World Premiere Star Wars: The Force Awakens Lebih Akbar Dari Oscar?

| Oleh: Yudi | 17 Dec 2015 - 9:30 AM
15
0
world premiere star wars: the force awakens

Jelang premiere Star Wars: The Force Awakens di Indonesia yang tinggal sebentar lagi, tentunya jadi hal yang paling diantisipasi oleh para penggila film tersebut. Di Hollywood sendiri, pagelaran world premiere dan karpet merah telah dimulai tanggal 15 Desember kemarin. Bisa ditebak, ada banyak kejadian menarik.

Dimulai dari persiapan dan pengamanan ekstra ketat di sekitar Chinese Theatre, di mana acara world premiere dilaksanakan. Pihak kepolisian Los Angeles mengerahkan banyak aparat ke lokasi ini. Bahkan salah satu aparat mengatakan bahwa untuk acara semegah Oscar (Academy Awards) pun pengamanannya tak seketat ini.

Tak hanya itu, para fans yang turut hadir dengan memakai kostum Stormtroopers atau Darth Vader pun terkena imbasnya. Mereka harus melepas helmnya dan dilarang membawa replika senjata, baik lightsaber atau senjata lainnya demi alasan keamanan. Memang sih, banyak fans yang rela membuat tenda di sekitar Chinese Theatre untuk menantikan para aktor dan sederet karakter robotik seperti C3PO, R2D2, dan BB-8 juga turut hadir dan melintasi karpet merah.

ulah fans di world premiere star wars: the force awakens

Sebagai info, film Star Wars: The Force Awakens disebut-sebut sebagai film dengan jumlah rilis terbanyak di bulan Desember dalam sejarah. Film ini akan ditayangkan di 4.100 bioskop, termasuk 3.300 di antaranya adalah 3D. Jumlah ini mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yaitu film The Hobbit: Unexpected Journey yang tayang di 4.045 bioskop. Star Wars: The Force Awakens diprediksi mampu menghasilkan 220 juta USD (sekitar 3 triliyun rupiah) di pemutaran pertamanya di Amerika Serikat.

Prediksi tersebut rasanya tak mustahil, melihat nilai bintang empat dan bintang lima yang diberikan para reviewers. Sutradara JJ Abrams boleh merasa bangga atas kerja kerasnya. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menonton film ini adalah menghindari spoiler. Sayangnya, hal tersebut terlanjur terjadi berkat tweet seorang jurnalis bernama Josh Lincoln Dickey. Dalam akun twitter-nya, Josh membocorkan baris pertama dari dialog awal Star Wars: The Force Awakens kepada sekitar 10 ribu followers-nya.

Hal lebih gila dilakukan 3.694 fans garis keras Star Wars yang tergabung dalam private group di Facebook yang mengancam akan menyebarkan spoiler Star Wars: The Force Awakens kepada publik melalui social media jika tuntutan mereka tak dikabulkan. Mereka membuat petisi untuk Disney dan Lucasfilm agar Disney dan Lucasfilm membuat kelanjutan cerita Star Wars Legend dalam bentuk buku, komik, dan game.

Kejadian menarik lainnya adalah Mark Hamill, pemeran Luke Skywalker dari Star Wars lawas menolak memberi tanda tangan kepada fans dalam acara world premiere. Dalam twitter-nya, Mark menjelaskan bahwa dia melihat banyak tanda tangannya yang dijual di situs eBay. “Saya akan memberi tanda tangan sepanjang malam andai saya tahu itu benar-benar fans dan bukan pedagang yang menjual tanda tangan saya di eBay,” kicaunya.

world premiere star wars: the force awakens

Di Inggris. premiere Star Wars: The Force Awakens digelar di Leicester Square, London. Seolah tak peduli dengan cuaca dingin, ribuan fans memadati lokasi tersebut berjam-jam sebelum acara dimulai menanti para aktor muncul di karpet merah setelah terbang dari Amerika Serikat menaiki pesawat ANA bertema R2-D2. Lucunya, Carrie Fisher yang memerankan Princess Leia bukannya bersama droid, malah datang bersama seekor anjing.

Sebuah lightsaber raksasa simbol world premiere Star Wars: The Force Awakens juga terlihat di London. Lightsaber ini bukan sebuah replika, melainkan pilar bernama Nelson’s Coloumn yang terletak di Trafalgar Square yang ini disinari lampu berwarna biru dan membuatnya terlihat seperti lightsaber.

Selain membintangi film Star Wars terbaru dan menghadiri acara world premiere, jajaran aktor generasi baru yang terdiri dari Daisey Ridley, John Boyega dan Oscar Isaac juga menyanyikan opening music Star Wars yang terkenal. Bersama Adam Driver, The Roots, Gwendoline Christie, Harrison Ford dan Carrie Fisher, mereka membuat video akapela yang kemudian diunggah ke YouTube.

Apakah premiere di Indonesia hari Jum’at nanti juga akan semenarik di Amerika Serikat atau Inggris? Bagaimanapun itu, yang terpenting adalah "May the Force be with you!”

.