Review Film The LEGO Batman Movie: Film Batman Paling Kocak Sedunia

| Oleh: George | 05 Feb 2017 - 6:07 PM
348
0
review film the lego batman movie

Apa yang kita harapkan ketika nonton film Batman? Batmobile, Batwing, gadget, pertarungan seru, aksi dahsyat dan Batman yang cool serta sangar? Kupaman pastikan semua itu berbeda ketika kita menonton “film Batman” yang satui ini: The LEGO Batman Movie.

Yang jelas, dari detik-detik awal, citra Batman yang cool dan misterius, pupus sudah. Beganti Batman yang bawel, kocak, dan jenaka walaupun tetap sok cool. Makanya penonton bukannya kagum dan terkesan malah tertawa sejak permulaan film. Maklum saja, The LEGO Batman Movie memang dibuat untuk menghibur.

joker di film the lego batman movie

Kisah The LEGO Batman Movie sendiri sebenarnya penuh dengan pesan moral, hanya saja dibalut dalam kemasan komedi yang kental sehingga kita tidak merasa digurui. Sebagai satu-satunya pelindung kota Gotham, Batman Batman/Bruce Wayne yang suaranya diisi Will Arnett seringkali merasa jumawa di tengah puja dan puji warga Gotham tiap kali ia menyelamatkan kota dari aksi para penjahat. Apalagi seakan-akan tak ada satu penjahat pun termasuk Joker dan anak buahnya yang mampu menandingi.

Di balik itu semua kehidupan Batman sendiri sebenarnya sangat monoton dan kesepian, hingga pelayannya yang setia, Alfred (suaranya diisi Ralph Fiennes) merasa prihatin. Namun sikap Batman masih saja jumawa karena merasa sangat diperlukan warga Gotham yang tak berdaya tanpa dirinya yang mampu mengatasi semua masalah sendirian. Makanya dia tak suka dengan Superman yang sebenarnya justru sama-sama superhero dan sama sekali bukan penjahat.

Di tengah rasa jumawa namun kesepiannya, tiba-tiba keadaan berubah. Kepala polisi Gordon pensiun dan jabatannya diambil alih putrinya, Barbara Gordon (suaranya diisi  Rosario Dawson) berbarengan dengan Joker (suaranya diisi Zach Galifianakis) dan seluruh anak buahnya yang bersiasat menyerahkan diri kepada hukum.

Dengan absennya Joker dan seluruh penjahat Gotham, berarti tak ada lagi kejahatan yang mengancam. Peran Batman tak lagi diperlukan, eksistensinya dipertanyakan dan kehidupan pribadinya makin hampa. Untunglah sang remaja yatim piatu, Dick Grayson (suaranya diisi Michael Cera) mulai mengisi kehidupan Batman setelah secara tidak sengaja diangkat Bruce Wayne sebagai anak.

Sementara itu kebosanan dan niat iseng Batman untuk menyingkirkan Joker dan anak buahnya jauh-jauh malah berbuah jadi malapetaka bagi kota Gotham. Joker justru membawa penjahat-penjahat yang lebih buruk untuk benar-benar nyaris membelah kota Gotham jadi dua.

robin dan batman di film the lego batman movie

Di sinilah Batman tersadar bahwa tak semua masalah bisa ia selesaikan sendiri. Dengan bantuan Barbara Gordon yang akhirnya menjadi Bat-Girl, Robin, Alfred dan lain-lain, Batman belajar bahu-membahu mengatasi masalah. Hingga pada akhirnya melibatkan seluruh warga untuk menyelamatkan kota tercintanya. Batman yang tadinya egois telah belajar bekerjasama dan percaya kepada orang lain.

Tentu saja, semuanya berakhir happy ending. Namun bukan itu yang penting. Seluruh cerita di The LEGO Batman Movie ini seakan mengalir ringan dan sepanjang waktu, gelak tawa dari penonton seakan tak ada putus-putusnya. Jalinan aksi dan bumbu komedi seakan jadi perekat kuat alur cerita dari awal sampai akhir film.

Maka ketika Batman yang biasanya cool namun di film ini berubah jadi bawel, suka nyanyi dan nge-rap (walaupun suaranya sumbang) serta main gitar ala rocker justru jadi hiburan segar dan bukan menjadi sesuatu yang ganjil. Hubungan antara pahlawan (Batman) dan penjahat (Joker) yang biasanya digambarkan serius dan mencekam juga bisa menjadi sesuatu yang lucu dan jenaka, bukan dendam kesumat.

Pendek kata, kalau mau menonton film “superhero” namun ingin sangat terhibur dengan komedi disamping aksi, The LEGO Batman Movie adalah film yang tepat. Juga pas banget jadi tontonan bareng keluarga. Maklum walau lucu dan konyol, pesan moralnya sangat positif.

Ah, Kupaman jadi pingin nonton lagi, nih! Film The LEGO Batman Movie akan mulai tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 10 Februari 2017.

Skor: 4/5

Jangan lewatkan juga Trailer The LEGO Ninjago Movie Siratkan Bakal Banyak Mainan Serunya.