Review EMCO Brix Monas: Membangun Kepingan Menjadi Monas

| Oleh: George | 14 Aug 2015 - 1:30 PM
274
0
emco brix special indonesia edition monas

Monumen Nasional alias Monas memang bukan hanya menjadi landmark Ibu Kota. Namun juga jadi kebanggaan Indonesia. Mungkin itu sebabnya yang membuat EMCO sebagai merek mainan lokal ketika membuat mainan konstruksi bertema Indonesia menjadikan Monas sebagai salah satu model andalannya.

Melihat kemasannya memang langsung terbayang ukuran aslinya. Maklum kemasan EMCO Indo Brix Monas ini memang besar. Malah foto yang tampil pada kemasannya diklaim sesuai dengan ukuran aslinya. Namun memang tidak menyertakan informasi berapa jumlah keping EMCO Indo Brix Monas. Sedangkan ketika mencoba, Kupaman juga tidak menghitung lagi. Maklum kepingannya banyak banget, kebayang capeknya kalau harus menghitung dulu, hehehe!

Lagian, juga sudah tidak sabar ingin merakitnya. Maklum tema lokal yang diangkat memang bikin unik, sih! Begitu kemasannya dibuka, Kupaman agak tidak menyangka juga ternyata kotak kardus kemasannya lumayan rapi dan kokoh. Ada semacam pembatas sehingga bisa untuk meletakkan kepingan part setelah kita sobek dari plastiknya. Jadi enggak usah cari-cari wadah penampung part.

Juga tidak disangka-sangka selain kepingan part yang dibungkus dalam beberapa kantong plastik bening dan buku petunjuk, juga terselip sertifikat keaslian. Sertifikat ini rupanya menerangkan nomor urut. Kalau EMCO Indo Brix Monas yang Kupaman coba sih, ternyata nomor urut produksi ke-2045. Baru sadar juga kalau ternyata EMCO Indo Brix Monas ini hanya dibuat sebanyak 3000 unit saja. Wah, eksklusif nih, ceritanya!

emco brix monas

Salah satu hal yang penting pada mainan konstruksi adalah petunjuk perakitan. Apalagi kalau jumlah partnya banyak. Ternyata buku petunjuk EMCO Indo Brix Monas ini cukup oke juga. Bentuknya seperti buku dan bentuk-bentuk part yang tercetak cukup jelas. Begitu juga dengan petunjuk step-step perakitannya.

Oh iya, sebelumnya mainan konstruksi ini bentuk dan ukuran keping-kepingnya memang mirip dengan brikcs LEGO. Nah, petunjuk perakitan yang jelas memang memudahkan kita ketika merakit. Namun memang ketika mulai merakit Monas ini, terasa ada kekurangan yaitu terkadang kita memang harus menekan lebih keras untuk menyatukan part-part-nya.

Kelemahan ini sebenarnya bukan milik EMCO semata namun memang kekurangan khas yang sering mendera mainan konstruksi produksi Tiongkok. Tapi mungkin karena tema lokal Monas yang diangkat EMCO kali ini, membuat jiwa nasionalisme Kupaman berkobar dan tetap semangat merakitnya. Mungkin ketularan semangat ’45 berhubung sudah dekat dengan perayaan 17 Agustus, hehehe!

Sudah ah, bercanda melulu! Tapi kesulitan karena sambungan antar part agak seret tersebut memang hanya terasa ketika merakit bagian dasar dan cawan Monas. Selebihnya tidak terlalu terasa lagi, kok. Makanya dalam waktu relatif singkat sekitar kurang dari satu jam, Kupaman sudah berhasil merakit EMCO Bricks ini. Horee, akhirnya!

pucuk monas emco brix

Setelah jadi, ternyata sosok EMCO Bricks Monas ini lumayan keren juga. Kayaknya setelah jadi memang bagus juga dipajang di meja atau rak lemari belajar di kamar. Seru juga dimainkan jadi diorama kota Jakarta. Apalagi kalau dipadukan dengan EMCO Brix  bertema lokal lain seperti Mini Metro dan lainnya (yang ini bakal dibahas lain kali, yah!) Sosoknya lumayan tinggi, menjulang sekitar 41 cm diukur dari dasar sampai pucuk. Hmm, coba bagian pucuk EMCO Brix Monas ini berwarna emas, yah. Pasti bakal lebih mirip lagi dengan Monas aslinya!

Oh hampir lupa, kita juga mendapatkan empat buah minifigure. Namun keempatnya memang biasa saja dan tidak istimewa. Padahal salah satu dari empat minifigure tersebut ada minifigure polisi Indonesia, loh! Mungkin salah cetak pada bagian wajahnya, jadi bibirnya terlalu pink.

EMCO Indo Brix Monas ini dijual dengan harga Rp 299.900. Kelebihan produk ini memang ada pada temanya yang sangat Indonesia sehingga menjadi unik dan berbeda dengan produk mainan konstruksi lain. Sedangkan kekurangan-kekurangan yang ada menurut pihak EMCO sendiri akan diperbaiki di masa yang akan datang agar si Monas bisa tampil lebih rapi dan enak dirakitnya.

Skor Review
Repeat play/fun: 3.8/5
Perakitan: 3,5/5
Fitur: 3,5/5
Harga: 4/5
Overall: 3,7

Properti: Emway

.