Review Bima-X Mobile Game: Menyatukan Fans Lewat Jurus dan Sosmed

| Oleh: Dante | 12 Jul 2015 - 10:49 AM
384
0
variasi jurus bima x mobile game

Penantian panjang telah berakhir! Akhirnya fans Satria Series di seluruh Indonesia dapat memainkan game mobile Bima-X di smartphone dan gagdet berbasis iOS dan Android. Untuk edisi perdana ini, masih banyak kekurangan di sana-sini, mengenai konten ataupun gameplay. Tapi semuanya itu tidak bisa menutupi keseruan, keasyikan dan luapan kegembiraan para fans yang telah sudah tidak sabar ingin mencoba game fighting free-to-play ini.

Banyak Variasi Jurus
Secara sekilas dari tampilan grafisnya, dapat dilihat bahwa kualitas game ini mirip dengan game Kamen Rider Ryuki dan seri Climax Heroes. Untuk pergerakannya kita hanya akan mengandalkan d-pad dengan empat tombol sentuh utama yang terdiri dari Punch, Kick, EX dan SP.

Walau hanya bertarung dengan pilihan tombol utama yang terbatas jika dibandingkan dengan game-game fighting yang telah terkenal, tapi ternyata variasi pilihan jurus dan skill di game ini cukup banyak juga. Serunya bisa dikeluarkan hanya dengan mengombinasikan antara d-pad dengan tombol Punch dan Kick. 

special attack bima x mobile game

Tombol EX selain berguna untuk mengeluarkan serangan, juga dapat berfungsi sebagai tombol untuk melempar lawan. Sedangkan tombol SP adalah tombol yang baru akan berfungsi jika bar “Spesial Attack” yang terdapat dibagian bawah dari bar nyawa sudah terisi penuh. Spesial attack dari masing-masing karakter juga ada lebih dari satu.

Suara BGM khas seri Satria Garuda Bima-X dan juga suara aktor Christian Loho yang mengisi suara Bima-X Flame Mode semakin membuat suasana battle semakin meriah dan terasa hidup. Para monster yang ada juga diisi dengan suara-suara khas mereka sama dengan seri tivi-nya. Hal yang masih sangat disesalkan adalah suara karakter Satria Garuda Azazel yang tidak menggunakan suara asli dari aktornya yaitu Adhitya Alkatiri. 

Belanja Karakter
Seperti yang sudah dibayangkan untuk sebuah game freemium, Bima-X mobile game hanya menghadirkan beberapa karakter saja yang bisa langsung dimainkan, dan sisanya bisa diunlock dengan dua cara. Cara pertama adalah langsung membelinya dengan harga satuan tiap karakter yang masih terkunci dibandrol dengan harga Rp. 59 ribu.

 

beli karakter bima x mobile game perlu ijin orangtua

Untuk cara yang kedua, bisa meng-unlock karakter-karakter yang tersembunyi seperti Azazel, Iron Mask Reborn dan lainnya dengan menyelesaikan setiap misi yang ada di mode Challenge. Menyelesaikan misi yang ada di mode Challenge sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi jika kita kalah, maka perlu waktu beberapa puluh menit untuk memulihkan stamina sebelum dapat melanjutkan kembali misinya.

Izin Orangtua
Khusus untuk pembelian karakter, Kupaman mengacungi jempol untuk Bandai. Dalam proses pembelian dari tiap-tiap karakter, disematkan sebuah pesan-pesan yang sederhana tapi penting, khususnya untuk para orangtua. Pesan-pesan tersebut seperti apakah gamer yang ingin membeli suatu karakter telah berusia cukup dewasa. Lalu jika ia masih ingin melanjutkan ke tahap berikutnya, maka akan ada muncul pertanyaan seperti apakah orangtua atau wali sudah mengizinkannya.

Bagus banget pesan yang satu ini! Maklum game-game freemium kadang membuat orangtua kecolongan, dengan pilihan-pilihan berbayar yang biasanya secara tidak sengaja dipilih oleh anak-anak.

 

bima x mobile game

Via Sosmed
Satu lagi yang nilai plus dari Bima-X Mobile Game adalah menyatukan para fans untuk berkerjasama melalui fitur request via sosial media. Gunanya untuk memberi bantuan stamina, membuka stage, unlock key dan lainnya yang sangat diperlukan untuk melanjutkan challenge mode. Tanpa bantuan via sosmed, kita masih harus menunggu sangat lama untuk dapat pulih kembali, atau untuk yang memiliki dana berlimpah bisa membeli langsung item yang dibutuhkan di option mode “Shop”.

Skor Review
Fun & Gameplay: 4/5
Graphic: 3/5
Bebas konten berbayar: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 3,7

Developer: Crafts & Meister
Publisher: Bandai Namco Entertainment
Platform: iOS, Android
Genre: Fighting
Rating: T

.