Xbox One S: Lebih Mungil, Menarik dan Menawan

| Oleh: Kylo | 14 Jun 2016 - 12:21 PM
198
0
xbox one s

Xbox One S bentuknya sekilas masih serupa dengan kakaknya tapi dengan disain eksteriornya yang lebih menarik. Dengan warna putihnya yang elegan itu (Microsoft menyebutnya sebagai “robot white”), menjadi konsol yang 40 persen lebih kecil dari pendahulunya dan terlihat agak lebih atraktif.  Kelebihan lain dari Xbox One S selain lebih ramping adalah sekarang posisinya bisa diatur dalam dua posisi, berbaring atau tegak lurus dengan menggunakan tambahan vertical stand.

Untuk bagian dalam, Xbox One S mengalami upgrade spefisikasi dibanding pendahulunya. Yang paling ketara tentunya support video 4K Ultra termasuk 4K Ultra HD Bluray dan kemampuan HDR untuk ngegame dan juga video. Letak USB portnya juga telah dipindahkan ke depan untuk mempermudah akses.

kontroler xbox one s

Kekurangannya adalah Xbox One S tidak dilengkapi dengan port sensor untuk Kinect. Jadi untuk menutupi kekurangan itu diperlukan sebuah USB adaptor yang terpisah. Microsoft sendiri menjanjikan untuk menyediakan sebuah program untuk menawarkan adaptor secara cuma-cuma untuk kepada para pemilik Xbox One yang memutuskan untuk mengupgrade.

Kepala dari Xbox, Phil Spencer mengatakan di konferensi pers E3 2016 yang berlangsung di Los Angeles, bahwa Xbox One S adalah realisasi dari Microsoft untuk membuat Xbox yang lebih kecil namun dengan kemampuan yang saat ini sedang berkembang di pasar yaitu seputar HDR dan video 4K. Game pertama Xbox yang saat ini support HDR adalah Gears of War 4.

Enggak hanya sebuah penyegaran kembali, Xbox One S juga dilengkapi kontroler Xbox One yang telah sedikit diupgrade. Selain warnanya yang sama dengan konsolnya, pada bagian belakangnya sekarang ada tekstur grip dan tambahan Bluetooth yang menambah jangkauan dari kontroler juga menjadi lebih jauh.

perbandingan xbox lama dan xbox one s

Xbox One S limited edition spesial akan tersedia di awal bulan Agustus 2016 dengan hard drive 2TB yang akan dibandrol seharga 399 Dolar Amerika atau sekitar Rp 5,3 juta. Untuk dua versi standar akan segera tersedia sesudahnya (sekitar Desember 2016), versi hard drive 500GB akan dijual seharga 299 Dolar Amerika atau sekitar hampir Rp 4 juta dan versi hard drive 1TB akan dijual seharga 349 Dolar Amerika atau sekitar Rp 4,6 juta. Buat yang sudah kebelet pingin buruan punya, ternyata sudah bisa pre-order ke situs Amazon, nih!

Selain Xbox One S yang bisa dibilang kejutan tapi sudah diketahui publik itu, Microsoft juga mempunyai konsol rahasia yaitu Project Scorpio (nama sementara) yang akan rilis pada musim liburan (Juni atau Juli) tahun depan. Konsol yang akan bisa menampilkan kualitas grafis game dengan resolusi 4K secara maksimal dan high-quality VR itu akan menjadi salah satu gebrakan besar dari Microsoft untuk para gamer di seluruh dunia pada tahun 2017. Wah jadi enggak sabar!

.