Resensi Digimon Adventure tri Part 4 Sōshitsu: Menyisakan Banyak Misteri dan Tanda Tanya

| Oleh: Yudi | 27 Feb 2017 - 4:14 PM
807
0
pertemuan digidestined dengan machinedramon

Lanjutan film Digimon Adventure tri. akhirnya mencapai bagian keempatnya yang berjudul Digimon Adventure tri. Sōshitsu. Seperti tertulis dalam sinopsis dan muncul di trailernya, bagian keempat ini menceritakan nasib para Digimon yang sama sekali kehilangan ingatan setelah event reboot di Digimon Adventure tri. Kokuhaku. Selain itu, bagian keempat ini juga menyoroti Sora dan Biyomon.

Digimon Adventure tri: Sōshitsu kembali terbagi atas empat episode, yaitu episode 14–17. Bagian keempat ini bisa dibilang cukup berbeda dibanding tiga cerita Digimon Adventure tri sebelumnya. Rangkaian episode di bagian keempat ini diawali oleh flashback tentang Digidestined (anak terpilih) sebelum Taichi dan lainnya beserta kejadian penting masa lalu.

Flashback ini kemudian menjadi penting terhadap keseluruhan cerita di Digimon Adventure tri. Sōshitsu, bahkan mungkin di Digimon Adventure tri. Sosok-sosok misterius seperti Himekawa Maki, Daigo Nishijima, dan Gennai satu-per satu mulai terkuak asal-usulnya. Dalam flashback ini turut muncul beberapa Digimon yang sebetulnya tak baru, namun sangat jarang terlihat.

biyomon berevolusi menjadi phoenixmon dalam digimon adventure tri sōshitsu

Kembali ke cerita utama, di mana Taichi dan lainnya kembali ke Digital World dan menemui para Digimon partner mereka. Mereka cukup kesulitan untuk membantu para Digimon mengingat semua hal yang pernah dijalani bersama dan meyakinkan bahwa mereka adalah partner. Hal sama juga dialami oleh Sora dan Biyomon. Biyomon yang saat itu masih menjadi Yokomon bersikap dingin kepada Sora.

Masa-masa sulit antara Sora dan Biyomon ini berlangsung hingga di penghujung cerita. Keadaan makin dipersulit dengan kemunculan Machinedramon dan MetalSeadramon. Tanpa basa-basi, mereka langsung menyerang Taichi dan para Digimon. Pertemuan pertama dengan Machinedramon ini sukses membuat Taichi dan lainnya saling terpisah dan terdampar di lokasi yang antah-berantah.

Jelang akhir cerita, terjadi keajaiban yang membuat para Digimon berevolusi ke level Mega. Sora dan Biyomon yang memang menjadi sorotan utama di bagian keempat ini akhirnya muncul memberi harapan. Biyomon berevolusi menjadi Phoenixmon dan melawan Machinedramon bersama dua Digimon Mega lainnya. Momen bahagia ini tak berlangsung lama karena Gennai akhirnya mengungkap sebuah rahasia mengejutkan.

misteri tentang gennai nishikawa dan meicoomon

Meicoomon yang diduga menjadi penyebab kekacauan ternyata benar adanya. Namun kejadiannya tak sesederhana itu. Semua kekacauan tersebut memang sudah direncanakan dan dikehendaki oleh sosok yang masih misterius. Event reboot di Digimon Adventure tri. Kokuhaku pun ternyata memiliki penjelasan yang cukup rumit dan ternyata membawa dampak sangat besar pada Digital World.

Tinggal menyisakan dua bagian lagi, cerita di Digimon Adventure tri. Sōshitsu justru memberikan lebih banyak tanda tanya. Secara keseluruhan plotnya masih cukup menarik, namun agak membosankan karena terlalu banyak dialog. Apalagi akhir cerita yang sangat menggantung dan misterius. Bagian terbaik di episode kali ini adalah ketika para Digimon akhirnya mampu berevolusi.

Skor: 3/5

Simak juga kabar terbaru, Digimon Adventure tri. Dapatkan Adaptasi Live-Action Stage.

.