Zagadraya: Proyek Besar Pembuat Mainan Lokal Bermaskot Bajaj Robot!

| Oleh: Kylo | 04 Oct 2016 - 6:00 AM
195
0
demo game zagadraya di icc 2016

Bagi kalian yang suka pergi ke toys fair atau event-event pop culture mungkin sudah tak asing lagi dengan Good Guys Never Win & Co. Pembuat mainan asal negeri sendiri yang terkenal dengan figure-figure yang nyeleneh itu. Nah, untuk tahun depan ada sebuah proyek besar dari mereka yang diperkenalkan terlebih dahulu via event Indonesia Comic Con 2016. Zagadraya, sebuah proyek cukup ambisius karya anak bangsa yang tidak hanya merambah di lini mainan namun juga akan dibuat komik berseri dan juga sebuah game mobile. Wuih, keren!

Berbicara dengan salah satu kru Good Guys Never Win & Co., Kupaman diperkenalkan dengan Zagadraya universe yang mempunyai sebuah kisah latar belakangnya sendiri. Kisahnya dibuat dalam format komik yang merupakan bagian dari mainan Bajaeger yang dijual di acara yang berlangsung dari tanggal 1-2 Oktober 2016 lalu di Jakarta Convention Center itu.

celengan bajaeger di icc 2016

Bajaeger boleh dibilang adalah “maskot”nya Zagadraya yang terinspirasi dari sebuah kendaraan umum yang terdapat di Indonesia yaitu Bajaj namun dalam wujud berbentuk robot lengkap dengan senjata gatling di bagian depannya. Mungkin Bajaeger ini sendiri merupakan kombinasi dua kata yaitu “Bajaj” dan “Jaeger” robot besar yang ada di film Pacific Rim karya Guillermo del Toro. Jaeger sendiri diambil dari bahasa Jerman yang jika diterjemahkan secara kasar, artinya adalah pemburu.

Bedanya, Jaeger versi Bajaj karya Good Guys Never Win & Co. ini bukan memburu Kaiju namun sebagai alat pertahanan untuk melawan dan memburu monster Gunderwal. Lucu juga idenya, Bajaj berbentuk robot yang memburu monster. Di booth yang terletak di lorong penghubung antara Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center juga terdapat patung Bajaeger skala 1:1 yang mengingatkan Kupaman dengan “Mech” dari serial game MechWarrior.

Eksklusif di Indonesia Comic Con 2016, celengan berbentuk Bajaeger bisa diperoleh dengan harga 100 ribu Rupiah yang di dalamnya terdapat bonus komik gratis, Zagadraya Buku Satu: Halaman Terakhir yang cerita dan ilustrasinya dibuat oleh Cipta Croft-Cusworth.

patung bajaeger zagadraya di icc 2016

Di komik tanpa teks setebal 52 halaman itu ada background kisah dari Zagadraya universe yang setingnya (sepertinya sih di Indonesia) berlangsung di masa depan, pada tahun 2377. Masa dimana dunia telah menjadi tempat pembuangan sampah-sampah beracun dan monster-monster misterius yang disebut sebagai Gunderwal berkeliaran dimana-mana.

Cakarata (nama kota Jakarta di masa depan?) adalah kota terakhir yang menjadi tempat tinggal manusia dipimpin oleh Maharaja. Tokoh utamanya bernama Dunia, putri dari panglima yang paling dipercaya oleh Maharaja. Komik ini adalah komik perdana dari serial Zagadraya yang dilanjutkan di buku kedua, Gurun Racun.

Konsep Zagadraya Universe ini menurut Kupaman cukup keren. Apalagi Good Guys Never Win & Co. sampai membuat komiknya agar tiap mainan-mainan yang nantinya akan dirilis di tahun 2017 mempunyai kisahnya sendiri. Yang paling dinantikan tentunya adalah kehadiran game mobilenya yang sempat diperlihatkan demonya. Grafisnya cukup oke dengan gaya side-scrolling dan bakal dirilis untuk iOS dan android juga di tahun depan, secara cuma-cuma alias free-to-play. Sip, ditunggu yah guys, mainan-mainan kerennya di tahun depan!