Review Game Apps LEGO® DUPLO® Train: Serunya Jadi Masinis Sambil Mengasah Kemampuan Kognitif

| Oleh: Dante | 30 Aug 2015 - 7:10 AM
89
0
mobile game lego duplo train

Bepergian bersama keluarga menggunakan kereta api sering menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak. Nah mungkin karena banyak anak-anak yang membayangkan serunya menjadi seorang masinis kereta api, mobile game LEGO® DUPLO® Train ini dirilis.

Dengan game apps LEGO® DUPLO® Train, orangtua dapat mengenalkan kepada anak-anaknya tentang serunya menjadi seorang masinis kereta api. Lengkap dengan ciri khasnya, yaitu menarik tali untuk membunyikan suara tanda kereta akan berangkat.

Ternyata kegiatan yang biasa dilakukan dalam sebuah perjalanan kereta api dapat dijadikan sebuah gameplay yang sangat menarik pada game apps LEGO® DUPLO® Train. Mulai menaikkan dan menurunkan penumpang, mengambil muatan dan lain-lain dikemas sedemikian rupa sehingga menghibur sekaligus mendidik.

mobile game lego duplo train

Game apps yang ditujukan untuk anak-anak pra sekolah ini sangat pas untuk sarana berinteraksi orang tua dengan anak. Gameplay LEGO® DUPLO® Train dimulai dari seorang masinis yang harus memilih tipe-tipe gerbong yang ada sebelum menjalankan keretanya untuk pergi dari stasiun utama.

Ada gerbong penumpang, gerbong untuk barang dan gerbong untuk mengangkut bricks LEGO yang ceritanya adalah batu-batuan. Di antara pilihan-pilihan gerbong tersebut, kereta LEGO® DUPLO® Train hanya mampu menarik empat gerbong saja. Keempat gerbong tersebut boleh terdiri dari tipe yang berbeda-beda ataupun tipe yang sama. Pemilihan gerbong akan menentukan pengalaman yang berbeda-beda.

Setelah pemilihan gerbong, kereta akan berangkat dengan menggerakkan tuas yang memiliki level kecepatan 1 hingga 10. Menggerakkan tuasnya sangat mudah. Cukup menekan jari di atas gambar tuas pada layar smartphone atau tablet dan menggerakannya.

mobile game lego duplo train

Ketika perjalanan dimulai, kita akan disajikan pemandangan indah. Seperti bukit dan daratan luas dengan hamparan rumput hijau dan hewan-hewan seperti ayam, domba, sapi dan kambing.

Selain menikmati pemandangan, ada beberapa tempat perhentian yang harus disinggahi kereta api mungil berdesain imut ini. Seperti tempat untuk mengambil barang-barang yang akan diletakkan di kereta, atau mengambil penumpang yang sudah menunggu di stasiun. Menariknya tiap perhentian struktur bangunannya terbuat dari bricks LEGO berwarna-warni

Pada beberapa perhentian, kadang kita harus memindahkan barang-barang ke dalam gerbong atau menaikkan penumpang. Untuk melakukannya kita akan dibantu oleh ikon berbentuk tangan yang akan menunjukkan hal apa yang harus dilakukan.

Ada juga beberapa puzzle sederhana yang harus diselesaikan agar kereta api dapat melanjutkan perjalanannya menuju perhentian selanjutnya. Seperti menyusun sebuah jembatan yang terpecah dalam beberapa part, harus disatukan satu persatu. Ada juga  membuat rute rel agar kereta api dapat melaju tanpa terhambat batu-batu besar, kolam dan pepohonan. 

puzzle di mobile game lego duplo train

Puzzle ini sangat pas untuk melatih menemukan solusi dari sebuah masalah. Artinya game apps LEGO® DUPLO® Train ini sangat baik untuk meningkatkan perkembangan kognitif (berpikir) sejak dini.

Kesederhanaan visual yang ditampilkan dan gameplay dari LEGO® DUPLO® Train merupakan nilai plus dari game ini. Dengan memainkan apps ini anak-anak tidak hanya belajar mengenai bentuk dan warna atau memahami berbagai jenis kegiatan yang ada di dalam game. Tapi juga dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir.

Skor Review
Fun and Gameplay: 4/5
Graphic: 4 /5
Bebas konten berbayar: 3/5
Harga: 4/5
Overall= 3.9

Developer: The Lego Group
Publisher: The Lego Group
Platform: iOS, Android
Genre: Puzzle

.