Resident Evil 7: Biohazard: Wajib Dijajal Para Pecinta Survival Horror

| Oleh: Yudi | 25 Jan 2017 - 5:03 PM
552
0
menjajal 15 menit pertama game resident evil 7 biohazard

Tanggal 24 Januari kemarin, akhirnya game Resident Evil 7: Biohazard resmi dirilis. Tak perlu menunggu lama, Kupaman juga langsung menjajal game survival horror yang telah diumumkan sejak event E3 2016 Juni kemarin. Sebagai salah satu pecinta game horror, Kupaman tentu berharap seri terbaru Resident Evil ini mampu memenuhi ekspektasi.

Sebagai awalan, Kupaman hanya bermain selama sekitar 15-20 menit pertama. Durasi ini sebetulnya sama sekali belum memberi gambaran tentang apa yang terjadi dalam rumah keluarga Baker–lokasi utama dalam Resident Evil 7: Biohazard, siapa saja para karakternya, dan bagaimana gameplay sesungguhnya, jadi tak bisa dibilang spoiler.

penampakan menu dan user interface resident evil 7 biohazard

Game dimulai dengan sebuah rekaman video dari Mia–orang sekaligus istri dari Ethan (karakter utama) yang telah menghilang selama tiga tahun dan diduga telah tewas. Video ini yang membuat Ethan akhirnya mengunjungi rumah keluarga Baker. Jujur saja, ketika sampai di lokasi rumah keluarga Baker, aura mencekam bisa langsung dirasakan.

Semakin masuk ke dalam, aura mencekam semakin kuat. Mungkin hal ini disebabkan karena beberapa faktor; yaitu kondisi rumah keluarga Baker yang sudah tua dan tak terurus, serta banyaknya objek mengganggu dan menjjikan–seperti potongan organ tubuh (manusia dan hewan) yang sudah busuk dan ditumbuhi belatung, atau bercak darah dan cairan aneh di lantai dan temboknya.

Dalam 15-20 menit pertama ini, tugas player adalah menemukan keberadaan Mia. Masih terbilang mudah, namun sudah cukup menantang dan sanggup membuat jantung terpacu. Banyak yang berubah di Resident Evil 7: Biohazard jika dibandingkan dengan seri game Resident Evil sebelumnya. Mulai dari akses menu, penggunaan item, observasi item atau file, hingga model “pertarungannya”.

Resident Evil 7: Biohazard cenderung memiliki UI (user interface) layaknya game survival terbaru, seperti Outlast atau The Last of Us. Ethan juga akan lebih banyak menggunakan senjata melee (kapak, pisau) daripada senjata api. Sayangnya, cara observasi item atau file yang baru kurang mendetail. Player bisa melihat item atau file dari berbagai sisi, tapi tak bisa membaca apa yang terdapat dalam file tersebut.

resident evil 7 biohazard mengandung banyak darah dan objek menjijikan

Game ini juga memiliki jump scare yang kuat. Kupaman beberapa kali dibuat kaget karena kemunculan objek yang sangat tiba-tiba di depan mata. Bisa dibayangkan bagaimana jika Resident Evil 7: Biohazard dimainkan dalam mode VR. Mungkin sudah banyak yang melihat berbagai video gameplay dan ikut merasa kaget. Tapi percayalah, kalian akan lebih kaget saat memainkan langsung.

Bagi pemula, tak butuh waktu lama untuk terbiasa dengan kontrol atau mode kameranya. Jalan cerita Resident Evil 7: Biohazard juga linear, artinya player tinggal mengikuti jalannya permainan. Tak perlu khawatir tersesat, karena memang hanya ada satu jalan. Kupaman harus peringatkan bahwa game ini terbilang cukup sadis (violence and gore), dan banyak objek yang mungkin tak nyaman dilihat (disturbing picture).

Jika tak kuat melihat darah atau potongan organ tubuh dan semacamnya, sangat disarankan untuk tak memainkan game ini dalam waktu yang lama. Karena Kupaman yakin, semakin jauh ceritanya, maka akan semakin sadis dan banyak objek mengganggu. Namun bagi pecinta horror, Resident Evil 7: Biohazard adalah sebuah kewajiban untuk dimainkan hingga selesai.

Score: 4/5

Jangan lewatkan juga Inilah 5 Rahasia Mengapa Game Resident Evil 7: Biohazard Jadi Sangat Menyeramkan.