan klan Yakujo dan Saizo dari klan Oshitari. Walau kelihatannya alur cerita dari game ini terlihat standar dan biasa aja tapi masih ada kejutan dan twist disana-sini yang akan membuat cerita yang ada semakin membuat penasaran dan asyik untuk terus dimainkan.

game aplikasi blood calamity

Kiho dan Clan Spesial
Gameplay dan fitur di game ini akan sangat familiar terutama untuk para pencinta game JRPG bergaya klasik, pertarungan turn-based, random battle, dungeon yang banyak, ada quest utama dan juga quest sampingan, fast travel menggunakan teleport, berpetualang dari pulau ke pulau menggunakan kapal laut. Untuk didalam pertarungan ketika melawan para musuh Yokai ataupun manusia, Kenshiro dan kawan-kawan akan bisa menyerang lawan dengan menggunakan serangan biasa atau juga dengan menggunakan skill spesial yang disebut disini sebagai Kiho.

Kiho dapat berupa serangan kombo atau magic tergantung dari karakter yang digunakan. Uniknya Kiho didapat bukan dengan kenaikan level tetapi melalui dengan mengupgrade status dari tiap karakter melalui option “Boost Stats” menggunakan point “TP” yang didapat setiap kali naik level. Dengan menaikkan tiap-tiap status yang ada seperti ATK, DEF, SPD, ART, MND dan SKI hingga sampai pada tahap tertentu, tiap karakter yang ada akan mendapatkan Kiho-Kiho baru. Kiho dibagi menjadi tiga tipe, Kiho untuk menyerang, Kiho untuk menyembuhkan dan terakhir Kiho untuk support.

Selain mengandalkan Kiho, didalam pertarungan Kenshiro dan anggota timnya juga bisa mengeluarkan jurus andalan yang jauh lebih kuat yang disebut sebagai “Clan Specials”. Jurus ini memerlukan tenaga ESP yang diwakili oleh lambang api dibagian kiri layar yang nilainya akan terus naik setiap kali kita bertarung, dengan nilai maksimumnya adalah 100. Dengan menggeluarkan “Clan Specials” musuh yang banyak atau boss yang tangguh akan bisa dikalahkan hanya dengan beberapa kali serangan saja.

game blood calamity

Bisa Melihat Percakapan Yang Sudah Lewat
Fitur yang agak berbeda dengan game JRPG yang telah ada sebelumnya adalah di Blood of Calamity kita bisa untuk melihat lagi percakapan-percakapan yang ada, yang mungkin telah terlewatkan secara tidak sengaja ketika sedang menekan tombol secara cepat. Fitur untuk melihat percakapan dimasa lalu atau cerita-cerita yang sudah lewat ini merupakan tambahan fitur yang menarik dan penting. Karena kebanyakan gamer khususnya di game JRPG kadang suka lupa mau kemana tujuan selanjutnya setelah menyelesaikan sebuah cerita/quest dan apa yang lagi harus mereka cari, yang kesemua petunjuk itu biasanya terungkap secara jelas diberbagai percakapan yang ada.

Secara keseluruhan game Blood of Calamity masih terasa sama auranya dengan game-game Kemco yang telah rilis. Tapi dengan BGM yang pas, game bertema era Jepang Kuno yang dikombinasikan dengan kisah fantasi yang didalamnya terdapat karakter-karakter yang kepribadiannya akan membuatmu tersenyum bahkan tertawa dibumbui dengan cerita yang sederhana tapi memikat, membuat game yang bisa didownload langsung seharga kurang dari lima puluh ribu rupiah ini menjadi game mobile bergaya klasik yang wajib kamu coba untuk bulan ini. Asyik banget buat nostlagia kembali untuk mengenang seperti apa sih game-game JRPG tempo dulu.

Developer: Kemco_Games
Publisher: Kemco_Games
Platform: iOS, Android
Genre: RPG

.