Review EMCO Brix Mini Metro: Jakarta Bingit!

| Oleh: George | 20 Aug 2015 - 6:44 AM
157
0
emco brix mini metro

Buat yang tinggal di Jakarta pasti sudah akrab banget sama yang namanya Metro Mini. Ya, bus sedang yang beroperasi di dalam kota tersebut memang khas Jakarta. Belum lagi warnanya yang mencolok, penumpangnya yang sering penuh sampai bergelantungan di pintu dan pengemudinya kadang suka ugal-ugalan, ehehe!

Nah, Metro Mini yang khas itu kini hadir dalam bentuk mainan konstruksi EMCO Brix Mini Metro. Mungkin sengaja namanya dibalik supaya tidak perlu meminta ijin resmi ke perusahaan bus tersebut. Walau sebenarnya hadir sebagai bagian dari EMCO Brix Indonesia Special Edition, Kupaman merasa Metro Mini, eh Mini Metro ini lebih pas kalau disebut bernuansa Jakarta. Soalnya kan Metro Mini hanya berkeliaran di Jakarta.

stiker custom emco brix mini metro

Apapun itu, tema lokal yang diangkat EMCO memang menggoda. Itu juga yang membuat Kupaman mulai mencoba merakit EMCO Brix Mini Metro ini. Sayangnya lagi-lagi tidak ada keterangan berapa piece jumlah part yang ada dalam EMCO Brix Mini Metro ini.

Proses perakitannya tidak terlalu sulit. Soalnya buku petunjuk yang diberikan memang lumayan jelas soal step-step yang harus dijalani untuk merakitnya. Malah yang Kupaman alami adalah part-part EMCO Brix Mini Metro ini terasa lebih baik dibanding EMCO Brix Monas yang beberapa waktu lalu juga dijajal oleh Kupaman. Terasa lebih snap-fit dan tidak perlu usaha terlalu keras untuk menekan antar part agar menyatu walaupun belum sempurna sekali.

Setelah selesai dirakit, saatnya memanfaatkan stiker-stiker yang tersedia untuk ditempel ke bodi Mini Metro ini. Hal yang memang bikin senyum-senyum adalah ternyata sudah termasuk stiker custom ala Metro Mini betulan. Baik bentuk huruf maupun isi tulisannya memang khas selera awak Metro Mini. Ya, agak-agak dangdut gimana gitu, lah! Jadi benar-benar lucu dan mirip dengan kenyataan di lapangan. Oh iya, selain itu kita juga dapat dua buah minifigure. Nampaknya keduanya pas jika salah satunya bisa berperan sebagai sopir, satunya jadi kondektur.

interior emco brix mini metro

Nah, sekarang mulai bahas bentuk EMCO Brix Mini Metro ini, yuk! Bentuk khas Metro Mini yang ditampilkan dalam EMCO Brix Mini Metro sih rasanya sudah mengena. Sebuah bus sedang dengan kedua pintu di bagian kiri yang memang biasanya selalu terbuka. Malah sang minifigure kondektur bisa ditempatkan di pintu seakan-akan sedang bergelantungan. Mungkin kita akan membayangkan dia berteriak-teriak menyebutkan jurusannya kepada penumpang, “Tanah Abang - Blok M, Tanah Abang - Blok M!” gitu kali yah?

Bisa begitu soalnya di dalam Mini Metro ini juga terdapat ruang yang diisi deretan kursi. Jadi si sopir bisa duduk di belakang setir. Namun dari sini juga kelihatan kalau Mini Metro ini bukan dibuat dalam skala yang benar-benar pas dengan Metro Mini sesungguhnya. Soalnya si Mini Metro hanya punya selajur tempat duduk dengan kursi tunggal berjajar ke belakang.

emco brix mini metro

Sedangkan Metro Mini asli punya dua lajur tempat duduk dengan kursi ganda berjajar ke belakang dan kursi paling belakang biasanya berupa kursi panjang. Tapi memang kalau dibuat dalam skala yang benar-benar pas dengan Metro Mini aslinya, si Mini Metro bentuknya akan jauh lebih besar.

Bagaimanapun si Mini Metro seharga Rp 199.900 ini memang bakalan jadi pajangan yang unik setelah dirakit. Maklum temanya terasa sangat lokal. Walaupun juga memang terasa asik juga dimainkan. Mungkin sambil membayangkan bagaimana si Mini Metro yang disesaki penumpang selap-selip di kepadatan lalu lintas. Atau juga sambil komat-kamit menirukan teriakan khas si kondektur. Pokoknya EMCO Brix Mini Metro ini kalau kata anak jaman sekarang Jakarta bingit, deh!

Properti: Emway

Skor Review
Repeat play/fun: 3.8/5
Perakitan: 3,5/5
Fitur: 3,5/5
Harga: 4/5
Overall: 3,7

.