Resensi Film Resident Evil The Final Chapter: Kisah Pamungkas Yang Masih Asik Buat Seru-Seruan

| Oleh: Kylo | 25 Jan 2017 - 1:46 PM
575
0
resensi film resident evil the final chapter

Kayaknya sudah jadi rahasia umum, franchise film Resident Evil sejak awal pertama kali dirilis pada tahun 2002 hingga di film pamungkasnya yang telah bisa disaksikan mulai dari hari ini, masuk ke kategori "Guilty Pleasure.” Maksud dari kategori unik tersebut adalah film-filmnya menawarkan aksi yang seru dan gila-gilan dengan banyak ledakan disana-sini namun minim pengembangan di sisi cerita. Namun walau ada nilai minus di sisi cerita, karena keseruannya para penontonnya tetap dapat menikmati tayangannya dari awal hingga akhir.

Franchise yang sudah berusia 15 tahun ini merupakan adaptasi dari game survival horror Resident Evil yang kebetulan game terbarunya, Resident Evil 7:Biohazard, telah rilis dalam waktu berdekatan dengan film layar Resident Evil: The Final Chapter. Bagi para fans, pasti sudah mengetahui bahwa film Resident Evil ini sama sekali berbeda dengan apa yang terdapat di dalam gamenya. Bahkan tokoh utamanya, Alice (Milla Jovovich), adalah sebuah karakter baru yang diciptakan khusus.

Pada film pertamanya, Resident Evil, film arahan sutradara  Paul W. S. Anderson itu mungkin masih lumayan kental nuansa game Resident Evil-nya. Tapi kemudian ceritanya makin berkembang dan berkembang lewat sekuelnya yang makin menjauhkan franchise movie game terlaris yang pernah ada itu jauh dari sumber aslinya, yaitu video game Resident Evil produksi Capcom. Tentu saja film Resident Evil: The Final Chapter bukanlah pengecualian.

review film resident evil the final chapter

Tahun ini, di film keenamnya petualangan Alice melawan Umbrella dan pasukan monster undead-nya memasuki babak akhir. Seperti film-film  Resident Evil pendahulunya, Resident Evil: The Final Chapter kembali mengandalkan aksi-aksi memukau dari Alice yang dilakukannya untuk bertahan hidup di sebuah dunia yang populasi manusianya memasuki ambang kepunahan.

Selain Alice, film keenam Resident Evil ini juga menghadirkan beberapa karakter tambahan lama dan baru. Ada beberapa karakter lama seperti Claire Redfield (Ali Larter), Albert Wesker (Shawn Roberts), Dr. Alexander Isaacs (Iain Glen). Lalu ada beberapa karakter baru yang debut di film ini seperti Eoin Macken (Doc), William Levy (Christian) dan Ruby Rose (Abigail).

Sayang, banyaknya karakter menarik yang ditampilkan di film berdurasi 100 menit lebih itu tampil bak figuran saja. Banyak yang hanya muncul sebentar dan kemudian mati seketika. Bahkan karakter veteran yang sudah beberapa kali muncul di filmnya dan mampu membuat Alice yang tangguh menjadi kerepotan hanya terlihat sebagai karakter lemah yang tidak ada gunanya. Sekali lagi, sangat disayangkan karakter-karakter dari video game itu dibuat terlihat sangat tidak berdaya di film Resident Evil: The Final Chapter.

mila jovovich sebagai alice di film resident evil the final chapter

Namun tetap saja, buat para penonton yang ingin mencari film seru yang dibumbui aksi laga dan penuh ledakan di sana-sini maka Resident Evil: The Final Chapter adalah film yang masih dapat menghibur.

Secara keseluruhan dari seluruh film Residen Evil yang ada, Resident Evil: The Final Chapter adalah film penutup yang cukup oke dengan beberapa minus di sana-sini. Filmnya terkesan terburu-buru dan ingin menghabisi semua karakter yang ada di dalam film termasuk Alice. Padahal jika durasinya diperpanjang sedikit, mungkin karakter-karakter pendukung yang ada bisa mempunyai lebih banyak peranan yang berarti dibanding hanya sebagai “pemanis.”

Seperti yang Kupaman telah bilang di awal, franchise film Resident Evil memang masuk kategori “Guilty Pleasure,” dan Resident Evil: The Final Chapter bukanlah pengecualian. Bagi yang telah menyaksikan Resident Evil dari pertama pasti bakal penasaran dengan apa yang akan terjadi dengan kisah terakhir Alice ini. Walau enggak terlalu memenuhi ekspektasi, namun Resident Evil: The Final Chapter tetap patut ditonton di layar lebar. Ya, minimal memenuhi rasa penasaran dan buat seru-seruan.

Score: 3/5

Nah, untuk game Resident Evil terbaru yaitu Resident Evil 7: Biohazard sendiri, Kupaman sudah mencobanya. Simak aja di Resident Evil 7: Biohazard: Wajib Dijajal Para Pecinta Survival Horror.