Review Film Captain America: Civil War: Seru Tapi Mendalam Tanpa Terasa Mencekam

| Oleh: George | 27 Apr 2016 - 12:55 PM
5490
0
team cap

Captain America: Civil War memang digadang-gadang sebagai film Marvel Cinematic Universe paling akbar. Bagaimana tidak, nyaris seluruh anggota Avengers kecuali Hulk dan Thor hadir di film ini. Gilanya, mereka hadir bukan untuk menghadapi villain berkekuatan super, namun untuk menghadapi satu sama lain alias bentrok!

Walaupun begitu film ini ternyata bukan semata-mata berisi tawuran antar superhero saja. Menariknya kita dibawa kepada berbagai macam peristiwa lampau yang belum pernah kita saksikan sebelumnya dan ternyata menyingkap tabir yang masih tersimpan selama ini. Melalui film ini kisah masa lalu yang kadangkala bahkan tidak diketahui oleh para tokohnya terungkap.

team iron man

Buat apa? Mungkin sebelum menyaksikan filmnya kita menyangka perseteruan antara Captain America dan Iron Man semata dipicu oleh ketidaksepakatan mengenai Sokovia Accords. Nyatanya aturan dari PBB mengenai pembatasan aksi The Avengers itu memang pemicu, namun bukan satu-satunya persoalan yang membuat perseteruan di antara mereka tambah runyam. Pada akhirnya, hal-hal lainlah yang membuat pertempuran di antara Captain America dan Iron Man lebih parah.

Menariknya perbedaan-perbedaan pendapat dan bahkan filosofi hidup antara Captain America dan Iron Man berhasil disampaikan dengan jalinan yang walaupun sedikit serius namun masih mengalir. Rasanya tensi di film ini memang naik pelan-pelan seiring perseteruan yang meruncing walaupun  film ini langsung dibuka dengan aksi The Avengers. Persoalan sebab musabab perseteruan antar dua kelompok superhero ini memang dibahas lumayan mendalam. Walau kadang jadi terasa seperti jeda antar aksi di film ini, untungnya hal itu tidak berlangsung lama.

Persoalan keberpihakan kepada Captain America atau Iron Man ternyata bukan persoalan yang sederhana bagi para superhero. Maklum mereka sudah mengenal dan bertempur bersama sejak lama. Seringkali, mereka sendiri masih merasa galau dengan pilihannya dan justru masih sering beradu argumen di dalam kelompok sendiri. Bahkan pada akhirnya memang ada yang berganti keberpihakan seperti gosip yang didengung-dengungkan selama ini. Tapi apakah yang berganti pihak itu benar Spider-Man? Hmm, kayaknya lebih baik nonton sendiri, deh!

iron man dan war machine

Rasa-rasanya Bucky justru menjadi tokoh yang paling penting di Captain America: Civil War. Melalui Bucky, lah segala kisah baik masa kini dan masa lalu di film ini semua berhubungan dengan si Winter Soldier ini. Buat penggemar film-film Marvel sampai sini pasti sudah menyadari ada yang memancing di air keruh dengan memanfaatkan Bucky sehingga konflik antara Captain America dan Iron Man menjadi-jadi.

Tapi jangan khawatir, film ini enggak bakalan terseret jadi terlalu serius, kok! Buat yang mencari aksi seharusnya enggak bakal merasa Captain America: Civil War mengecewakan. Sebab aksi yang dilancarkan para karakternya baik dari Team Cap maupun Team Iron Man sama-sama dahsyat. Efek khususnya juga luar biasa. Pokoknya, sangat menghibur!

Terlebih lagi, ada banyak kejutan pada pertarungan skala besar antara kedua kelompok superhero ini. Apalagi kehadiran beberapa superhero baru di kancah MCU seperti Black Panther, Ant-Man dan tentu saja Spider-Man ternyata bukan hanya menambah seru pertarungan. Namun memberi warna lain khas Marvel yang selalu mampu menyelipkan hal-hal jenaka bahkan dalam pertarungan sekalipun. Sehingga walau film ini berkisah soal tawuran besar antara dua kelompok superhero, tidak menjadi mencekam dan suram

aksi captain america

Khusus untuk Spider-Man kehadirannya memang terbilang istimewa. Selain merupakan kemunculan perdana Spidey di film MCU, juga sekaligus kemunculan perdana Tom Holland sebagai Peter Parker. Menurut Kupaman yang terpenting dari kehadiran Spider-Man di Captain America: Civil War ini bukanlah semata pada aksinya. Namun berhasil menambah kontras pada film yang disesaki dedengkot-dedengkot superhero ini sehingga tidak jadi membosankan.

Seperti layaknya film lansiran Marvel, ada end credit scene pada Captain America: Civil War. Namun apakah yang terlihat di adegan tersebut menjamin benar-benar pupusnya perseteruan di antara para superhero atau tidak, rasanya belum pasti.

Silakan datang sendiri ke bioskop dan wujudkan dukungan pada Team Cap atau Team Iron Man!

.