Resensi Non Spoiler Film Wonder Woman: Persembahan Film Superhero DCEU Terbaik Untuk Saat Ini

| Oleh: Kylo | 31 May 2017 - 10:25 AM
559
0
resensi film wonder woman

Jika dibandingkan dengan film-film superhero Marvel Cinematic Universe dari Marvel Studios, film-film DC Extended Universe (DCEU) dianggap terlalu dewasa dan kelam, hingga susah untuk dinikmati bagi penonton. Khususnya mereka yang enggak pernah membaca komik bertema superhero.

Dari film perdana DCEU, Man of Steel, hingga ke Suicide Squad, rata-rata tidak mendapatkan respon yang begitu baik dari para kritikus ataupun para penikmat film superhero. Sekarang melalui film keempatnya, Wonder Woman, DCEU mencoba mempersembahkan sebuah film superhero dengan tokoh utama wanita yang nuansanya masih tetap serius namun bisa lebih dinikmati oleh semua golongan.

Wonder Woman adalah film solo yang mengisahkan mengenai asal muasal dari sang Putri Amazon, yang debut pertama kali di MCU lewat film Batman v Superman: Dawn of Justice. Walau merupakan kelanjutan dari film layar lebar yang mempertemukan untuk pertama kalinya karakter Batman dan juga Superman itu, film arahan sutradara wanita Patty Jenkins ini bisa disaksikan oleh para penontonnya tanpa harus menyaksikan film-film DCEU terdahulu.

Jika di Dawn of Justice, Wonder Woman yang mempunyai nama samaran Diana Prince itu telah menjadi sosok yang agak pesimis terhadap umat manusia. Maka di film berdurasi dua jam lebih ini, kita akan melihat Diana yang masih lugu dan apa adanya. Sejak kecil dia tinggal di pulau Themyscira yang tersembunyi dari dunia berkat kekuatan dari dewa Zeus. Di pulau yang sangat indah itu, tinggal kaum Amazon yang seluruhnya ada wanita. Kaum Amazon dibuat oleh Zeus sebagai pelindung dunia dari ancaman Dewa Perang Ares.

Ketika bertemu pilot Amerika bernama Steve Trevor yang pesawat terbangnya jatuh di dekat pulau surgawi itu, takdir memaksa Diana untuk meninggalkan Themyscira menuju kota London untuk menghentikan perang besar (Perang Dunia pertama) yang menurut dirinya disebabkan oleh Dewa Perang Ares.

review film wonder woman

Yang membuat film Wonder Woman menjadi salah satu film DCEU terbaik, menuru Kupaman, adalah karena hampir setiap elemen yang ada di dalam filmnya digarap dengan sangat baik. Mulai dari ceritanya, karakternya, visual efeknya, lantunan musiknya, dan lain-lainnya. Jika banyak yang dahulu pesimis ketika Gal Gadot diumumkan terpilih untuk memerankan sang superhero wanita paling ikonik di dunia, maka film Wonder Woman ini akan membungkam semua nada-nada sumbang itu. Penampilan Gal di film, benar-benar apik banget. Aktris yang populer lewat franchise Fast and Furious itu dapat membawakan karakter Wonder Woman dengan sangat baik.  

Gal sebagai Wonder Woman semakin bersinar dengan penampilan para bintang pendukungnya yang juga nggak kalah cemerlang. Ada Chris Pine sebagai Steve Trevor, Connie Nielsen sebagai Ratu Hippolyta, Robin Wright sebagai Jendral pasukan Amazon bernama Antiope, Lucy Davis sebagai Etta Candy sekretarisnya Steve dan masih banyak lainnya.

Untuk ceritanya masih tetap serius seperti film-film DCEU pada umumnya, Wonder Woman juga menampilkan beberapa adegan yang akan mengundang tawa. Adegan-adegan komedi yang ada tidak terkesan dipaksakan alias alami. Rata-rata adegan “lucu”nya berhubungan dengan Diana Prince yang terkesima dengan berbagai hal yang baru pertama kali dilihatnya atau dianggapnya aneh jika dibandingkan dengan tradisi Amazon dari kampung halamannya. Perumpamaannya boleh dibilang mirip orang yang berasal dari pedesaan ketika baru pertama kali berkunjung ke kota besar.

ulasan film wonder woman

Adegan-adegan aksi yang ada di Wonder Woman benar-benar keren banget. Adegan favorit Kupaman sih ketika di muncul pertama kali sebagai Wonder Woman di medan perang. Apalagi pada saat ketika dia menahan serangan musuh yag bertubi-tubi dengan menggunakan tamengnya, wuih apik banget. Efek slow-motionnya juga membuat beberapa perkelahian yang ada menjadi terasa lebih greget.

Enggak kalah dengan Man of Steel, Wonder Woman juga mempunyai boss battle yang seru. Terutama ketika pada akhirnya Diana Prince mengetahui jati dirinya yang sesungguhnya. Nah, di saat itu pertarungan antara Diana melawan sosok yang selama ini dicari-carinya, jadi terasa antara adegan Superman melawan Jendral Zod.

Sebagai penutup, film Wonder Woman menurut Kupaman untuk saat ini menjadi film terbaik dari DCEU. Sebuah film superhero yang menarik dan juga sangat menghibur, yang bisa dinikmati oleh fansnya DC Comics ataupun Marvel Comics, dan juga untuk para non-fans.

Semoga film DCEU selanjutnya yaitu Justice League, juga dapat menjadi tontonan yang menghibur dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Score: 4,5/5

.