Resensi Film The Mummy: Awal Yang Baik Untuk Dunia Sinematik Dark Universe

| Oleh: Kylo | 07 Jun 2017 - 11:04 AM
535
0
resensi film dark universe the mummy

Untuk kesekian kalinya film The Mummy direboot. Berbeda dengan ketiga film The Mummy sebelumnya yang dibintangi oleh Brendan Fraser sebagai Rick O'Connell. Film The Mummy kali ini akan berbeda dengan para pendahulunya, karena selain menampilkan kisah yang sama sekali baru juga akan menjadi film pertama dari Dark Universe.

Dark Universe adalah dunia sinematik yang dibuat oleh Universal Pictures yang akan menghadirkan kembali film-film monster mereka seperti The Mummy, The Invisible Man, Bride of Frankenstein, dan lain-lainnya dalam satu dunia yang sama. Dunia dimana dewa-dewa dan berbagai macam monster itu ada. Itulah benang merah yang akan menyatukan film-film dari Dark Universe. Mirip-mirip dengan Marvel Cinematic Universe atau DC Extended Universe, tapi bedanya tidak menggunakan tema superhero.

The Mummy versi terbaru ini bercerita mengenai seorang tentara bernama Nick Morton (diperankan oleh Tom Cruise) yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai penjual barang-barang-barang antik yang diambilnya langsung (tanpa izin tentunya) dari lokasi bersejarah tempat benda itu berada. Barang-barang tersebut kemudian dijualnya dengan harga tinggi kepada yang berminat.

review film the mummy

Perburuan “harta karun” berikutnya menghantarkan Nick dan sahabatnya Vail (diperankan Jake Johnson) kepada makam tersembunyi dari Putri Ahmanet (diperankan Sofia Boutella) alias the Mummy. Jika kedua film The Mummy dari Brendan Fraser karakter the Mummy-nya adalah Imhotep yang merupakan seorang pria, maka The Mummy kali ini tokoh antagonis adalah seorang wanita.

Karena perbuatannya di masa lalu, Putri Ahmanet dikubur hidup-hidup di suatu wilayah yang jauh dari Mesir. Namun, karena ulah Nick Morton akhirnya ia terbebas dari kurungannya. Walau masih dalam bentuk the Mummy, Putri Ahmanet mempunyai kekuatan magis yang diperolehnya dari Dewa Mesir kuno. Nah, sekarang Nick dibantu Jenny Halsey (diperankan oleh Annabelle Wallis) dan Dr. Henry Jekyll (diperankan Russell Crowe) harus memikirkan cara untuk dapat mengurungnya kembali, sebelum Dunia dilanda kekacauan dan bencana kehancuran.

Jika membandingkan dengan film-film The Mummy era Brendan Fraser, The Mummy-nya Tom Cruise kisahnya lebih serius dan dewasa. Karen ini adalah sebuah film asal muasalnya, Kupaman jadi teringat dengan film Man of Steel dan juga Batman Begins, yang nuansanya juga tak terlalu berbeda.

ulasan film dark universe the mummy

Unsur-unsur petualangan yang ada di dalam film berdurasi 100 menit lebih ini, masih menegangkan dan seru banget. Beberapa adegan yang menegangkan dari film The Mummy beberapa telah terlihat di trailernya, seperti ketika pesawat terbang yang ditumpangi Nick dan Jenny akan jatuh. Atau pada saat, mereka berdua melarikan diri dari kejaran belasan, atau mungkin puluhan mayat hidup yang dibangkitkan oleh Putri Ahmanet di gorong-gorong kota London, Inggris.

Unsur komedinya juga ada, namun enggak sebanyak pendahulunya. Sayangnya ada beberapa adegan yang harusnya bernuasa komedi, namun entah kenapa malah menjadi terasa “garing.”

Walau penampilannya sebagai Nick Morton, sudah oke, tapi performa Tom Cruise di film The Mummy ini kerasa enggak maksimal. Entah kenapa terasa ada yang kurang. Seharusnya aktor yang sudah berusia lebih dari setengah abad itu cocok banget dengan genre film ini. Apalagi Tom sudah terkenal sebagai aktor laga yang handal dengan jejeran film-film berkualitas yang dibintanginya seperti serial Mission: Impossible, serial Jack Reacher, dan lain-lainnya.

Selain unsur aksinya yang tergarap cukup baik, twist di bagian ketiga dari film membuat Kupaman merasa bahwa The Mummy adalah sebuah awal yang baik untuk film-film Dark Universe selanjutnya.

Jika dikomparasi dengan film-film The Mummy garapan Stephen Sommers, The Mummy dari Dark Universe masih menghibur dan menyenangkan. Enggak seheboh generasi sebelumnya, tapi masih menjadi sebuah tontonan yang menarik.

Score: 3,5/5

Wah, ternyata Film Perdana Dark Universe, The Mummy, Akan Dibuat Menjadi Video Game Bergaya Jadul.

.