Review Die-Cast Tomica Toyota Alphard: Cerminan Kemewahan

| Oleh: George | 16 Mar 2017 - 4:18 PM
204
0
review die-cast tomica toyota alphard

Ah, rasanya pasti sudah kenal deh, sama Toyota Alphard. Ya mobil MPV (Multi Purpose Van) buatan Toyota itu memang sudah jadi lambang kemewahan di jalan. Sekarang bagaimana kalau Tomica membuat mobil-mobilan die-cast Toyota Alphard? Apakah kemewahannya masih terpancar? Kita simak aja dulu, yuk!

Pertama-tama, yang Kupaman review ini adalah mainan mobil-mobilan die-cast Toyota Alphard yang dibuat berdasarkan Alphard generasi ketiga yang pertama kali muncul tahun 2015 silam. Berbeda dengan mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard generasi pertama dan kedua yang pada kemasannya diberi angka kode 78, generasi ketiga ini diberi kode 12 pada kemasan kardus khas Tomica.

Salah satu ciri khas Toyota Alphard generasi ketiga adalah grill yang berukuran jauh lebih besar ketimbang generasi sebelumnya.  Untuk itu Toyota meracik bentuk grill sedemikian rupa untuk menegaskan aura mewah pada wajah Toyota Alphard. Nah, pada titik ini terlihat Tomica berkonsentrasi membangkitkan aura mewah Toyota Alphard walau hanya dalam bentuk mainan mobil-mobilan die-cast sepanjang 8 cm.

review mainan mobil-mobilan die-cast tomica toyota alphard

Kalau kita perhatikan, nampaknya Tomica cukup sukses mereplikasi grill besar ini pada die-cast Tomica Toyota Alphard. Walau hanya dalam skala 1: 54, namun grill yang ditampilkan nampak kokoh dan sesuai dengan perwajahan Toyota Aplhard generasi ketiga yang sekilas memang nampak “angkuh” itu.

Asiknya lagi, Tomica tak berhenti dan berpuas diri setelah berhasil menampilkan deretan grill dan logo Alphard. Namun agar nuansanya lebih mewah lagi, ternyata Tomica memberi detail lebih pada sepasang lampu depan dengan menyematkan lampu berbahan mika sehingga makin terkesan mewah seperti mobil aslinya!

Ini merupakan hal yang menggembirakan mengingat die-cast Tomica Toyota Alphard generasi sebelumnya hanya menggunakan lampu yang dicat silver. Perlu kita ingat lagi, mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard yang Kupaman review ini adalah Tomica reguler seharga Rp 59.900 saja, bukan Tomica Premium yang berharga lebih mahal. Wah, rasanya kegembiraan melihat lampu depan mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini serasa dapat bonus aja, hehehe!

Masih soal sektor perwajahan pada bagian depan, sepasang lubang pendingin pada bumper bagian bawah yang diimbuhi dengan lampu kabut juga nampak keren. Soalnya lubangnya dibuat dengan “pahatan” yang dalam dan posisi lampu kabut yang bertengger rapi juga makin mendukung tampang mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini.

fitur pintu dapat dibuka pada die-cast tomica toyota alphard

Selain itu kerapihan cetakan logam die-cast ala Tomica juga cukup menguatkan wibawa mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini. Apalagi pada unit yang Kupaman review ini dilabur warna putih namun dapat terlihat nuansa metalik dibalik warna putih polosnya. Keren!

Salah satu hal lain yang menjadi pembeda dengan mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard terdahulu adalah kali ini fitur pintu yang dapat dibuka masih ada. Namun kali ini pintu yang dapat dibuka adalah pintu belakang alias pintu bagasi. Bukan pada pintu geser di bagian samping seperti dulu.

Terlepas dari perbedaan yang ada, Kupaman ternyata lebih menyukai pintu belakang yang terbuka ketimbang pintu samping. Sebab bagian samping dari mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini jadi terlihat lebih kokoh dan smooth. Namun sebenarnya Kupaman sendiri awalnya nyaris tertipu, loh!

review tomica toyota alphard

Kupaman sempat mengira selain pintu belakang, pintu geser di bagian samping di mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini juga bisa dibuka. Ini gara-gara coakan pintu sampingnya cukup dalam sampai-sampai Kupaman mengira pintu tersebut memang dapat dibuka padahal ternyata enggak.

Fitur lain yang ada pada mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini adalah keempat roda yang menggunakan suspensi sehingga tidak kaku karena ada bantalan pernya. Kalau ada yang patut disayangkan adalah karena versi mobil-mobilan die-cast Tomica Toyota Alphard ini versi reguler, keempat roda yang digunakan adalah roda tipis mirip koin khas Tomica. Kalau rodanya lebih lebar, bakalan lebih muncul nih, nuansa mewahnya!

Simak juga Review Die-Cast Tomica Toyota 86: Kerennya Upgrade!

Properti: Agata Promar

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 3,8

.