Yuk Bikin Mainan Sendiri Dengan ThingMaker 3D Printer

| Oleh: Willy | 16 Feb 2016 - 7:15 AM
697
0
hasil cetakan 3d thingmaker

Selama ini menciptakan mainan yang sesuai dengan imajinasi kita sendiri bisa diperoleh dengan cara merakit mainan konstruksi seperti LEGO. Ada juga yang memilih memodifikasi mainan yang sudah ada dan lain-lain. Tapi mungkin buat yang imajinasinya sangat tinggi dan ingin menciptakan yang benar-benar menciptakan sesuatu yang baru, hal tesebut belum benar-benar memuaskan. Rupanya pembuat mainan terkemuka asal Amerika, Mattel melihat hal itu sebagai peluang dan menciptakan ThingMaker, mesin printer 3D yang praktis dan lumayan terjangkau.

hasil cetak dan apps thingmaker

Mesin printer 3D sebenarnya bukan barang baru sama sekali. Namun printer 3D yang ada selama ini dikenal besar dan sangat mahal. Lagipula pengoperasiannya rumit karena harus menguasai program 3D modeling. Sebaliknya Mattel menciptakan ThingMaker, printer 3D yang kompak dengan harga hanya 300 Dolar saja (sekitar Rp 4 jutaan). Untuk mengoperasikannya tak perlu jadi ahli program 3D modeling yang ribet. Karena sudah tersedia  ThingMaker Design app yang bisa diunduh ke gadget berbasis Android atau iOS.

Aplikasi ini bikin penggunanya mudah menciptakan mainan sendiri yang diinginkan karena sudah dilengkapi lusinan blueprint berisi desain benda-benda seperti seperti cincin, kalung, dan bentuk-bentuk seperti kalajengking, tengkorak, dinosaurus dan lain sebagainya. Asiknya bentuk-bentuk tersebut dapat diubah-ubah baik bentuk maupun warnanya sesuai selera lewat aplikasi di atas. Malah buat penyuka action figure, sudah tersedia bentuk engsel ball dan joint sehingga nantinya action figure yang dibuat akan bisa dipose. Jadi tinggal desain pakai apps-nya di tablet, lalu connect ke ThingMaker via wireless dan print! 

hasil cetak 3d thingmaker

Saking mudahnya dioperasikan, ThingMaker memang disasar untuk pengguna mulai usia 13 tahun. Karena dibuat untuk anak-anak, ThingMaker juga sangat dipikirkan keamanannya. Misalnya jendela pada mesin printer 3D ini otomatis mengunci ketika proses printing dilakukan. Juga mata printer akan disembunyikan ke dalam ketika tidak sedang mencetak. Selain untuk mencegah luka bakar akibat panas, juga mencegah mata printer rusak akibat tersentuh.

Sebenarnya membantu anak-anak untuk membuat mainan sendiri bukan hal baru juga bagi Mattel. Tahun 60-an Mattel juga pernah membuat alat pembuat mainan sendiri. Intinya dengan menggunakan plastik cair dan cetakan logam yang nantinya dipanaskan di oven. Namun di era canggih sekarang ini ThingMaker adalah jawaban bagi perkembangan jaman. Gimana sudah siap membuat mainan sendiri?

.