Review Die-Cast Tomica Honda Civic Type R: Sportynya Terasa!

| Oleh: George | 19 Feb 2017 - 6:00 PM
313
0
die-cast tomica civic type r

Wah, Kupaman lagi senang banget, nih! Soalnya di meja Kupaman sudah mampir mainan mobil-mobilan die-cast Tomica dengan model Honda Civic Type R. Buat penggemar Honda, Type R memang sebuah kelas tersendiri walaupun basis yang dipakai biasanya diambil dari Civic “biasa.” Namun sejumlah pembeda bakalan segera terlihat karena Type R memang jauh lebih sporty.

Nah, buat Tomica sebenarnya jelas merupakan sebuah tantangan menerjemahkan Honda Civic Type R ke dalam bentuk mainan mobil-mobilan die-cast berskala 1:64. Maklum saja, Honda Civic Type R punya sejumlah ciri sporty. Mulai dari spoiler depan, sayap belakang, grill model sarang lebah, logo H warna merah sampai diffuser belakang dan ujung knalpot 4 laras. Jelaslah bakal lebih banyak detail dan lekukan yang harus ditampilkan ketimbang Civic biasa.

honda civic type r tomica

Sekarang kita tengok saja mobil-mobilan die-cast Tomica Honda Civic Type R ini. Perlu diketahui, model yang diadaptasi adalah Honda Civic Type R generasi keempat era 2015-2016 dengan kode sasis FK2. Jadi bukan Honda Civic Type R tahun 2017 yang baru saja diluncurkan, ya.

Nah, mainan mobil-mobilan Honda Civic Type R buatan Tomica ini dilabur dengan warna putih seperti warna yang disukai kebanyakan penggemar Civic Type R. Rasanya warna ini makin mengentalkan nuansa sportynya saja. Sementara itu bagian wajah seperti grill, spoiler depan, sampai lubang angin samping di bawah lampu dicat hitam.

Kepiawaian Tomica soal cat dapat bisa dilihat pada logo H berwarna dasar merah yang terlihat cukup rapi. Logo ini terdapat pada grill model sarang lebah yang juga dapat ditampilkan dengan cukup baik lubang-lubangnya. Sementara itu spoiler depan di bawah bumper yang menjorok ke luar cukup membantu die-cast ini tampil agresif. Sementara itu lampu depan hanya dicat silver tapi cukup rapi.

review mainan mobil-mobilan die-cast tomica honda civic type r

Sementara itu di sektor belakang, kita bisa melihat sebuah sayap bertengger dengan kokoh di atas bagasi. Walaupun Kupaman merasa bagian samping yang jadi penopang sayapnya agak terlalu tebal, namun berhasil menampilkan lekuk khas ala Civic Type R. Lagi-lagi, logo Honda dan tulisan Civic Type R pada bagian belakang juga perlu mendapat pujian.

Sementara itu pindah ke bawah bumper, kita bisa melihat 4 moncong knalpot yang menonjol beserta bilah-bilah vertikal diffusernya. Hmm, nampaknya walau hanya seri reguler, Tomica memang bertekad menampilkan semua ciri khas Honda Civic Type R pada mobil-mobilan die-cast ini. Makanya tak heran kalau nuansa sporty pada mainan mobil-mobilan die-cast Honda Civic Typer R seharga Rp 59.900 ini langsung terasa.

Apalagi roda yang dipakai juga bukan model koin tipis seperti biasa namun model lebar. Memang tidak menampilkan model velg sesuai aslinya seperti pada Tomica Premium, namun warna merah melingkar yang dilabur pada rim velg rasanya cukup menghibur.

mobil-mobilan die-cast honda civic type r tomica

Fitur khas Tomica yang tidak ketinggalan pada mobil-mobilan die-cast Tomica Honda Civic Type R ini adalah adalah suspensi pada keempat roda yang membuat mobil-mobilan ini terasa empuk jika ditekan dari atas.

Eh iya jangan lupa juga untuk menengok bonnet alias moncong mobil-mobilan die-cast Tomica Honda Civic Type R  ini. Soalnya ternyata kap mesinnya bisa dibuka, loh! Asiknya lagi Tomica berusaha menampilkan ciri khas mesin K20C1 VTEC turbo-nya yang berkepala silinder merah. Coba deh, tengok fotonya. Hal yang juga patut dihargai adalah dalam keadaan tertutup, kap mesin ini cukup rapi dan tidak njengat. Sehingga masih dapat menjadi satu kesatuan yang utuh dengan bagian yang lain.

Simak juga yang tak kalah seru, Review Mainan Die-Cast Tomica FJ Toyota Cruiser Police Car: Versi Polisi Memang Beda!

Properti: Agata Promar

Skor Review
Detail: 4/5
Nilai koleksi: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Harga:3/5
Overall: 3,8

.