Resensi Non-Spoiler Film Suicide Squad: Seru, Tegang, dan Kocak Jadi Satu!

| Oleh: George | 03 Aug 2016 - 6:00 AM
504
0
death shot dan harley quinn di suicide squad

Kalau biasanya kita menonton film-film DC yang bertema superhero dengan gambaran sosok superhero yang “ideal” seperti Batman atau Superman, bersiap-siaplah menghadapi suguhan yang berbeda pada Suicide Squad.

Jadi, jangan terkaget-kaget kalau kita tidak menemui karakter-karakter yang santun, apalagi rapi. Ya, maklum saja, kali ini yang ditampilkan di Suicide Squad sebenarnya adalah para penjahat kelas kakap. Lihat saja Deathshot dan Harley Quinn yang diringkus oleh Batman atau Captain Boomerang yang dijebloskan ke penjara oleh the Flash. Ya, seperti yang sudah Kupaman sebutkan sebelumnya, selain Batman, Flash memang muncul di film ini!

amanda willer pencetus suicide squad

Mereka direkrut dari penjara-penjara paling ketat untuk menjalankan misi super rahasia dan berbahaya oleh Amanda Willer, agen pemerintah yang juga enggak baik-baik amat karena sifatnya yang oportunis dan kejam. Mereka mau menjalankan misi yang dipimpin oleh Kolonel Rick Flag sama sekali bukan karena kesadaran. Namun lantaran leher mereka telah ditanam bom mikro yang bisa diledakkan dari jauh oleh Amanda Willer dan dijanjikan pengurangan hukuman.

Namun entah mengapa suguhan seperti ini justru terasa lebih segar dan tidak membosankan. Ibarat memberi sedikit sambal pada bubur ayam sarapan pagi kita yang biasanya hanya terasa gurih, kali ini jadi pedas dan anehnya, sangat menyegarkan serta membuat kita lebih bersemangat. Sejujurnya memang banyak yang harus dipuji dari Suicide Squad, namun menurut Kupaman nilai terbesar harus diberikan kepada keberagaman dan keunikan karakter-karakter yang ada di film ini.

Menariknya, banyaknya karakter “jahat” dalam film ini tidak membuatnya jadi suram dan terlalu serius. Justru film ini terasa sangat ringan dicerna berkat humor yang dengan cerdas ditampilkan lewat karakter-karakter yang digambarkan suka bertingkah seenaknya.

enchantress di suicide squad

Berbicara soal karakter, Harley Quinn yang diperankan Margot Robbie rasanya benar-benar mencuri perhatian dan menghibur kita sepanjang film berlangsung. Aksinya yang lebih mirip Barbie nakal sukses mencegah perhatian kita terlalu tersedot kepada Deathshot yang diperankan oleh aktor yang jauh lebih populer dan kawakan, Will Smith. Padahal awalnya Kupaman sempat merasa khawatir Suicide Squad bakal terlalu terpusat pada Deathshot. Untunglah berkat Margot Robbie kekhawatiran Kupaman tersebut tidak terjadi.

Belum lagi menyebut Joker yang kali ini tampil sangat berbeda dan lebih segar. Walaupun Kupaman merasa belum terlalu maksimal, namun Jared Leto mampu membuat kita menyingkirkan sejenak bayangan Joker di The Dark Knight yang dengan sangat dahsyat sukses diperankan almarhum Heath Ledger. Ini berkat kemampuan Jared Leto mengangkat sisi konyol Joker tanpa terlalu kehilangan keangkerannya sebagai villain kelas atas di jagad DC.

Berbicara soal aksi, sutradara David Ayer cukup royal mengumbarnya sejak awal film. Apalagi sepanjang aksi digelar, diiringi lagu-lagu soundtrack yang terasa sangat pas juga diperdengarkan. Walaupun sebenarnya seringkali adalah lagu lawas yang mungkin dirilis sebelum kita lahir, namun terasa sangat klop membantu memompa adrenalin penonton. Hal ini juga ditunjang editing antar adegan yang nampak cukup apik.

rick flag dan death shot di suicide squad

Hal lain yang perlu diberi catatan adalah kejelian sutradara mengatur alur penceritaan latar belakang masing-masing karakter Suicide Squad yang  memang belum banyak dikenal. Alih-alih membosankan, malahan justru menjadi keseruan tersendiri di film ini.

Selanjutnya bagaimana detail petualangan Deadshot (Will Smith), Diablo (Jay Hernandez), Harley Quinn ( Margot Robbie), Captain Boomerang (Jai Courtney), Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje) yang dipimpon Kolonel Rick Flag (Joel Kinnaman) dalam membendung kekuatan magis Enchantress (Cara Delevingnes) sudah bisa kita saksikan di bioskop mulai hari ini.

Oh iya, sebelum film benar-benar berakhir, ternyata di Suicide Squad ini juga diperlihatkan mid credit scene yang sangat menarik. Makanya jangan terburu-buru pulang, ya!

Skor Review: 4/5

.