Wow Teleskop Ini Bikin Smartphone Bisa Memotret Bulan!

| Oleh: Yudi | 13 Apr 2016 - 10:26 AM
154
0
teleskop smartphone bisa motret bulan

Pernah terpikir untuk memotret bulan atau benda luar angkasa lain yang jaraknya ribuan kilometer dari bumi hanya dengan menggunakan kamera smartphone? Mungkin hal tersebut terdengar mustahil. Namun dengan sedikit sentuhan teknologi, ternyata hal tersebut bisa diwujudkan dengan cukup mudah.

Tanggal 5 April 2016 kemarin, sebuah perusahaan elektronik asal Jepang, Elecom, baru saja merilis sebuah produk baru bernama EDG-TLS001. Ini adalah semacam lens extension yang memiliki fungsi sama dengan sebuah teleskop. Melalui bantuan alat ini, semua bisa memotret atau bahkan merekam keindahan langit dengan smartphone.

teleskop smartphone EDG-TLS001

EDG-TLS001 terbuat dari material sejenis karton yang lentur, namun cukup kuat. Yang perlu dilakukan sebelum menggunakan alat ini adalah merakitnya terlebih dulu. Untungnya alat ini sudah disesain sedemikian rupa agar mudah untuk dirakit dengan hanya menggunakan gunting, pengaris dan beberapa baut. Alat ini sudah dilengkapi dengan lensa akromatik buatan Jepang yang memiliki pembesaran optik hingga 35 kali.

Setelah perakitan selesai, letakkan alat ini di atas sebuah tripod dan kencangkan bagian bawahnya dengan baut. Langkah terakhir adalah menempatkan smartphone pada slot yang tersedia. Slot ini bisa ditempati oleh berbagai smartphone yang berukuran antara 4-6 inchi. Penggabungan antara pembesaran optik yang dimiliki alat ini dan pembesaran digital dari lensa smartphone, maka bisa dicapai total pembesaran hingga 140 kali. Dengan total tersebut, kamera smartphone kalian mampu memotret berbagai rasi bintang atau permukaan bulan dengan sangat jelas. Bahkan kalian bisa menjangkau planet di bagian luar, seperti Jupiter atau Saturnus.

teleskop smartphone buatan elecom

Smartphone telescope portable ini memiliki dimensi 420mm(lebar) x 145mm (panjang) x 180mm (tinggi), dengan berat sekitar 220 gram. EDG-TLS001 dijual seharga 15.250 Yen (sekitar Rp 1,8 juta). Namun jika kalian tertarik untuk membelinya, situs Amazon Jepang sedang memberi penawaran harga sebesar 11.850 Yen (sekitar Rp 1,4 juta).

Kehadiran alat ini rupanya turut mengundang reaksi para netizen. Beberapa beranggapan harga tersebut terlalu mahal untuk sebuah teleskop dari kertas. Beberapa netizen lainnya mempermasalahkan material dari kertas yang dianggap agak ringkih. Sisanya merasa keberatan karena harus membeli tripod untuk meletakkan alatnya.Namun tetap saja rasanya cukup keren dan menyenangkan jika bisa memotret benda luar angkasa melalui smartphone. Bagaimana menurut kalian?

.