Review Angry Birds 2: Makin Keren Tapi Banyak Konten Berbayar

| Oleh: Dante | 23 Aug 2015 - 7:10 AM
135
0
angry birds 2

Angry Birds pertama adalah sebuah game mobile yang fenomenal karena banyak menarik perhatian publik dengan gameplay sederhana tapi menantang. Pertama kali dirilis untuk gadget berbasis iOS di tahun 2009, game ini berhasil menggabungkan ketiga elemen penting dalam sebuah video game yaitu gameplay yang bikin ketagihan, tampilan lucu dan harga yang cukup murah.

Setelah itu Rovio mulai merilis berbagai game spin-off  dan side-story Angry Birds seperti Angry Birds Space, Angry Birds Star Wars, Angry Birds Transformers, Angry Birds Fight!, Angry Birds Stella POP! dan masih banyak lagi. Sebelum akhirnya merilis sekuelnya yang telah lama ditunggu-tunggu yaitu Angry Birds 2.

mobile game angry birds 2

Seperti game Rovio beberapa tahun belakangan ini, Angry Birds 2 menjadi sebuah game freemium. Yaitu game yang bisa di-download secara gratis pada gadget berbasis iOS dan Android tapi di dalamnya ada in-app purchase (konten berbayar).

Perubahan yang dapat langsung disadari oleh fans adalah di game kali ini tampilan visualnya dan animasinya lebih tajam dan art yang lebih oke. Para burung dan babi juga terlihat jauh lebih hidup. Efek ledakan di tempat para babi berada juga terlihat lebih wah. Bukan hanya kepingan-kepingannya bertebaran, tapi babinya yang terlempar bisa sampai menempel ke layar.

Konsep gameplay-nya masih sama yaitu kita mengetapel burung- burung yang ada hingga merobohkan babi-babi yang lagi berada di tempatnya. Burung-burung yang dapat kita mainkan masih sama dengan tambahan karakter baru bernama Silver. Skillnya juga masih sama dengan tambahan spell yang membuat permainan semakin seru. Tambahan-tambahan item yang ada di area seperti kipas angin, lubang warp dan tanaman yang dapat memakan segala disekitarnya dan memuntahkannya balik, juga menjadikan gameplay lebih bervariasi.

graphic angry birds 2 makin keren

Di antara kelebihan-kelebihan yang sudah Kupaman utarakan, ada hal yang sangat mengganjal di game ini. Yaitu terkesan memaksakan gamer untuk membeli berbagai item untuk melanjutkan permainan. Mengapa? Karena di game Angry Birds 2 ini ada sistem nyawa (sebelumnya juga ada di Angrys Birds POP!) yang jika sudah habis, maka gamer harus menunggu beberapa waktu agar pulih dan dapat kembali bermain.

Walaupun ada solusi kedua untuk memulihkan nyawa dengan menonton iklan, namun paling praktis dan tak perlu menunggu lama memang dengan membeli nyawa menggunakan uang sungguhan. Sistem ini benar-benar sangat mengurangi hype gamer untuk main game bergenre puzzle ini selama berjam-jam seperti game pertamanya.

Ada lagi yang juga menjadi kelebihan sekaligus menjadi kekurangan Angry Birds 2. Yaitu setiap level memiliki dua atau tiga kali misi yang harus diselesaikan. Jika gagal, maka bonus yang telah didapat akan hilang. Struktur bangunan dari para babi juga akan berubah-ubah setiap kali kita mengulang permainan. Jadi tidak ada strategi tertentu yang bisa kita terapkan untuk setiap level. 

angry birds 2

Taktik menggunakan burung tertentu untuk menghancurkan suatu struktur tertentu juga tidak berguna. Karena struktur dan juga burung yang digunakan akan selalu berubah susunannya.

Makanya bagi yang dahulu terbiasa memikirkan strategi yang pas untuk untuk menyelesaikan level dengan menghancurkan berbagai bangunan para babi di Angry Birds 1, mungkin akan sangat frustasi di game ini. Juga melihat tips dan trik di Youtube atau situs internet untuk menyelesaikan level demi level tidak akan bisa membantu lagi.

Angry Birds 2 adalah game terbaik Rovio saat ini. Tapi gameplay-nya sepertinya diatur sedemikian rupa hingga gamer seakan terdesak untuk membeli item dengan uang sungguhan agar dapat melanjutkan permainan. Kupaman merasa hal ini agak menyebalkan. Namun di luar rasa freemium yang telah mengubah Angry Birds tidak terlalu mengasyikkan yang seperti dulu lagi, game ini tetaplah game mobile yang wajib kita download dan mainkan di tahun 2015.

Skor Review
Fun and Gameplay: 4/5
Graphic: 4,5/5
Bebas konten berbayar: 3/5
Harga: 4/5
Overall= 3.9

Developer: Rovio Entertainment
Publisher: Rovio Entertainment
Genre: Puzzle
Platform: iOSAndroid

.