Xbox One Tengah Kembangkan Game Virtual Reality

| Oleh: Yudi | 31 May 2016 - 5:45 PM
133
0
microsoft akan hadirkan vr untuk xbox one

Awal tahun 2016 kemarin dunia gaming seperti diserang oleh teknologi yang disebut Virtual Reality (VR). Entah siapa yang menjadi pendahulunya, namun hampir semua perusahaan developer game berlomba-lomba untuk menawarkan pengalaman baru bermain game melalui tekhnologi tersebut. Kalian tentu masih ingat bagaimana kita semua terkejut dengan project IBM yang menghadirkan dunia virtual dari Sword Art Online ke dalam dunia nyata.

Di Jepang juga ada Bandai Namco VR Experience Center yang turut mengenalkan teknologi VR pada masyarakat dengan harga terjangkau. Belum lagi menjamurnya perangkat VR yang semakin variatif dari segi fungsi dan kompatibel dengan smartphone atau gadget lain. Maka tak heran teknologi VR mendadak jadi sangat umum.

xbox one vr

Dibanding developer game lainnya, bisa dibilang perusahaan Sony PlayStation sudah lebih dulu mengadaptasi teknologi VR. Mereka menciptakan PlayStation VR yang mampu terintegrasi dengan PS4. Project yang dikenal dengan nama Project Morpheus ini dimulai tahun 2014 dan siap diluncurkan bulan Oktober 2016. Jika berminat, kalian sudah bisa melakukan pre-order dari sekarang.

Lalu bagaimana dengan lainnya? Pesaing terdekat Sony, yaitu Microsoft, beberapa hari lalu baru saja mengumumkan bahwa mereka juga sedang mengembangkan game berbasis VR untuk konsol bawaan mereka, Xbox One. Hal ini disampaikan secara tak langsung oleh pihak Microsoft saat mereka menjelaskan tentang konsol Xbox One  versi terbaru dalam press conference pra-event E3 2016.

Tercatat ada empat perusahaan yang akan terlibat dalam pengembangan VR untuk Xbox, yaitu Rebellion, Maximum Games, Suzhou Readily Play Network Technology Co., Ltd., dan 3DRudder. Dianggap sedikit telat dalam mengembangkan tekhnologi VR, pihak eksekutif Microsoft mengatakan bahwa mereka memang ingin melihat dulu sampai sejauh mana tekhnologi VR berkembang sebelum memutuskan untuk menghadirkannya dalam Xbox One.

xbox one slim

Rencana Microsoft untuk menghadirkan VR dalam Xbox One mungkin baru bisa terwujud tahun 2017. Mengingat Xbox One juga belum memiliki sistem yang menunjang VR, jadi dibutuhkan waktu lebih banyak untuk memodifikasinya. Meskipun memang belum ada info lebih lanjut, namun setidaknya Xbox One akhirnya akan mendapatkan game VR.

Berharap saja pihak Microsoft akan memberikan keterangan lebih lanjut dalam perhelatan E3 (Electronic Entertainment Expo) 2016 yang akan berlangsung tanggal 14–16 Juni 2016 mendatang. Seperti yang telah disebutkan di atas, Microsoft juga mengumumkan Xbox One terbaru mereka yang berukuran lebih kecil namun dengan kapasitas storage lebih besar.

.