Wawancara KOPAJA: Komunitas Unik Dengan Segudang Hal Positif

| Oleh: Yudi | 23 Mar 2017 - 7:25 PM
210
0
wawancara dengan komunitas pecinta anime jakarta

Dalam artikel sebelumnya, Kupaman sudah membahas secara umum apa itu KOPAJA (Komunitas Pecinta Anime Jakarta). Dikenal sebagai komunitas yang mewadahi bidang pop-culture Jepang–terutama anime, KOPAJA ternyata merupakan komunitas unik dan menawarkan banyak hal positif untuk para anggotanya. Seperti apa keunikan serta hal positif tersebut? Berikut adalah wawancara Kupaman dengan Bagas, salah satu founder KOPAJA.

Kupaman (K): Gimana awalnya bisa muncul ide untuk membuat wadah bagi penggemar pop-culture Jepang di Jakarta?
KOPAJA (KO): Waktu itu saya datang ke event Jepang di PRJ. Di luar dugaan, ternyata banyak juga yang antusias sama acara kayak gini. Dari situ saya berfikir, kayaknya akan lebih menarik kalau kita datang ke acara kayak gini ramai-ramai. Itu sebabnya saya memutuskan untuk bikin sebuah komunitas.

K: Kenapa memilih nama KOPAJA?
KO: Ada dua alasan. Pertama karena komunitas ini berbasis di Jakarta, jadi kami mencari sesuatu yang jadi ciri khas Jakarta, yaitu bus kopaja. Kedua karena memang singkatan dari Komunitas Pecinta Anime Jakarta itu sendiri.

K: Jadi anggotanya memang semua dari Jakarta, ya?
KO: Sebagian besar iya. Jabodetabek. Tapi ada juga yang dari luar Jabodetabek, misalnya dari Jawa Tengah.

keunikan komunitas pecinta anime jakarta

K: Tadi disebutkan kalau KOPAJA punya empat divisi. Divisi apa yang paling diminati dan paling berprestasi?
KO: Kalo soal peminat mungkin divisi cosplay yang paling diminati. Tapi divisi musik paling berprestasi karena kita sempat bikin band juga.

K: Untuk keorganisasian divisinya sendiri gimana?
KO: Tiap divisi punya anggota, ketua, dan programnya sendiri. Ketika gathering, nanti tiap ketuanya semacam bikin laporan. Saat gathering juga diadain semacam sharing dari tiap divisi. Misalnya kalau dari divisi manga sharing soal cara gambar atau bikin ilustrasi, divisi cosplay cara makeup. Kira-kira gitu.

K: Selain gathering, aktivitas apa lagi yang dilakukan KOPAJA?
KO: Kita sekarang lagi sering menggandeng beberapa penyelenggara event untuk bekerjasama sebagai community partner atau media partner. Kita juga mau mengembangkan lagi beberapa konten serta menghidupkan situs dan blog.

K: Sebetulnya komunitas semacam ini, kan cukup banyak. Apa perbedaan KOPAJA dengan komunitas lain?
KO: Kita itu unik. Komunitas ini sifatnya lebih umum, dalam artian semua kalangan bisa gabung. Tak harus yang wibu (istilah untuk penggemar berat pop-culture Jepang), yang penting suka hal tentang Jepang. Meskipun komunitas ini menggeluti budaya Jepang, kita tetap nasionalis.

hal positif dari bergabung dengan komunitas pecinta anime jakarta

K: Apa keuntungan yang didapat kalau bergabung di KOPAJA?
KO: Yang jelas adalah teman dan pengalaman baru, karena kita sangat kekeluargaan. Di sini kalian juga bisa mengasah kemampuan, bahkan menghasilkan uang dari hobi kalian. Seperti divisi manga contohnya. Mereka bekerjasama dengan beberapa distro sebagai desainer produknya.

K: Prestasi apa saja yang sudah diraih KOPAJA?
KO: Sejauh ini kami sudah beberapa kali bekerjasama dengan pihak penyelenggara event besar sebagai community partner. KOPAJA sendiri juga sudah lebih dari lima kali mengadakan event sendiri.

K: Apa harapan untuk KOPAJA ke depannya?
KO: Semoga KOPAJA bisa selalu dan semakin kompak. Seluruh divisinya bisa berkembang dan berprestasi. Dan tentunya semoga KOPAJA bisa jadi komunitas Jepang terbaik di Jakarta.

K: Terakhir, gimana caranya untuk bisa gabung ke KOPAJA?
KO: Bisa menghubungi fanpage kita di Facebook. Pasti dibalas dalam waktu relatif singkat. Nanti akan kita masukin group dan kita ajak gathering. Saat gathering baru dikasih formulir. Jadi syarat utamanya memang bisa hadir gathering.