Resensi Film Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge: Karisma Johnny Depp Sebagai Jack Sparrow Belum Pudar

| Oleh: Kylo | 24 May 2017 - 1:31 PM
552
0
resensi film pirates of the caribbean salazars revenge

Siapa yang akan menyangka, film layar lebar yang diadaptasi dari wahana bernama sama yang terdapat di tempat hiburam Disneyland, bisa menjadi franchise besar yang telah meraup pemasukan lebih dari 3 miliar Dollar di seluruh dunia.

Film pertamanya Pirates of the Caribbean: Curse of the Black Pearl yang dirilis pada tahun 2003, menjadi salah satu film terbaik di tahun itu yang lucu, seru dan menghibur. Empat belas tahun kemudian, film kelimanya, Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge, dirilis. Disutradarai oleh Joachim Rønning dan Espen Sandberg, film yang masih menampilkan aktor Johnny Depp sebagai Kapten Jack Sparrow itu menjadi semacam soft-reboot dari franchisenya. Naskahdan tonenya nampak terinspirasi dari filmnya yang pertama.

Kisah film yang di Amerika Serikat berjudul Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales itu mengisahkan mengenai Kapten Jack Sparrow yang kali ini harus berhadapan dengan Kapten Armando Salazar (diperankan oleh Javier Bardem) dari angkatan laut Spanyol, yang menginginkan dirinya untuk dihabisi. Sama seperti musuh-musuh Jack sebelumnya, Kapten Salazar bukanlah orang biasa. Dia bersama para awak kapalnya adalah hantu. Untuk meloloskan diri dari Kapten Salazar, satu-satunya cara adalah dengan menemukan artefak paling legendaris, yaitu tongkat trisula dewa laut Poseidon. Dalam pencariannya artefak yang konon memiliki kekuatan yang tidak terbayangkan itu, Jack dibantu oleh Carina Smyth (diperankan oleh Kaya Scodelario) dan Henry (diperankan oleh Brenton Thwaites).

review film pirates of the caribbean salazars revenge

Pada dasarnya, Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge masih menggunakan resep yang sama dengan film-film pendahulunya. Yaitu di bagian pertama kita akan melihat aksi pembuka yang heboh dan super kocak, lalu diikuti dengan bagian kedua yang merupakan proses perburuan harta karun dan yang terakhir ditutup dengan bagian pamungkas alias klimaks dimana terdapat perang besar di lautan.

Kalau kamu penyuka film Pirates of Caribbean 1, 2 dan 3, maka Salazar’s Revenge dijamin akan membuatmu keluar bioskop dengan puas. Petualangan Jack Sparrow kali ini, Kupaman bilang bisa menjadi salah satu petualangan terbaiknya diantara seluruh film-film Pirates of the Caribbean yang ada.

Memang untuk masalah akting dan penokohan, karakter yang Kapten Hector Barbossa (diperankan oleh Geoffrey Rush) dan Kapten Salazar terlihat lebih menonjol jika dibandingkan sang aktor utama. Walau karakternya selalu terlihat nyeleneh, namun enggak bisa dipungkiri karakter Kapten bajak laut yang selalu sial dan sering diburu oleh berbagai pihak itu, memang daya tarik utama dari filmnya.

Karisma Johnny Depp sebagai Kapten Jack Sparrow masih belum memudar. Ia masih berhasil menampilkan tokoh yang diperankannya itu, sebagai karakter disukai oleh penonton. Kehadiran karakter Henry dan Carina juga menjadi tambahan yang bagus di dalam cerita. Walau sekilas mereka terlihat seperti pengganti dari sosok Will Turner (diperankan oleh Orlando Bloom) dan Elizabeth (diperankan oleh Keira Knightley), namun keberadaan kedua tokoh tersebut menjadi bagian cerita yang paling menyentuh di dalam film.

ulasan film pirates of the caribbean salazars revenge

Secara visual, Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge benar-benar spektakuler dan memukau. Keren abis, mulai dari scene-scene yang melibatkan Kapten Salazar dan para anak buahnya, hingga pertempuran terakhir dalam memperebutkan tongkat Poseidon. Diiringi dengan lagu theme song “He's a Pirate”-nya Klaus Badelt dan Hans Zimmer, membuat Salazar’s Revenge tak kalah seru dan mengasyikkan jika disandingkan dengan para pendahulunya.

Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge menjadi konklusi yang memuaskan dari kisah keluarga Turner. Sedangkan untuk kisah Jack, sepertinya masih jauh dari kata “berlabuh." Masih banyak petualangan seru di lautan sana yang bisa dijadikan kisah menarik lainnya, itu jika Johnny Depp yang saat ini telah berusia 53 tahun masih bersedia. Kabarnya sih bakal ada film keenam, namun itu semua tergantung dengan seberapa besar pemasukan yang di dapat oleh Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge.

Oh ya, film berdurasi dua jam lebih ini ternyata juga memiliki sebuah adegan post-credit scene, loh. Jadi jangan buru-buru keluar dari studio setelah filmnya berakhir, ya!

Score: 3,5/5

Sementara itu Johnny Depp dan Javier Bardem yang berperan sebagai sebagai Kapten Jack Sparrow dan Kapten Salazar di film Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge ini akan bergabung dengan Russell Crowe, Sofia Boutella, dan Tom Cruise di dunia sinematik Dark Universe. Simak berita selengkapnya di Universal Pictures Umumkan Dunia Sinematik Dark Universe Yang Berisi Dewa-Dewa dan Para Monster.