Yuk, Siap-siap Seru-seruan Budaya Jepang di Jak Japan Matsuri

| Oleh: Yudi | 11 Sep 2015 - 3:00 PM
239
0
jak japan matsuri

Sudah punya rencana di akhir pekan ini? Kalau belum ada atau masih bingung, mungkin kalian bisa datang ke closing event Jak-Japan Matsuri 2015. Jak-Japan Matsuri, atau biasa disingkat JJM. Ini adalah event tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama kedutaan Jepang di Jakarta sebagai bentuk persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Tahun ini adalah tahun ketujuh diselenggarakannya JJM. Apa yang bisa kalian nikmati di event ini?

Pertama tentu saja suasana khas festival Jepang. Akan banyak ornamen-ornamen Jepang seperti pohon sakura dan lampion. Karena JJM juga merupakan event kebudayaan, kalian bisa menikmati pertunjukan tarian atau musik khas Jepang. Jadi bisa sekaligus belajar tentang budaya Negeri Sakura tersebut.

Selain suasana dan pentas budaya, kalian tak boleh ketinggalan untuk wisata kuliner, menikmati jajanan khas yang biasa dijual saat festival di Jepang. Ada banyak pilihan, mulai dari onigiri (nasi kepal), takoyaki, sushi, yakisoba (mie goreng), yakitori (sate ayam), kakigori (es serut), dan masih banyak lagi tentunya. Asiknya, semua dijual dengan harga cukup terjangkau.

jak japan matsuri

Ingin berwisata ke Jepang, belajar bahasa Jepang, atau bahkan sekolah di Jepang? Ada bagian khusus berisi booth yang menawarkan promo-promo menarik untuk itu semua. Kalian bisa dengan leluasa mencari informasi tentang wisata atau program studi ke Jepang di booth tersebut.

Tak lengkap rasanya jika dalam event Jejepangan tak hadir cosplay dan itasha. Ya, kalian pasti akan melihat banyak sekali cosplayer yang tersebar di berbagai titik lokasi JJM. Atau sekumpulan mobil, motor, dan sepeda dengan stiker khas anime-nya. Kesempatan yang bagus untuk foto-foto dengan mereka.

Bakal hadir juga street performance, seperti tarian-tarian khas Jepang dan yang paling seru adalah rombongan yang membawa arak-arakan Mikoshi. Mikoshi adalah sebuah kuil kecil yang biasa dibawa oleh serombongan orang dengan cara dipanggul. Kalian tak akan mendapatkan keseruan ini selain di festival-festival Jepang, seperti JJM.

jak japan matsuri

JJM juga akan menghadirkan acara di panggung utama yang biasa dimulai dari jam 10 pagi, hingga jam sembilan malam. Banyak bintang tamu yang akan mengisi acara, seperti cosplay performance, band J-Rocks dan Jakarta KEI-ON, juga idol group Ren-Ai Project dan JKT48.

Di akhir acara, kalian juga bisa menikmati peluncuran hanabi (kembang api) dan ikut menari Bon-Odori. Di Jepang, tarian dan upacara Bon Odori biasa dilakukan di musim panas untuk menghormati dan menyambut kembalinya arwah leluhur. Bon Odori sangat menyenangkan, dan lagi-lagi kalian hanya bisa mendapatkannya di festival khas Jepang seperti JJM ini. Silakan klik jadwal lengkap acaranya di sini.

Selain hal-hal di atas, masih banyak lagi hal unik, seru dan menarik lainnya yang bisa kalian nikmati di JJM. Tahun ini Jak-Japan Matsuri kembali digelar di area Parkir Timur Senayan, hari Minggu tanggal 13 September 2015. Kalian bisa menikmati semua keseruan JJM hanya dengan membeli tiket seharga Rp 30 ribu yang dijual di ticket booth dekat pintu utama lokasi penyelanggaraan. Enggak usah bingung, peta lokasi bisa di klik di sini. Nah, siap-siap, yuk!

 

 

 

.