Review Game Apps BoBoiBoy Speed Battle: Melatih Mata, Tangan dan Otak

| Oleh: Dante | 07 Jun 2015 - 8:31 AM
932
0
game-boboboy-speed-battle

Pertama-tama ada satu hal yang harus dijelaskan yang wajib untuk diketahui terlebih dahulu mengenai game mobile yang diadaptasi dari seri animasi asal Negeri Jiran yang sedang hits di Indonesia saat ini, bahwa game ini bukanlah ber-genre action ataupun adventure seperti yang kamu bayangkan melainkan sebuah game edukasi. Bermain game Speed Battle secara tidak langsung akan dapat mengasah kemampuan koordinasi antara mata, tangan dan otak kamu. Benarkah? tentu saja. Makanya simak dulu, yah.

Ada beberapa misi yang sudah tersedia seperti Match Formula, Color Match, Logo Recognition, Zoom Identification, Character Identification dan Size Determination. Lalu beberapa misi lainnya masih terkunci diantaranya Time Estimation, Number Counting, ABC, Alien Shooter, Hide and Seek dan Multimonster Split. Untuk misi yang masih terkunci ini bisa dibeli dengan menggunakan alat pembayaran berupa Cocoa yang bisa didapat dari memainkan game atau dengan menggunakan jalan pintas dengan membelinya langsung secara digital. Cocoa juga bisa didapat dengan nge-like Facebook 8Elements atau menyaksikan videonya secara penuh. Tapi jumlah Cocoa yang didapat dengan dua cara terakhir jumlahnya hanya sedikit.

Misi soal Matematika
Seperti yang telah disebut sebelumnya Speed Battle adalah permainan yang mengkombinasikan kecepatan tangan, kejelian mata dan kecepatan otak untuk berpikir. Setiap misi yang ada akan membutuhkan konsentrasi contohnya untuk misi “Logo Recognition:, perhatikan secara baik-baik logo mana yang dimaksud oleh pertanyaan. Dan jika logo itu keluar langsung buru-buru tekan tombol sentuh untuk memenangkan battle. Sama juga halnya dengan misi Character Identification yang mengharuskan kita untuk memperhatikan secara seksama karakter mana yang dimaksud oleh pernyataan yang keluar. Jika kurang cepat maka lawan bisa menekan tombol terlebih dahulu dan ia yang akan mendapatkan poin.

Ada juga misi soal Matematika yang  menampilkan beberapa perhitungan dan kita harus memilih mana diantara perhitungan tersebut yang hasilnya benar. Misi seperti ini bagus juga untuk siswa-siswa yang masih di Sekolah Dasar yang akan dapat melatih daya berfikir secara cepat dan tepat. 

boboboi-speed-battle

Unsur Pendidikan
Misi-misi di game BoBoiBoy Speed Battle sepertinya memang didisain untuk para gamer berusia muda yang gamenya didesain sedemikian rupa hingga menjadi sebuah game menghibur yang didalamnya terdapat unsur pendidikan. Asyik banget buat siswa-siswa SD untuk mencobanya apalagi misi yang ada di game variasinya cukup banyak jadi nggak bakal bosan. Misi-misi akan segera ditambahkan dalam waktu dekat.

Dalam memainkan game, minimal ada dua misi yang harus dipilih. Jika belum terbiasa dengan mode “Versus Player” mungkin ada baiknya latihan dahulu di mode “Practice”.  Selain menampilkan tampilan game dalam Bahasa Inggris, dalam Speed Battle juga terdapat pilihan bahasa Malaysia, Thailand dan tidak lupa tentunya, bahasa Indonesia.

Beli Memakai Cocoa
Karakter yang bisa digunakan di awal permainan hanya beberapa saja seperti BoBoiBoy, Yaya, Ochobot dan Tok Aba. Gopal, Ying, Fang, Adudu, probe, BoBoiBoy Quake, BoBoiBoy Quake Cyclone dan  BoBoiBoy Thunderstorm adalah para karakter tersembunyi yang baru bisa digunakan dengan membelinya memakai Cocoa dalam jumlah tertentu.

Sebagai sebuah game free-to-play, BoBoiBoy Speed Battle pas sekali untuk menjadi sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengajarkan berbagai macam hal mengenai dunia animasi BoBoiBoy yang dikombinasikan dengan pelajaran yang ada di Sekolah Dasar menjadi sebuah game edukasi yang patut dicoba, terbaik! 

Skor Review
Fun & Gameplay: 3,5/5
Graphic & Effects: 3,5/5
Bebas konten berbayar: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 3,65

Developer: 8Elements
Platform: iOS, Android
Genre: Educational
Price: Free

.