Wow! Perusahaan di Osaka Membuat Robot Yang Bisa Dikendarai Manusia Seperti Gundam

| Oleh: Yudi | 26 Aug 2016 - 8:00 PM
178
0
robot yang bisa dikendarai manusia

Dijejali berbagai anime mecha seperti Gundam, Patlabor, Macross dan masih banyak lagi, pasti membuat kita pernah bermimpi untuk memiliki sebuah robot. Mungkin tak hanya memiliki, tapi juga menaiki dan menggerakan robot tersebut. Kendati beberapa robot dari anime tersebut telah dibuat versi aslinya (skala 1:1), namun tak satupun yang betul-betul bisa dinaiki atau digerakan.

Seperti RX-78-2 Gundam berukuran asli yang hanya berakhir menjadi atraksi di Gundam Front Tokyo. Atau Patlabor AV-98 Ingram berukuran asli yang hanya berbaring di atas truk untuk mengitari sekitar Tokyo dalam rangka mempromosikan live-action versi spesialnya Oktober tahun lalu.

robot hajime 43 dilengkapi kokpit

Namun mimpi masa kecil tersebut masih mungkin dan akan mendekati kenyataan. Berawal dari mimpi, sebuah institut penelitian di Hajime, Osaka mulai membuat sebuah robot yang bisa dinaiki dan dikendarai oleh manusia. Proyek ini dikepalai oleh Hajime Sakamoto, seorang lulusan Sophia University dan Kwansei Gakuin University yang kemudian bergabung dengan Kawasaki Heavy Industries.

Proyek yang bertujuan membuat robot bipedal (berkaki dua) untuk dikendarai ini diawali tahun 2010. Saat itu mereka berhasil menyelesaikan robot bipedal berukuran mini. Mereka terus mengembangkan proyek secara bertahap. Hingga akhirnya tahun ini mereka berhasil menciptakan robot bipedal setinggi empat meter dengan berat lebih dari 300 kilogram yang bisa dikendarai.

Robot bernama Hajime 43 (HJM43) ini dilengkapi kokpit berisi layar dan joy stick khusus dengan bantuan interface “master-slave” guna menggerakan si robot. Meskipun bentuk robotnya terbilang standar, namun hasil ini adalah lompatan besar sebelum mereka menuju ke proyek utama, yaitu robot bipedal raksasa setinggi 18 meter yang bisa dikendarai dan digerakan.

gundam menginspirasi pembuatan robot yang bisa dikendarai

Hajime sendiri mengakui bahwa anime Gundam menjadi dorongan baginya untuk membuat institut penelitian ini dan memulai bisnisnya sendiri. “Saya selalu bertanya apa yang bisa dilakukan (setelah keluar dari perusahaan). Lalu saya sadar bahwa saya memiliki mimpi masa kecil untuk bisa membuat Gundam,” kenang Hajime.

Tentu saja HJM43 ini masih sangat jauh dari Gundam. Namun bersama Hajime Research Institute dan perusahaan kecil di Osaka yang telah menyabet berbagai penghargaan dalam kejuaraan robotik ini, mereka akan terus mengembangkan berbagai teknologi untuk mewujudkan mimpi masa kecil. Yaitu robot raksasa yang bisa dikendarai seorang pilot.