Review LEGO Ninjago Airjitzu Flyer: Ninjago Baru Khusus Pertarungan di Udara

| Oleh: George | 06 Sep 2015 - 7:00 AM
457
0
lego ninjago airjitzu flyer

Walau masih mengusung nama Ninjago, tapi rasanya boleh dibilang LEGO Ninjago Airjitsu merupakan mainan yang benar-benar baru. Soalnya secara bentuk memang sangat berbeda dengan LEGO Ninjago sebelumnya.

Pasti ingat deh, kalau LEGO Ninjago sebelumnya yang bertema Spinjitsu bentuknya berupa mainan spinner yang mirip gasing. Nah, kali ini LEGO Ninjago Airjitzu Flyer secara umum bentuknya mirip baling-baling atau flyer. Secara prinsip, LEGO Ninjago Airjitzu Flyer bisa terbang karena mendapat tenaga putaran dari tarikan rip cord.

lego ninjago airjitzu flyer

Namun tentu saja bukan LEGO namanya kalau hanya menyajikan mainan baling-baling biasa. Nuansa mainan konstruksi khas LEGO pada LEGO Ninjago Airjitzu Flyer masih cukup terasa. Soalnya memang masih dibutuhkan proses perakitan yang mengasyikkan dengan part-part LEGO.

Selain itu LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini juga punya fitur unik. Yaitu adanya semacam kapsul bening pada bagian tengah baling-baling. Nah, kapsul ini bisa dibuka tutup. Gunanya untuk memasukkan minifigure LEGO yang memang disertakan dalam paket pembelian LEGO Ninjago Airjitzu Flyer.

Maklum tiap LEGO Ninjago Airjitzu Flyer memang punya tema tertentu menurut karakter minifigure yang menyertainya. Misalnya 70739 Airjitzu Kai Flyer, 70740 Airjitzu Jay Flyer, 70741 Cole Flyer, 70743 Airjitzu Morro Flyer, 7044 Airjitsu Wryath Flyer, dan 70742 Airjitsu Zane Flyer.

lego ninjago airjitzu flyer bisa terbang

Nah kalau begitu bagaimana kesan-kesan LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini ketika dimainkan? Seperti yang sudah diuraikan di atas, mainan ini sedari awal memang dirancang untuk terbang. Menerbangkannya mudah saja, pasang baling-baling pada pegangannya (yang juga berfungsi sebagai pelontar). Lalu masukkan rip cord pada lubang yang ada, tarik rip cord dan LEGO Ninjago Airjitzu Flyer akan terbang ke udara.

Satu hal yang ingin Kupaman sampaikan bahwa sebelumnya Kupaman sudah banyak mencoba mainan yang ber-rip cord, namun pengoperasian LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini rasanya sangat mulus. Mungkin karena memang material plastik yang LEGO pakai memang terkenal istimewa.

Mungkin ada pertanyaan, seberapa tinggi LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini dapat terbang? Kupaman menjawab cukup tinggi, tergantung kekuatan kita menarik rip cord. Kalau kuat menarik rip cord-nya, baling-baling LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini bisa kok terbang lebih tinggi dari atap rumah satu lantai.

baling-baling lego ninjago airjitzu flyer

Makanya kita juga bisa memainkan LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini dalam adu tinggi terbang. Juga bisa saling beradu seperti bertarung di udara. Silakan bikin aturan sendiri, misalnya siapa yang LEGO Ninjago Airjitzu Flyer-nya jatuh duluan setelah benturan di udara, dia yang kalah.

Pokoknya jangan takut mengembangkan variasi permainan sendiri. Juga jangan terlalu takut LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini bakal mudah rusak kena benturan. Rasa-rasanya bahan plastik yang digunakan mirip dengan yang dipakai untuk membuat bricks LEGO yang terkenal tangguh.

Kupaman sendiri sudah mencoba menarik rip cord sekuat-kuatnya dan dengan sengaja membenturkan LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini beberapa kali ke plafon rumah. Ternyata bagian kapsul bening pada bagian tengah baling-balingnya juga cukup kuat menahan benturan. Malah tetap mulus tanpa retak sedikit pun!

minifigure lego ninjago airjitzu

Rasanya hal ini memang sejalan dengan niatan LEGO yang konon menciptakan LEGO Ninjago Airjitzu Flyer seharga Rp 199.900 ini agar anak-anak bermain dan beraktivitas bebas di luar ruangan. Maksudnya tentu agar anak-anak mengalami aktivitas fisik dan menghirup udara segar yang menyehatkan, tidak melulu tinggal diam dalam ruangan.

Oh iya, setelah capek bermain di luar ruangan atau ketika kondisi cuaca tidak memungkinkan memainkan flyer-nya, minifigure yang terdapat dalam paket pembelian LEGO Ninjago Airjitzu Flyer ini ternyata juga cukup mengasyikkan untuk dimainkan. Sebab memang dilengkapi dengan banyak aksesoris yang berbentuk senjata.

Properti: PT. ALJ

Skor Review
Repeat play/fun: 4/5
Perakitan/petunjuk: 4/5
Fitur: 4/5
Harga: 4/5
Overall: 4

 

.