Resensi Star Wars: The Last Jedi – Star Wars Terbaik Era Sekuel Trilogi

| Oleh: Kylo | 13 Dec 2017 - 3:07 PM
593
0
resensi film star wars the last jedi

Dimulai oleh Star Wars: The Force Awakens dua tahun lalu, kini Star Wars sekuel trilogi kembali berlanjut dengan film Star Wars: The Last Jedi. Masih menjadi bagian dari saga keluarga Skywalker, film yang ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson ini sangat berbeda dengan film-film Star Wars sebelumnya.

Rian berani membuat gebrakan di The Last Jedi lewat begitu banyak kejutan yang akan membuat para penggemar franchise film fiksi ilmiah yang telah memasuki usia ke-40 itu, terhenyak. Ceritanya memang sangat menarik dan penuh dengan twist. Beda dengan The Force Awakens yang terkesan "bermain aman."

Cerita The Last Jedi dimulai tak lama setelah Rey (diperankan Daisy Ridley) diperankan bertemu dengan Jedi legendaris, Luke Skywalker (diperankan Mark Hamill) yang sedang mengasingkan diri di Ahch-To.

review film star wars the last jedi

Di The Last Jedi, ada beberapa bagian cerita terpisah yang semuanya akan menyatu di babak ketiga. Ada cerita Rey yang berlatih bersama Luke, Finn (diperankan John Boyega) dan Rose yang pergi ke Canto Bight untuk mencari seseorang, Poe (Oscar Isaac) yang bersitegang dengan pengganti sementara Jendral Leia (diperankan Carrie Fisher) yang bernama Admiral Holdo (diperankan Laura Dern), dan yang terakhir cerita Kylo Ren alias Ben Solo (diperankan Adam Driver) dengan gurunya Supreme Leader Snoke (Andy Serkis).

Bagian favorit Kupaman dari cerita-cerita terpisah yang ada di The Last Jedi, tentu saja adalah bagian dimana Rey berlatih mengenai kekuatan The Force di dalam dirinya yang telah bangkit itu bersama Master Jedi Luke Skywalker.

Luke Skywalker yang porsi penampilannya super minim di The Force Awakens, tampil gemilang di Star Wars Episode VIII, sesuai apa yang telah lama diharapkan para penggemar. Anak dari tokoh jahat Darth Vader itu  benar-benar mencuri perhatian sebagai sosok legenda yang sudah muak dengan beban berat yang diembannya sebagai pahlawan tak tertandingi dan diyakini dapat menciptakan kedamaian dengan mengalahkan The First Order.

ulasan film star wars the last jedi

Tak hanya Luke, hampir semua karakter yang ada di film ini memiliki momen dimana karakter mereka tampil mengesankan. Termasuk Porg, hewan menggemaskan berbentuk burung yang merupakan fauna asli planet Ahch-To.

Durasi yang sangat panjang dari Star Wars: The Last Jedi sempat membuat Kupaman agak bosan, terutama di bagian-bagian tertentu. Tapi babak ketiganya yang dibumbui dengan twist yang sangat mengejutkan, mampu membuat film Star Wars terakhir aktris Carrie Fisher itu begitu berkesan di hati. Jika dibandingkan dengan The Force Awakens, jelas The Last Jedi adalah film Star Wars yang terbaik (untuk saat ini) di era sekuel trilogi dan di eranya Disney.

Sama seperti Star Wars: The Force Awakens, Kupaman sarankan untuk menyaksikan terlebih dahulu film original trilogy-nya kemudian baru The Force Awakens. Ini semua agar feel yang coba dihadirkan dan ditampilkan di film ini terasa mengena.

Score : 4,5/5