Resensi Film Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016 - Serunya Petualangan Ke Ribuan Tahun Lalu

| Oleh: Kylo | 24 Feb 2017 - 6:00 AM
584
0
resensi film doraemon birth of japan 2016

Setelah dua tahun lalu dihibur dengan Doraemon: Nobita's Space Heroes, akhirnya Doraemon kembali hadir ke bioskop-bioskop Indonesia lewat film terbaru Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016. Sesuai dengan namanya, seharusnya film ini memang tayang di tahun lalu namun baru bisa ditayangkan secara resmi lewat bioskop XXI pada tahun 2017. Secara internasional, pada Maret 2017 nanti akan diputar film ke-37 Doraemon, Petualangan Besar di Antartika Kachi Kochi.

Film ke-36 dari franchise Doraemon ini adalah remake dari film berjudul sama yang dirilis pada tahun 1989. Bagi yang sudah pernah menonton versi 1989-nya masih akan bisa menikmati versi 2016-nya yang overall enggak kalah menghibur jika dibandingkan dengan pendahulunya. Kupaman sendiri mendapat kehormatan untuk menyaksikan filmnya beberapa waktu lalu di Cinema XXI, Lippo Mall Puri yang terjadi atas kolaborasi Lippo Mall Puri dan PT. Berkat Animasi International Indonesia sebagai pemegang lisensi karakter robot kucing biru yang sangat populer di dunia itu.

film doraemon birth of japan 2016

Kisah dari film ini masih sama dengan film aslinya yaitu mengenai Nobita yang ingin kabur dari rumahnya dan berniat hidup bebas dan mandiri dikarenakan  selalu dimarahi oleh sang ibu ketika berada di rumah. Ternyata selain Nobita, Shizuka, Giant dan juga Suneo juga memiliki niat yang sama. Alhasil keempatnya kabur dari rumah dan pergi ke Jepang di masa 70 ribu tahun yang lalu. Wilayah Jepang yang saat itu masih belum ada penghuninya diubah menjadi lebih indah dan asri oleh Doraemon bersama Nobita dan kawan-kawannya dengan menggunakan alat-alat ajaibnya Doraemon.

Cerita yang awalnya biasa berubah menjadi seru ketika mereka bertemu dengan bocah dari masa prasejarah bernama Kukuru yang orang-orangnya dari suku Hikari yang diperbudak oleh seorang penyihir kuat, Gigazombi si Raja Roh. Lalu dimulailah petualangan besar Doraemon, Nobita dan teman-temannya bersama Kukuru untuk menyelamatkan suku Hikari dari penyihir Gigazombi yang mampu mendatangkan Badai dan Halilintar dengan sekehendak hati.

Dari sekelumit ulasan di atas, kita rasanya sudah bisa menebak nuansa film ini. Jika film Stand by Me Doraemon di tahun 2014 dirasa terlalu berat dan tidak terlalu cocok untuk anak-anak, maka Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016 kembali menghadirkan suasana familiar ala film-film Doraemon pada umumnya yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

doraemon di film doraemon birth of japan 2016

Menurut Kupaman, Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016, seru banget. Apalagi ketika sudah mulai memasuki bagian akhir dimana Doraemon, Nobita dan kawan-kawannya berhadapan dengan Gigazombi dan para anak buahnya dari suku Kurayami. Masing-masing karakter utama memiliki momen spesialnya yang sanggup membuat penonton menjadi terharu sekaligus terhibur. Momen tersebut diantaranya ketika Doraemon duel melawan Gigazombi atau ketika Nobita menyerbu markas Gigazombi dengan bala bantuan tiga hewan ajaib yang dibuat yaitu kuda Pegasus, Naga dan Griffin. 

Ada beberapa adegan di film ini yang tidak ada atau diubah dari versi original alias manganya. Namun hal itu tak membuat cerita menjadi tidak menarik. Sebaliknya, penambahan adegan seperti adanya ilusi yang menampilkan ayah dan ibu Nobita ketika Nobita tersesat sendirian di saat Badai Salju justru merupakan scene yang keren.

Dari awal hingga ke akhir cerita hingga ke bagian creditnya, Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016, adalah sebuah remake yang indah dan menyentuh. Sebuah tontonan bermutu yang sangat sayang untuk dilewatkan fans. Juga bagi para orang tua yang ingin menghabiskan waktu bersama putra atau putrinya dengan menyaksikan sebuah film. Maklum selayaknya film Doraemon lainnya, film Doraemon: Nobita and the Birth of Japan memang menghibur dan seru sekaligus mendidik dan penuh teladan.

Score: 4/5

Simak kabar mengenai film Doraemon selanjutnya di Judul Film Petualangan Doraemon Ke-38 Telah Diumumkan.

.