Review Blast Fighter: Mainan Robot R/C Jago Bertarung

| Oleh: George | 06 Aug 2015 - 11:38 AM
124
0
blast fighter

Mau jadi pilot robot petarung seperti di film Real Steel atau anime Gundam? Tenang, sekarang ada Blast Fighter. Mainan robot R/C buatan Takara Tomy yang membuat kita bisa merasakan serunya pertarungan robot!

Remote Control
Ya mainan robot setinggi sekitar 12 cm ini bukan cuma bentuknya yang sangar. Namun sejak awal memang dirancang untuk bertarung. Makanya dilengkapi dengan remote control agar kita bisa mengendalikannya.

Blast Fighter ini dijual satuan untuk model BF01 Fuga, BF02 Zinen, BF03 Byakou dan BF04 Kagenin. Tapi ada juga yang dijual sepasang alias Versus Set seperti BF05 Raizin vs Cougai. Karena memang Blast Fighter serunya dimainkan dengan cara diadu untuk bertarung, maka kalau beli Blast Fighter yang satuan, pastikan kita punya lawan alias teman yang punya Blast Fighter juga agar mainnya lebih fun.

fungsi remote control blast fighter

Siap Main
Dalam kemasan Blast Fighter seharga Rp 299.900 ini, selain ada robot Blast Fighter dan remote control-nya, juga ada aksesoris seperti target robot (kertas karton bergambar robot buat latihan bertarung), High Power Gloves (pada model BF01 Fuga dan BF02 Zinen) atau Super Arm Knife (pada model BF03 Byakou dan BF04 Kagenin), dan stiker untuk ditempel pada robot Blast Fighter.

Ketika kita buka kemasannya, Blast Fighter sudah dalam keadaan terakit dan tinggal pasang batere untuk siap dimainkan. Sebuah Blast Fighter membutuhkan 5 buah batere ukuran AAA. Tiga batere untuk robotnya, sedangkan dua batere lagi untuk remote control-nya. Setelah dipasang batere, tinggal geser saklar pada robot Blast Fighter dan remote-nya dari posisi OFF ke A atau B.

Jadi kalau di remote-nya posisi band A, pada robot Blast Fighter-nya saklar harus posisi A juga. Nah, kalau mau bertarung maka masing-masing robot Blast Fighter harus memilih band berbeda. Misalnya Blast Fighter kamu posisi band A, sementara Blast Fighter lawan harus pada posisi band B pada saklar remote dan robotnya.

gerakan blast fighter

Berputar Seperti Tornado
Sekarang, penasaran kan bagaimana caranya Blast Fighter bertarung? Cara memainkannya mudah saja, kok. Pada remote control-nya ada dua tombol dan satu Rolling Gear. Tombol di sebelah kiri jika ditekan akan membuat tangan dan badan Blast Fighter mengayun atau berputar ke kiri. Jadi seperti gerakan memukul dari arah kiri. Sementara tombol kanan jika ditekan akan membuat tangan dan badan Blast Fighter mengayun atau berputar ke kiri. Kalau mau maju bagaimana? Gampang! Tekan tombol kanan dan kiri bergantian.

Asal tau saja, kemampuan dasar Blast Fighter dalam bertarung adalah seluruh tubuh (termasuk kedua tangan tentunya) dapat berputar seperti layaknya putaran angin tornado. Putaran tubuh dan ayunan tangan dahsyat inilah yang diandalkan untuk menjatuhkan lawan. Jadi, Blast Fighter siapa yang K.O akibat dihantam oleh Blast Fighter lawan, dialah yang kalah. Begitu juga siapa yang berhasil didorong ke luar arena yang disepakati juga bisa dikatakan kalah.

lampu led blast fighter menyala tanda tenaga ekstra

Mau Blast Fighter kita lebih dahsyat? Tenang, Rolling Gear pada remote control Blast Fighter juga bukan pajangan. Ternyata kalau Rolling Gear ini kita gerakkan maju-mundur, maka akan memberi Blast Fighter kita tenaga ekstra selama 10 detik! Tandanya lampu LED pada bagian mata dan punggung robot Blast Fighter ini akan menyala. Artinya tenaga ekstra siap digunakan.

Namun menggunakan tenaga ekstra ini harus bijaksana. Jangan sampai keasyikan memutar Rolling Gear, malah memecahkan konsentrasi dalam mengendali robot untuk bertarung. Lagi pula tenaga ekstra yang dibangkitkan dengan putaran Rolling Gear ini tak akan bertahan lama, hanya 10 detik saja. Makanya harus pintar mencari momen yang tepat untuk membangkitkan sekaligus memakai tenaga ekstra ini.

Kalau Rolling Gear memberi kita tenaga ekstra, maka aksesoris High Power Gloves berbeda lagi kegunaannya. Dengan memasang High Power Gloves atau Super Arm Knife pada kedua tangan Blast Fighter kita, maka akan meningkatkan impak alias daya bentur kepada Blast Fighter lawan. Ini artinya pukulan kita jadi lebih berbobot dan dampaknya akan lebih fatal kepada Blast Fighter lawan.

posisi tangan dan channel blast fighter bisa diatur

Ubah Posisi Tangan
Mau sedikit trik? Kedua tangan robot Blast Fighter ini bisa kita ubah-ubah posisinya. Berdasarkan posisi yang kita pilih, nantinya arah pukulan dan posisi memukul Blast Fighter kita akan berbeda-beda. Tinggal sesuaikan saja posisi mana yang paling pas dengan gaya bertarung kita.

Menurut Kupaman, memang perlu sedikit pembiasaan untuk dapat bertarung dengan baik. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan lawan, biasanya kita ingin cepat-cepat memukul atau mendorong lawan ke luar arena. Tapi memainkan Blast Fighter dengan cara diadu memang asik, sih. Pas buat seru-seruan dan memang bikin penasaran kalau Blast Fighter kita sampai di-K.O lawan. Tapi senangnya juga luar biasa kalau bisa menang atas Blast Fighter lain.

Skor Review
Tampilan: 4/5
Pengendalian: 4/5
Repeat Play/Fun: 4/5
Speed/Power: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 4

Properti: Emway